Featured Post

Rice Cooker Hilangkan Puluhan Kosakata Sunda

Gambar
Tantangan pelestarian dan pengembangan bahasa salahsatunya adalah istilah bahasa asing. Hanya satu kata asing saja sudah bisa menggusur puluhan kosakata satu bahasa daerah. 

Jeda di Aktivitas Kerja Bersama Mindtera

 

hidup sehat mental bersama mindtera

Dalam menjaga kesadaran diri (self awarness) sebagai perangkat kesadaran penuh (mindfulness), kita perlu jeda di sela aktivitas kerja. Hal ini penting untuk menemukan keseimbangan antara kesibukan dengan nilai hidup supaya tidak stres.

 

Journaling

Career Life Coach Devy Chan dari Mindtera menyampaikan, mindfulness bisa diperoleh dengan menemukan strategi untuk mengembalikan keseimbangan antara kerja dan nilai hidup. Kita bisa kembali menemukan keseimbangan dengan melatih jeda. Melatih jeda tidak harus rehat dengan berlibur atau tamasya. Take a break dapat dilakukan secara sederhana, misal, dengan tidur berkualitas.  

Take a break bukan berarti liburan. Bisa sesimpel begini, kerja diatur berapa jam sehari. Begitu merasa capek banget, aku ambil break. Bisa dengan power nap 30 menit,” ujar Kak Devy dalam sesi kelas bersama Mindtera #SEMUABISADIKELOLA Dengan Aplikasi Mindtera: Kelola Stress Dengan Berkesadaran,  Zoom Meeting, Jumat 1 Oktober 2021. 

Ketika merasa sangat lelah, Kak Devy biasanya melakukan hal paling mudah, yakni menarik dan menghembuskan napas panjang sebanyak 5 kali, dilanjutkan dengan minum teh. Untuk kak Devy, aktivitas itu sudah memberikan jeda untuk diri sendiri. Jeda juga bisa dilakukan dengan menjauhkan gawai dari jangkauan. 

Strategi kedua adalah melakukan journaling. Bagi yang belum terbiasa, mulailah menumpahkan curahan hati melalui jurnal. Ketika journaling, Kak Devy menuliskan pertanyaan kepada diri sendiri, semisal; apa yang sebaiknya aku lakukan?  Menurut pengalaman Kak Devy, biasanya, dengan begitu ia akan menemukan jawaban tentang apa yang dibutuhkan saat itu. Iya juga ya. Kita dikaruniai kemampuan menjaga kesadaran diri, dan menulis bisa menjadi salahsatu ikhtiar membangun kesadaran penuh.  

 

Nilai Hidup

Tadi kita bicara keseimbangan antara aktivitas dengan nilai hidup. Nah, strategi berikutnya adalah meninjau kembali nilai-nilai hidup yang kita miliki untuk mencapai mindfulness. Nilai hidup yang perlu kita review antara lain; Kesehatan fisik dan mental, Pemasukan yang stabil, Keamanan, Keluarga, Persahabatan, Cinta dan kasih sayang, Kolaborasi, Kekayaan, Pencapaian, Popularitas, Kekuasaan, Menghargai diri sendiri, Pengakuan, Tradisi, Loyalitas, Pengembangan diri, Dermawan, Spiritualitas, Gaya hidup, Kebebasan, dan Kebijaksanaan. 

Yang disebutkan di atas adalah nilai-nilai yang biasa ditemui di keseharian. Kita bisa menambahkan lagi nilai-nilai lainnya yang berhubungan dengan kehidupan masing-masing. Jika sudah dipilih, imbuh Kak Devy, proritaskan beberapa nilai, dan mulai luangkan waktu.   

“Pilih dua saja dulu value hidup yang kita anggap sangat penting, dan buat prioritas waktu untuk value yang kamu pilih. There is no right or wrong. Ada yang value-nya cinta. Ada yang value-nya senang berkolaborasi, team work,” tandas Kak Devy.     

Langkah selanjutnya, kita melakukan komitmen terhadap value yang diprioritaskan dan tentukan strategi. Misal, prioritas value-nya adalah Keluarga. Maka, ketika memilih suatu pekerjaan, pertimbangannya apakah pekerjaan tersebut tidak mengorbankan waktu untuk keluarga.      

 

Tips Meningkatkan Produktivitas Kerja 

Dalam kelas bersama Mindtera, Kak Devy juga membagikan tips untuk meningkatkan produktivitas kerja. Pertama, ketahui tujuan besar kita (Big Picture) terkait tujuan dan alasan kita bekerja. Kedua, ketahui target kita. Langkah yang diterapkan antara lain, menyusun seluruh tenggat (deadline) dalam waktu dekat, serta membuat to do list berdasarkan prioritas target atau tenggat. Jika kedua hal ini membuahkan hasil, rayakan pencapaian-pencapaian kecil sekadar booster semangat untuk kinerja lebih baik lagi.    

Ketiga, membuat productivity timer dengan mengaplikasikan pomodoro technique (teknik pomodoro). Sisipkan waktu untuk bersenang-senang, beristirahat dan menyalurkan hobi yang mendukung peningkatan produktivitas. Salahsatu formula dari teknik pomodoro adalah 25 menit bekerja dan 5 menit istirahat. Produktivitas terjadi ketika kita imbang membagi waktu antara bekerja dan istirahat.

Tips keempat, ketahui hal-hal yang membuat kita bahagia. Caranya dengan mengenali kehidupan lain di luar pekerjaan. Aktivitas yang memperluas wawasan ini, salahsatunya  bisa menimbulkan rasa syukur atas pekerjaan dan lingkungan kerja yang kita miliki selama ini. Dengan begitu, kita akan fokus memperkuat visi hidup. Hidup yang lebih produktif. 

Bicara hidup yang produktif, Mindtera punya program berjenjang dengan durasi yang tidak lebih dari 5 menit sehari. Materi latihan sangat related dengan keseharian kita yang ingin menguatkan self awarness menuju mindfulness. Mindtera adalah aplikasi edukasi berbasis multiple intelligence pertama di Indonesia. Bersama para life coach yang kompeten dan berpengalaman, kita dibantu mengelola hidup lebih baik, terutama mengantisipasi stres di tengah pandemi, karena #SemuaBisaDikelola dengan Mindtera.     

 

Komentar