Menkes Nila Ajak Mudik Sehat, Aman dan Selamat

menteri kesehatan republik indonesia

‘Kalau suami menyetir, ajak ngobrol, biar tidak ngantuk. ‘Pulang ke Madiun ya, bu? Jangan lupa pulang bawa pecel madiun ya’. Begitu percakapan Menteri Kesehatan RI, Nila Farid Moeloek dengan salahsatu rekan blogger, Dewi Nuryanti. 


Jangan Hanya Pisang

Menteri Kesehatan Nila Moeloek sengaja menyambangi Terminal Kampung Rambutan  Jakarta  pada Selasa 5 Juni 2018 dalam acara Ngabuburit Sehat Bareng Menteri Kesehatan RI menyosialisasikan “Mudik Sehat, Aman, dan Selamat". 

Ibu Menteri menyempatkan berdialog dengan berbagai lapisan masyarakat yang terlibat dalam tradisi tahunan ini. Mulai dari sopir bus antar provinsi, petugas kesehatan, Dinas Pehubungan, hingga pemudik. Menkes juga keliling meninjau kinerja Terminal Kampung Rambutan menghadapi arus mudik.

Menteri Kesehatan Nila Moeloek pun tak segan membagi pesan dan nasehat. Melanjutkan percakapan, suami kak Dewi yang asli Medan punya kebiasaan mengonsumsi hanya pisang menopang stamina selama perjalanan. Meski itu bagus, namun Ibu Menteri sarankan, padukan juga dengan asupan makanan lain agar gizi seimbang dan cukup minum.     

Seperti diketahui, tradisi pulang kampung atau mudik menjelang hari raya Idul Fitri sudah dimulai. Maka, Kementerian Kesehatan RI menyiapkan segala hal demi  kelancaran perjalanan para pemudik. Komitmen ini tidak tanggung-tanggung, yaitu tidak boleh ada kemacetan di jalan tol dan zero accident pada angkutan umum.

Tiap tahun pada musim mudik selalu terjadi kasus kecelakaan yang memakan korban jiwa, walau secara umum mengalami penurunan dari 2016 ke 2017. Ibu Nila tandaskan, upaya pencegahan dan meminimalisir kecelakan akibat mudik, juga merupakan tugas Kemenkes RI.

Kementerian Kesehatan berperan serta dalam pengecekan kesehatan pengemudi, melakukan edukasi kepada masyarakat dan menyiapkan pos-pos kesehatan di terminal, pelabuhan dan menyediakan layanan darurat melalui 119.




Ada 15 tips dari Menteri Kesehatan Nila Moeloek agar mudik sehat, aman dan selamat, yaitu:

  1. Siapkan fisik sehat dan prima
  2. Periksa kondisi kelayakan kendaraan
  3. Tidak konsumsi obat yang menyebabkan kantuk bagi pengemudi
  4. Istirahat 15 menit tiap 4 jam
  5. Jangan paksakan menyetir jika sudah mengantuk
  6. Patuhi rambu lalu lintas
  7. Kendalikan kecepatan kendaraan di jalanan rusak, bergelombang, saat hujan, dan cuaca buruk
  8. Kendaran tidak melebihi muatan yang layak
  9. Gunakan masker dan lindungi diri dari asap debu dan polusi
  10. Jangan menerima makanan dan minuman yang diberikan orang tak dikenal
  11. Cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir
  12. Konsumsi makanan dan minuman yang sehat
  13. Buang sampah pada tempatnya
  14. BAK dan BAB di toilet yang tersedia
  15. Bila Sakit, manfaatkan pos kesehatan
  

Komentar