Ajak Mainanmu Keluar!



Toy Photography (fotografi mainan) unik karena ia menghasilkan foto terlihat hidup dan bercerita meski berobjek benda mati. Apa rahasianya? Jangan hanya simpan mainan dalam kotak. Ajak mereka keluar bermain. 

Set Foto Natural

" 'Gimana sih bikin foto mainan biar bagus? Punya banyak mainan di rumah, tapi kalo difoto tidak dapat feel-nya?’ Saya cuma bilang; mainannya ajak keluar. Ajak jalan. Jangan ditaruh di rak, jangan dibungkus di kotaknya. Saya selalu bawa kotak ini ke mana-mana,” ungkap Toygrapher, Rahmat Budiman dalam Kelas Blogger ke-15: “Seru-seruan Motret Mainan Pakai Kamera Handphone,” Taman Ismail Marzuki, Jakarta (29/4/17).

Bawa keluar koleksi kita, karena kita tak pernah tahu apa yang akan semesta berikan; hamparan set foto natural untuk mainan-mainan kita.   

“Saya lebih suka ngajak mainan keluar, foto sama natural. Jalan ketemu tempat bagus, taruh di situ foto. Ketemu pohon, saya kepikir langsung; ini pohon keren banget kalau jadi photo set. Saya taruh mainan di sela-sela akar itu saya foto. Saya pernah ketemu brokoli abis dipotong kecil-kecil jadi kayak pohon,” imbuh pemilik akun IG: @matetampan , di mana ia memajang karya foto mainannya.  

Usai pembekalan, peserta Kelas Blogger langsung terjun praktek. Selain memotret mainan yang dibawa masing-masing, tiap peserta juga mendapat satu set Lego Creator karakter hewan purba, harimau gigi pedang yang dibangunkan jadi objek foto, mengeksplorasi sudut-sudut halaman gedung Theater Besar  TIM, melatih tips dan trik yang sudah dibeberkan. 

Tersedia hadiah menarik dari Polidhouse bagi peserta dengan foto paling menarik, dan doorprize dari Oppo Indonesia. Kelas Blogger kali ini juga didukung Bricks Indonesia.  

Memang jika kita memantau kanal Yotube matetampan, terlihat bagaimana dia menggunakan properti yang biasa kita temukan di rumah. Teknik yang dia tawarkan juga sederhana dan bisa kita aplikasikan. Namun hasil foto tak kalah ciamik dari karya foto para fotgrafer mainan yang ternama. Foto –foto matetampan mempunyai ciri khas yakni pesan yang mendalam.

Kanal youtube matetampan berisi banyak tips dan trik mengembangkan dan mengolah ide untuk mainan-mainan yang kita punya. Saya saja langsung dapat ide dan inspirasi untuk konsep foto mainan di sekitar rumah.

Kita juga bisa mendapat referensi dari banyak fotogarfer mainan asal dalam negeri yang tergabung dalam toygraphyid. Dari mereka kita akan dapat banyak ide meski memang sebagian sudah memiliki teknik yang mumpuni hasil dari oleh digital lewat photoshop misalnya.

Yang penting kita tidak mudah bosan dan terus berlatih dengan menyesap banyak rujukan dari para penghidup cerita. Mereka mampu menghidupkan mainan-mainan kesayangan hingga menghasilkan karya yang menarik. Bahwa mainan tidak sekadar bisa dimainkan tapi ada kemungkina lain yang terbentang bagi kiat menyalurkan hasrat seni dan energi kreativitas.  

Komentar