Pedro Pascal Paling Favorit Perankan Karakter Ayah

 

pedro pascal mandalorian the last of us

Pedro Pascal makin identik saja perankan karakter orang tua tunggal. Apalagi kini lagi moncer penampilannya di serial televisi The Last of Us (2023) di HBO. Sebenarnya, sejak kapan sih aktor asal Chili Amerika ini jadi dikenal perankan figur ayah?     

  

Prospect Sebelum The Mandalorian 

Penulis mengenal Pascal sejak doi sukses merebut perhatian di serial televisi "The Mandalorian" produksi Disney+. Dalam serial ini, Pedro Pascal memerankan "The Mandalorian" atau Din Djarin, bounty hunter di alam semesta Star Wars yang mengambil tugas menemukan dan membawa balik target-target pesanan klien. 

Awalnya, Din Djarin tampil sebagai sosok dingin dan individualis. Tapi dia mulai menunjukkan sisi kelembutan dan kepedulian seorang ayah, ketika ia bertemu anak laki-laki bernama Grogu, atau lebih dikenal julukan Baby Yoda. 

Grogu menjadi seperti putra angkat bagi Din Djarin yang berusaha melindungi anak tersebut dengan segala cara. Kehadiran Grogu juga membuat Din Djarin mempertanyakan tugas-tugasnya sebagai pemburu bayaran, dan ia mulai berjuang untuk melindungi anak tersebut serta membantu mencari tahu asal-usulnya. 

Debut Pedro Pascal menjadi ayah, mungkin sejak dia main di film fiksi ilmaih indie "Prospect" (2018). Di film tersebut, Pedro Pascal (Ezra) terpaksa menjadi orang tua tunggal bagi Sophie Thatcher (Cee) yang kehilangan ayah kandung karena tewas. Bahu membahu mereka berdua demi bertahan di sebuah planet beracun, liar, dan bengis. 

 

Tangguh Sekaligus Rapuh 

Menurut Penulis, ada beberapa alasan mengapa Pedro Pascal jadi favorit perankan karakter ayah. Pertama, ia memiliki kemampuan akting yang natural menampilkan  kehangatan sekaligus kerapuhan yang diperlukan dalam karakter seorang ayah. Pedro mampu membuat penonton seolah merasa karakter yang dia mainkan benar-benar nyata. 

Kedua, ekspresi wajahnya yang datar dan kalem tapi maskulin memberikan nuansa tepat bagi karakter ayah tangguh. Ketiga, Pedro Pascal memiliki suara yang unik dan mudah dikenali. Mau bukti? Bagi rekan pembaca yang lebih dulu menonton The Mandalorian ketimbang Prospect, akan lumayan sulit menghilangankan vibe Mando dari Pedro saat menjadi Ezra yang sama-sama bersuara di balik helmet. 

Selain itu, disengaja atau tidak, peran ayah tunggal khas Pedro Pascal kerapkali  dikondisikan berada di ujung tanduk atau tergesa di tengah kejaran marabahaya. Sampai-sampai pengamat film dan fans menganggap karakter ala Pedro Pascal  menciptakan sub-genre tersendiri yakni the man on the run with a child - genre. Kian lekat saja deh sub-genre ini di Pedro Pascal (Joel) yang sedang beradu akting dengan Bella Ramsey (Ellie) di The Last of Us.    

Lepas dari kecenderungan acapkali mengambil peran ayah, Pedro Pascal juga dikenal sukses memerankan karakter lainnya, lho. Sebut saja agen rahasia Whiskey dalam "Kingsman: The Golden Circle" (2017), pangeran Oberyn Martell di musim ke empat serial "Game of Thrones", dan villain Maxwell Lord di film superhero DC "Wonder Woman 1984". Oh iya, jangan lupa peran dia sebagai agen DEA Javier Peña dalam serial televis "Narcos" (2015). Pantau juga aksi kocak dia jadi miliarder fans sejati Nicolas Cage di laga komedi “The Unbearable Weight of Massive Talent”(2022).    

 

Komentar