Inspirasi Penggunaan Baja Ringan Untuk Hunian Kokoh

 

pakai BlueScope Zacs untuk material baja ringan

Kini prioritas tontonan saya kian selektif pilih topik penting saja. Termasuk ketika menyetel Youtube, saya memilah konten yang dianggap perlu diketahui.  

Saya sedang suka konten Youtube Tukang Jadi Jadian. Tentu sangat bermanfaat mempelajari seluk-beluk pertukangan. Salah satunya, video kiat mengunakan baja ringan dan juga video kreasi dari baja ringan seperti membuat rak pajangan dinding minimalis, variasi pagar dan kanopi, hingga tangga lipat dari baja ringan. Tentunya sangat menginspirasi saya dalam pembuatan berbagai macam kreasi dari baja ringan. 

Salah satu video Tukang Jadi Jadian yang menurut saya sangat menarik seputar baja ringan adalah kreasi pembuatan tangga lipat dan rak. Tentu 2 hasil kreasi tersebut sangat berguna dan bermanfaat untuk rumah. Berikut kreasinya:

pasang baja ringan blue zacs
dok. tukang jadi jadian

 
baja ringan blue zacs kokoh kuat
dok. tukang jadi jadian

Ngomong-ngomong soal baja ringan, rumah dengan konsep modern dan minimalis kini sedang nge-trend, lho! Menciptakan rumah dengan konsep tersebut memerlukan beberapa material yang unik, di antaranya menggunakan baja ringan.

Berbagai inovasi dari baja ringan bisa digunakan pada konsep rumah modern minimalis seperti untuk interior, dinding, rangka lantai mezzanine ataupun atap kanopi. Penggunaan baja ringan memiliki beberapa kelebihan, yakni tampilannya yang cantik karena memiliki berbagai warna, bisa membuat rumah menjadi lebih estetik. Selain itu, pemasangannya cepat, dan baja ringan mudah didapatkan di toko-toko bangunan terdekat.

 Berikut contoh inspirasi rumah dengan material baja ringan:

 

rumah kokoh dengan material baja ringan

 baja ringan BlueScope Zacs kokoh dan awet


BlueScope Zacs baja ringan awet dan kuat

Saya memiliki beberapa tips dalam pemilihan dan penggunaan baja ringan agar awet dan tahan lama, berikut tipsnya:


1.    Produk Kualitas SNI

Pilih baja ringan yang bersertifikasi Standar Nasional Indonesia (SNI) yang sudah melalui    tahapan tes, sehingga kualitasnya terjamin, awet dan tahan lama.

  

2.    Pengiriman dan Penyimpanan

Saat pengiriman, usahakan tidak sedang hujan, atau baja ringan ditutup terpal dan plastik sehingga aman di perjalanan. Tiba di lokasi, hati-hati angkat dan turunkan baja ringan. Jangan asal tarik sehingga bergesekan di antara tumpukan. Saat penyimpanan, letakkan baja ringan di atas tatakan kayu supaya tidak langsung menempel di permukaan tanah dan terhindar dari kelembapan.

 

3.    Pemotongan

Pilihan pertama menggunakan gunting baja ringan, karena paling aman dan tidak berisiko menimbulkan karat di bagian tepi sisa potongan. Pilihan kedua, menggunakan alat potong baja ringan, lebih praktis, cepat, dan hasil potongan bagus. Pilihan terakhir, menggunakan gerinda tangan, namun risiko korosi lebih besar, terutama di bagian tepi. Bersihan sisa percikan di bagian baja ringan hasil potongan.  

 

4.    Pemasangan

Pemasangan baja ringan, perlu ada hitungan jarak antar baja, tingkat kemiringan, supaya air hujan yang jatuh bisa mengalir turun ke bawah. Lakukan pemasangan dengan hati hati, tersusun rapih dan jangan lupa di sekrup dan baut sehingga kokoh terpasang. Untuk pemasangan baja ringan, serahkan sama tukang bangunan yang ahli, ya.


Empat Lapisan Superior

Baja ringan dapat diaplikasikan sebagai atap rumah dan genteng metal, interior, serta rangka baja. Saya mempunyai rekomendasi baja ringan yang bagus dan berkualitas, pilihan saya adalah  BlueScope Zacs ®. Selain bersertifikasi SNI, BlueScope Zacs ® eksis selama 100 Tahun di Australia. Material atapnya memiliki teknologi pelapisan yang dikembangkan di negeri kanguru itu. Kombinasi alumunium-seng dengan minimum pelapis 100 g/m2 menciptakan 4 lapisan kokoh yang awet karena lebih tahan karat.  Makanya, BlueScope Zacs ®  empat kali lebih tahan lama dibanding baja lapis biasa. Tersedia produk atap/dinding BlueScope Zacs ® dengan pilihan Bare, Cool, dan Natural. BlueScope Zacs ® juga memenuhi kebutuhan interior bersama BlueScope Zacs Cool dengan warna trendi yang tahan lama, indah, dan mampu hemat energi, serta BlueScope Zacs Natural dengan warna modern minimalis bertekstur kulit jeruk, dan tahan lama. 

Untuk rangka atap baja ringan, BlueScope Zacs ® Truss berkarakter presisi, rangka bangunan kuat dan tahan lama, sehingga nilai investasi bangunan tetap terjaga. Rekan pembaca suka perhatikankah, bangunan rumah tinggal makin banyak yang  menggunakan rangka atap baja ringan sebagai bahan struktur rangka atap. Supaya rangka baja ringan terpasang baik dan kokoh, perlu memperhitungkan rumus kuda-kuda. 

Kuda-kuda ialah rangka baja ringan terdiri dari berbagai macam ukuran, mulai 0.75 – 1 mm. Kuda-kuda itu dipasangkan di atas tumpuan struktural. Kuda-kuda baja ringan berfungsi sebagai material struktural yang menahan berat sendiri dan berat penutup atap, dan menyalurkannya ke tumpuan struktural di bawahnya (ring balok). Adapun penghitungan estimasi kebutuhan material baja ringan dilakukan untuk mengetahui seberapa banyak penggunaan material baja ringan. Bagaimana, sudah dapat inspirasi membangun?