Skip to main content

Tangkas SEO dan Cerdas Keuangan di Blogger Gathering CNI dan ISB


Dari puluhan lokalatih yang diikuti, pengetahuan ini kan saya terapkan selama hayat masih dikandung badan. Karena ini skill yang erat berurat nadi kehidupan. Uang bukan segalanya, tapi segalanya perlu uang. Kecerdasan mengelola keuangan jadi kunci pembuka pintu-pintu kemungkinan. Penulis berkesempatan belajar dalam Blogger Gathering Part 3 CNI dan Indonesian Social Blogpreneur (ISB) “SEO Zaman Now”, Pasar Festival, Kuningan, Jakarta (8/9/18).

Keuangan Rumah Tangga Rasa Perusahaan

Saya dan istri kerap berdiskusi-debat perihal bagaimana seharusnya kami kelola keuangan. Selalu saja timpang antara pemasukan dan pengeluaran. Kalau tak seimbang maksudnya lebih besar pemasukan, tentu itu bukan masalah. Tapi ini sebaliknya. Kami pun saling cari solusi memecahkannya.

Hingga timbul ide, bagaimana kalau kita atur keuangan rumah tangga mirip divisi keuangan kelola arus kas perusahaan? Rapi tersusun. Semua tercatat, ada arsip bukti, dan bisa dilaporkan untuk evaluasi bersama. Kami berdua tergelak. Resmi sekali. Apakah pola ini bisa dan biasa diterapkan dalam rumah tangga? Pertanyaan ini kami tenteng ke mana-mana.    

Syukurlah, tanpa terus kami berkelana, kak Liswanti Pertiwi, salahsatu narasumber, menguatkan jawaban. Mengatur keuangan keluarga secara komprehensif itu keniscayaan. Tentu saja. Kenapa tidak. Toh, indikator utama perusahaan dianggap prima adalah laporan keuangan yang sehat. 

Jadi mau rumah tangga sehat? Mulailah dari perencanaan keuangan yang baik. Meski tidak secanggih perusahaan, ada langkah-langkah aplikatif tata kelola finansial dari Kak Lis yang bisa kita terapkan. 

Lulusan Strata 1 Ekonomi Manajemen ini memulai dengan pertanyaan: kenapa keuangan harus diatur? Pertama, melatih diri untuk makin bijak menggunakan uang. Kedua, melatih diri untuk makin hidup teratur. Ketiga, menjadikan diri pandai berhemat. Keempat, belajar menambung dan berinvestasi. Kelima,  selalu tenang dan bahagia.

Nah, siapa sih yang tidak ingin hidupnya tenang dan bahagia? Makin teguh niat saya. Berikutnya, fokuskan urutan tujuan kita mengatur keuangan. Financial goals keuangan tiap orang beragam dan beberapa di antaranya termasuk: biaya menikah, biaya persalinan, pendidikan, dana pensiun, haji/ umrah, buka usaha, bangun toko, membangun rumah, membangun pesantren, dan beli  mobil/ motor.

Tema materi bertajuk perencanaan keuangan bagi freelancer (pekerja lepas). Tapi langkah-langkah yang disampaikan cocok diterapkan insan lintas profesi. Karena sekali lagi, hal ini berkaitpaut denyut degup kehidupan manusia ekonomi.  


search engine optimization for blogger

Langkah pertama, asah kemampuan kita menentukan skala prioritas dalam mengeluarkan uang. Kelola nafsu kita dalam menghadapi godaan hingga cerdas memilah kebutuhan ketimbang keinginan. 

Caranya? Banyak belajar dari orang yang istiqamah hidup sederhana. Kak Lis belajar dari seorang pengusaha yang memberi nasihat berfaedah yang mengubah perspektif finansialnya kini.      

Langkah kedua, hitung penghasilan untuk kita buat pos keuangan. Dari sini kita mulai belajar disiplin. Alokasi persentasi yang ideal adalah: zakat, sedekah, infak (5%), cicilan utang (30%), dana darurat (10%), biaya hidup (30%), gaya hidup (10%), investasi (15%).

Varian lain untuk alokasi presentasi: zakat, infak, sedekah (5%), dana darurat (10%), biaya hidup (40%), tabungan (25%), gaya hidup (5%), investasi (15%). Kita perhatikan, angka yang tak berubah adalah porsi zakat, infak dan sedekah. Ini persentase paling minimal. 

Kak Lis sarankan, berikanlah lebih. Karena derma menyangkut matematika ilahiah. Harta kita tidak berkurang, bahkan bertambah. Melimpah berkah. Karena rejeki datang dari sumber yang tidak disangka-sangka, kalau kita rajin sedekah.

Selanjutnya, tiba kita pada tahapan profesional khas perusahaan. Membuat catatan arus kas. Arus kas adalah elemen penting yang berfungsi memberikan informasi mengenai kondisi keuangan dalam satu periode. Dalam perusahan kita mengenal 3 jenis aktivitas: operasional, investasi, dan pendanaan. 

Kak Lis memberikan contoh tabel isian sederhana yang bisa kita ubahsuaikan dengan jenis-jenis pemasukan dan pengeluaran. Biasakan mengumpulkan tanda bukti penerimaan dan pembayaran, bon dan struk pembelian sebagai pelengkap data. 

Bagaimana jika pemasukan dan pengeluaran berbentuk virtual atau cashless? No worries, kan sudah zaman now. Transaksi bisa disimpan berupa skrinsyut atau minimal dicatat. Ya, pokoknya jangan sampai ada yang lewat dari pencatatan. Habis beli bakso cuangki catat. Karena itu esensinya. Bakso? Bukaan. Kegiatan mencatat hingga detilnya.

Terakhir dan yang paling penting adalah disiplin dalam menabung. Kembali saya diingatkan untuk selalu menabung tepat di saat menerima pemasukan. Sisihkan bukan sisakan. Jangan menunggu sisa untuk ditabung, karena tidak akan pernah ada, hehe. Konsisten menabung minimal 10 ribu rupiah per hari. 

Ada kebiasaan unik  Kak Lis, yaitu sering menyelipkan lembaran rupiah di berbagai tempat. Termasuk di antara halaman buku lalu lupa begitu saja. Hal ini menjadi aktivitas menabung yang tak disengaja dan bermanfaat  ketika "menemukannya" kembali.     

Sebagai pamungkas, Kak Lis contohkan bahwa dirinya tidak punya kartu kredit. Untuk bagian ini, rekan-rekan sudah sangat paham dan mungkin sebagian sontak setuju.  

Sungguh padat ini pembekalan yang entah berapa satuan kredit semester bobotnya kalau ditempuh lewat jalur kuliah. Ternyata rumah tangga keluarga juga bisa dianalogikan sebagai suatu perusahaan dengan penguatan di aspek pengelolaan keuangan
  

 Optimasi Mesin Pencari

Selain menambah khazanah literasi finansial, gathering juga menyajikan materi literasi digital. Dari puluhan tema lokalatih yang diikuti, Search Engine Optimization (SEO) jadi pengetahuan yang selalu menarik diikuti selama algoritme masih dikandung Google. 

Tiap tahun, perusahaan multinasional jasa dan produk Internet terbesar ini memutakhirkan prosedur sistematis dalam teknologi pencariannya. Mau tidak mau, kita harus selalu mengikuti langkah simbah yang kerap berubah. 

Ingin blog kita dikenal robot Google hingga nangkring di halaman pertama mesin telusur? Digital Marketing CNI Niko Riansyah membagi langkah-langkah efektif agar situs kita banjir traffic.  


Ada dua tipe SEO yaitu on page dan off page. SEO On Page menitikberatkan pada penguatan infrastruktur internal situs atau blog. First things first. Kita cek  interior "rumah" sendiri. Sudahkah melengkapi kolom di pengaturan blog? Karena ini memengaruhi mesin telusur bisa menemukan blog kita. 

Saya menggunakan Blogspot, jadi masuk ke panel Setelan -> Preferensi penelusuran -> Tag Meta -> Deskripsi. Deskripsi membantu pengguna memutuskan apakah akan mengklik blog kita di hasil penelusuran. Tulis ringkasan yang menarik mengenai blog. Selanjutnya, beralih ke Perayapan dan Pengindeksan guna berintegrasi dengan Google Search Console, perangkat pendukung SEO yang akan saya paparkan nanti. 

SEO Off Page meresonansi konten ke luar, memaksimalkan distribusi konten ke lintas media sosial dan forum. Bangun lebih banyak lagi interaksi viewers dengan membagi tautan dan komen di social media, dan social bookmark. Berbagi di medsos perlu agar Google cepat mengindeks artikel kita.  

Hingga saat ini, ada  5 poin dasar yang jitu bisa kita lakukan, yakni:
  1. Tampilan yang mudah diakses dengan gawai (mobile friendly). Google mengutamakan blog yang ramah bagi pengguna ponsel. Karena menyesuaikan animo users yang kini lebih banyak eksis di perangkat mobile.   
  2. Kecepatan loading situs. Kecepatan situs tergantung ukuran foto. Kecilkan ukuran foto atau ilustrasi untuk kelancaran proses luncur situs. Jangan lupa bubuhkan informasi pada foto di properties agar mudah dirayap robot.
  3. Telaten menanam backlink. Masukkan tautan untuk bacaan lanjutan secukupnya dalam artikel. tautan harus relevan satu sama lain sehingga informatif dan saling mendukung.
  4. Isi dengan kata kunci yang populer. Kata kunci pendek sudah banyak yang pakai. Kemungkinan posting kita tenggelam. Terapkan kata kunci turunan (long tail keyword). Selipkan kata kunci utama dalam postingan. Minimal 1000 kata untuk satu tulisan agar dibaca mesin telusur. Dalam seribuan kata itu sisipkan kata kunci di tiap paragraf. Namun jangan berkesan keyword stuffing. 
  5. Konten orisinil dan menarik (content is king). Formula ini masih menjadi cara utama yang efektif mengundang minat kunjungan baca. Sedikit lebih beda lebih baik dari sedikit lebih baik. Yang unik lebih menarik.   
Pertama kali muncul dengan mesin pencarian, Google sudah menggunakan sebuah algoritme. Namun belum punya nama formal. Pada 2013, Google menamakan “hummingbird“ untuk algoritme pencarian miliknya. Dalam hummingbird terdapat banyak bagian algoritme seperti rankbrain, penguin, dan panda.

Tiap tahun Google mutakhirkan 'bahasa kalbu'. Sebagian besar update tidak memiliki nama dan belum terkonfirmasi. Karena secara teknis Google bisa melakukan update hingga ratusan kali dalam sehari. Biasanya banyak pihak yang gundah gulana tiap kali Google meng-update kode cinta. Pasalnya, Google tidak segan melupakan bahkan menendang situs-situs yang tidak mengikuti aturan main terbaru. Walau awalnya performa situs baik-baik saja. 

Namun, dari rangkaian pembaruan di atas, yang jelas Google tetap menjunjung kualitas konten, dan makin sensitif mendeteksi paktik curang demi mendapati lalu lintas ramai kunjungan. Praktik ilegal ini dikenal dengan istilah black hat.


Penyedia mesin telusur memang banyak. Tapi kita sama tahu Google masih terdepan dan paling diperhitungkan jadi rujukan. Maka tepat sekali jika Bang Niko sarankan kita berkarib dengan Google dan beragam produknya.  Untuk merawat situs atau blog, Bang Niko rekomendasikan Google Webmaster dan Google Analytics.   

Makin canggih, Google kian paham kebutuhan para pegiat digital. Maka alangkah baiknya kita mencoba tiap fasilitas yang diberikan, apalagi gratis. Google Webmaster Tools merupakan satu paket alat digital yang membantu memahami kondisi situs atau blog. Kita mahir memahami pujaan hati saja, dunia sudah digenggam. Apalagi hanya seutas situs.

Google Webmaster Tools disebut juga Google Search Console. Manfaat Google Webmaster Tools:
  1. Meningkatkan Page Rank. Menyempurnakan HTML dengan menghapus broken link, konten ganda, duplikat meta deskripsi, dan memperbaiki judul atau heading tag yang belum ada.
  2. Memberikan Data Akurat Aktivitas situs. Kita bisa melihat grafik berbagai kesalahan crawl, server dan URL mana saja yang dicekal. Bisa mengetahui jumlah URL yang diindeks Google. Lalu meihat jumlah kata kunci yang dipakai pengunjung saat mengunjungi situs kita.
  3. Mengevaluasi seberapa cepat kinerja loading page dan membandingkan kecepatan dengan situs lain.
  4. Mendeteksi Malware. Perangkat ini memperlihatkan aktivitas yang dianggap mencurigakan dan membahayakan serta memberikan solusinya .
  5. Melakukan konfigurasi dengan mengatur wilayah yang ingin disasar, mengatur parameter dari URL, site link, dan  bagian lain yang mendukung data analisis Google Webmaster Tools tersaji lebih akurat.
Perangkat lain yang bisa kita gunakan adalah SEO Site Check Up untuk analisis performa situs. Juga ada Small SEO Tools untuk memeriksa potensi plagiasi di konten. 

Jika butuh langkah lebih lanjut dan mendalam cenderung sangat serius, Niko sarankan kita menempuh Search Engine Marketing (SEM). SEM adalah pemasaran via internet secara berbayar. Biasanya cara ini dilakukan para pengusaha daring yang intensif menggunakan Google Bisnisku dengan beriklan di Google Ads. Postingan kita akan muncul di bagian atas halaman pertama. Akan tersemat kata 'iklan'  di artikel tersebut sebagai pembeda.

Akhirnya, praktik SEO bukanlah soal matematika dengan rumus dasar dan hasil yang pasti, seperti Founder ISB Ani Bertha sampaikan. Narablog bisa memilih ragam langkah SEO yang berbeda-beda sesuai kebutuhan blog masing-masing. Lewat silaturahim ke blog tetangga atau blogwalking, misalnya. Interaksi yang organik antar blogger akan meraih nilai tambah dari Google. Selain meluaskan rejeki, silaturahim juga memperpanjang usia blog. Kita jadi termotivasi menciptakan konten berkualitas.     



Usai mengikuti gathering bermateri padat bergizi dan menuliskanya, paling cocok kita selingi dengan menyeruput minuman sehat dan enak Hot Dark Chocolate dari CNI. Minuman cokelat instan yang memadukan Red African Cocoa, ekstrak ginseng, gula, susu skim, dan krimer nabati. Minuman ini menggunakan susu rendah lemak jadi rendah kalori. 

Dark Chocolate merupakan jenis coklat pekat yang mengandung 70% kakao, sisanya lemak coklat. Kandungannya tertinggi dibanding jenis white dan milk chocolate. Segudang manfaat mengonsumsi cokelat, yakni: 
  1. Dapat meningkatkan kesehatan pembuluh darah, menurunkan tekanan darah tanpa menyebabkan peningkatan berat badan 
  2. Dapat membantu menguatkan enamel gigi. 
  3. Mengurangi risiko penyakit jantung dengan meningkatkan HDL/lemak baik dan menurunkan LDL lemak jahat  
  4. Dapat meningkatkan kemampuan mata melihat dalam situasi kontras rendah seperti saat cuaca buruk dan  membuat penglihatan lebih tajam 
  5. Membantu meningkatkan daya ingat dan fungsi kognitif otak dengan cara menjaga sel-sel neuron otak dari kerusakan dan meningkatkan metabolisme struktur molekul otak yang bertanggung jawab terhadap daya ingat 
  6. Melepaskan senyawa endorfin dan memberi kegairahan dan fungsi seksual yang lebih baik 


    




Comments

  1. Sharring-nya lengkap banget nih.. Btw, memang penting mengatur ekonomi dlm keluarga agar tidak tekor belanja..

    ReplyDelete
  2. Nice info kak. 1000 kata ya biar mbah google mampir hahaha. Kata kunci di tiap paragraf. Noted ini. Jadi paragraf awal udah ada kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga belum tepat praktekkin kak, haha.. yg jelas konten harus relevan tdk skadar bnyk kata & kunci :))

      Delete
  3. Kebetulan seminggu ini aku lagi belajar SEO, aku baca dan kumpulkan banyak info tentang SEO. Blogger zaman now memang kudu melek SEO ya, blogger makin banyak blogger yang keren dan pinter juga banyak sekali. Apa jadinya kalau kita nggak mau belajar. Nice sharing 👍

    ReplyDelete
  4. Interaksi yang wajar tetap jadi jalan yang disukai gugel ya. Semakin pintar para usahawan bikin trik semakin canggih pula teknologi yang diterapkan gugel. Yuk akh rajin bw ajah, hehehe...

    ReplyDelete
  5. Lengkap banget mas ulasan tentang SEOnya. Kebetulan saya masih perlu banyak belajar. Bisa lah kalau ketemu ajarin hihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kita memang terus belajar masbro , nyok ah belajar bareng, sambil nonton disney asik nihh

      Delete
  6. Keren neh belajar seo nanti sharing ilmunya ya mas...

    ReplyDelete
  7. Yap bner bngt kata liswanti saya pun sdh jauh2 dengan kartu kredit.. klao SEO susah gampang y lg coba bljar juga

    ReplyDelete
  8. Back link ini saya suka lupa.. Kalau lagi inget sih bisa telaten nanem 2 atau tiga.. Dan katanya lebih dari itu bagus juga yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya 2-3 juga cukup kak, apalagi jika backlick relevan dan nyambung dgn artikel kita

      Delete
  9. Acara yang berfaedah bangat ini, mulai dari cara atur keuangan hingga bagaimana tulisan yang ramah SEO. Makasiih Mas sudah berbagi cerita yang menarik, jadi kaya ikut belajar juga jadinya :)

    ReplyDelete
  10. Belum pernah ikut kelas SEO. Blogger wajib ya tau SEO.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo wajibnya sih engga juga menrutnya.. Yg jelas konten bagus yg akan mengundang pengunjungnya

      Delete
  11. materinya begitu bermanfaat, jafi tau bagaimana mengoptimasi blog dan blogpost

    ReplyDelete
  12. Bener ya kalo keuangan bisa tersusun rapi jadi gampang memilah2 untuk pos2nya..

    ReplyDelete
  13. Lengkap banget ulasannya mas,mulai dari SEO dan literasi keuangan :) Untuk mengatur keuangan itu bikin posnya harus rinci ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak beruntung saya dapat ikut acara dgn narsum kece2 dan materi lengkap ini

      Delete
  14. content is a king..harus rajin rajin bikin konten organik nih..akhir akhir ini kebanyakan sponsornya..hihi

    ReplyDelete
  15. Ulasannya lengkap banget mas. Jadi ikutan belajar. Makasih ya

    ReplyDelete
  16. ujung-ujungnya tetep kembali ke konten ya mas. . Content is king.

    Btw menghapus broken link itu Pr banget loh ya mas.. Soalnya aku aja pas cek broken link jumlahnya udaah ratusan mungkin klo ditungguin sampe kelar bisa sampe ribuan...

    ReplyDelete
  17. wah ini PR saya banget buat nerapin SEO baik on page maupun off page.. seneng ya ikut acara yang dobel2 manfaatnya buat blogger gini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak, PR kita , seneng bangat kak, dapat dobel ilmunya

      Delete
  18. pengen deh ada event gini SEO learn juga di mks, eh iya aku dong suka banget coklat, biasanya di kulkas harus stok coklat hiheheh

    ReplyDelete
  19. Untuk saat ini saya lagi dikit-dikit belajar SEO dan masih banyak lagi yang harus dipelajari. But thx for sharing ya.

    ReplyDelete
  20. Belajar dan terus belajar dari yang berpengalaman walau punya cara berbeda tapi cukup memberi asupan yang memberi insight luas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar kak belajar dari cara yg berbedabeda agar kita kaya insight

      Delete
  21. Ah jadi ingat cerita kak lis soal menyelipkan uang biar jd uang kaget ya

    ReplyDelete
  22. Maaf kak, lokalatih itu apa ya?
    Kayaknya materinya yg bagus itu langsung praktek ke blog utk SEO nya ya.. Biar terasa peningkatan page blog kita..

    ReplyDelete
  23. Awalnya terasa pahit itu yang UP, tapi gelas ke tiga di hari ke tiga kok jadi malah enak banget ya?

    ReplyDelete

Post a Comment