Wajib Bahasa Indonesia Bagi Pekerja Asing Direvisi


Permenaker No.16 Tahun 2015 tentang Tata Cara Penggunaan Tenaga Kerja Asing, yang menggantikan Permenakertrans No.12 Tahun 2013 tentang Tata Cara Penggunaan Tenaga Kerja Asing, menghapus syarat berbahasa Indonesia bagi pekerja asing di Indonesia.

Pekerja Asing Yang Tidak Wajib UKBI

Sedangkan dalam Peraturan Pemerintah (PP) Republik Indonesia Nomor 57 Tahun 2014 Tentang Pengembangan, Pembinaan, dan Pelindungan Bahasa dan Sastra, Serta Peningkatan Fungsi Bahasa Indonesia, pada Pasal 20, menyebutkan keharusan pekerja asing yang akan bekerja, bersekolah atau menjadi warga negara Indonesia, memiliki kemampuan berbahasa Indonesia dan mengikuti pembelajaran. 

Walhasil, banyak yang  ke Badan Bahasa Kemendikbud RI mempertanyakan revisi Permen itu. Masih relevankah Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) bagi Orang Asing di Indonesia? Menjawabnya, Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemedikbud RI, Prof. Dr Dadang Sunendar, M. Hum, menegaskan, dalam Peraturan Pemerintah sudah jelas dan lebih kuat sehingga tidak masalah meski Permen direvisi.

“Banyak pertanyaan masyarakat, surat kepada Badan Bahasa, tentang revisi peraturan Menteri Kemenakertrans yang menghilangkan syarat bahasa Indonesia. Saya ingatkan, yang diperbaiki itu Permen. PP dengan Permen lebih tinggi mana? Meski ada seribu Permen yang direvisi, tidak masalah, karena ini tidak akan gugur dengan revisi-revisi itu, jelas Pak Dadang dalam Sidang Pleno 1 Ceramah Ilmiah dan Seminar Nasional Pengembangan Kemahiran Berbahasa Indonesia, Selasa 1 Agustus 2017, Gedung Samudera, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbud, Jakarta.


Pak Dadang melanjutkan, Badan Bahasa juga sudah bertemu dengan Direkur Binapenta Kemenakertrans RI membahas hal tersebut. Badan Bahasa  
sudah menyampaikan kepada Direktur Binapenta Kemenakertrans RI tentang ini. Tenaga kerja asing tentu saja masih perlu memiliki kemampuan berbahasa Indonesia. Hanya yang dimaksud dengan tenaga asing itu harus diklasifikasi. Warga negara asing yang ingin melanjutkan pendidikan di tanah air, yang akan bekerja untuk jangka waktu yang lama, harus mengikuti UKBI.  

Jadi UKBI wajib bagi tenaga kerja asing yang berada di Indonesia untuk jangka waktu lama. 

“Kalau ada warga negara asing, misalnya dari negara tetangga, mereka punya mesin mau masang AC di Indonesia selama tiga hari, harus mengikuti UKBI? Ya tidak usah. Mau masang mesin kapal, karena tidak ada operatornya di Indonesia. Untuk yang begitu, tidak ada masalah,” sebutnya.

Untuk itu, Badan Bahasa terus menjalin sinergi dengan Kemenakertrans RI khususnya dalam penetapan tenaga kerja asing yang mana saja yang harus mengikuti UKBI. Badan Bahasa berharap Kementerian Tenaga Kerja yang menetapkan warga negara asing mana yang perlu melalui uji kemahiran berbahasa Indonesia. Selebihnya, Badan Bahasa akan fokus menyiapkan konten dan teknis pelaksanaan UKBI.

"Jadi kami hanya menyiapkan tenaga pikiran dan alat serta dokumen untuk menguji kemahiran berbahasa warga negara asing ini,” pungkasnya.

UKBI ialah tes untuk mengukur  kemahiran berbahasa penutur bahasa Indonesia  di mana desain uji disesuaikan dengan estimasi kemampuan peserta uji, mulai kemahiran terendah sampai kemahiran tertinggi.   

Komentar