Skip to main content

Tujuh Alasan Kenapa MNC Vision Bukan Yang Lain, Nomor 6 Tak Tertandingi


Stasiun televisi satelit berlangganan MNC Vision punya slogan “Bukan Yang Lain”. Begitu percaya diri moto ini. Apa yang bikin ia bukan yang lain? Apa bedanya? Pertanyaan mengitari benak. Penulis penasaran. Ndilalah, MNC Vision mengundang narablog termasuk penulis yang mendapat akses khusus untuk mencari jawabnya dalam Blogger Gathering #CeritaDiMNCVision, MNC Vision Tower, Green Garden, Jakarta  (7/7/18).

Tiga Unsur Lebur Satu


Kami disambut hangat Ibu Ramadhani selaku Departemen Head of Marketing PT MNC Sky Vision. Dari Beliau, kami mengetahui, pelopor saluran televisi berlangganan ini sudah eksis selama lebih dari 20 tahun. Bulan depan, tepatnya 8 Agustus 2018, MNC Vision akan merayakan ulang tahun yang ke-24.




Nama MNC Vision seperti tidak asing. Mirip nama brand sejenis sebelumnya. Benar saja. Ternyata MNC Vision merupakan perpaduan dari berbagai penyedia layanan saluran televisi berbayar yang kita sudah lebih dulu akrab. 

Once upon a time, ada Indovision (1994-2017). Teman-teman generasi 90an pasti langsung bernostalgia. Selanjutnya muncul Top TV (2008-2017), lalu menyembul OkeVision (2012-2017).




Akhirnya. Setelah ribuan purnama, mereka bersepakat. Sejak Desember 20I7, ketiga stasiun TV ini bergabung dalam satu naungan yakni MNC Vision. Walhasil, logonya mengandung 4 unsur warna yang membingkai dan berpusat dalam satu cahaya visi.  Ibu Ramadhani tuturkan maknanya. Kombinasi warna menunjukkan semangat dengan energi baru untuk selalu menjadi yang terdepan.

Sepertinya memang demikian. Daya pikat tayangan televisi berawal dari warna, lalu bentuk, kemudian suara. Tiga hal ini bergantung pada kualitas penyiarannya. Ini menurut pandangan dari kacamata penulis yang silinder empat.  Pandangan rekan pembaca mungkin beda lagi. 



Kembali ke laptop. Mari kita segera kulik lebih dalam, mengapa MNC Vision Bukan yang Lain. Dari tur menjelajahi tiap sudut dapur dan laboratorium pelopor industri televisi berlanggan di Indonesia, ini temuan penulis :



   1. Penetrasi Pasar yang Luas

   
Perusahaan memulai layanan Direct to Home (DTH) pada 1994. Kini, perintis layanan saluran televisi berbayar ini punya lebih dari 60% penetrasi pasar, baik pelanggan satelit maupun kabel. Lebih dari 2,4 juta pelanggan tersebar di seluruh Indonesia.  

Apalagi MNC Vision bernaung di bawah jaringan media terbesar; MNC Media. Segala infrastruktur penyiaran tersedia dan diperkuat.

MNC memiliki lebih dari 140 saluran terbaik dengan 32 channel eksklusif termasuk 19 saluran lokal MNC Channels dengan rentang genre variatif, mulai dari Kids, News, Movie, Sport, hingga Entertainment. 

Lebih lanjut mengenai ragam channel tersebut, dapat melihat pilihan paket berlangganan. 


2. Super Bundle 


Program ini menyediakan paket bundling TV berlangganan dan internet super cepat dengan mobile broadband. MNC Vision bekerjasama dengan Indosat Ooredoo berkapasitas data 20 GB, dan XL Axiata berkapasitas data hingga 80 GB. Harga lebih hemat dengan kuota yang padat.


Produk internet yang disediakan adalah Home Wireless Broadband dengan kecepatan sampai 150 Mbps tanpa batasan waktu, bebas gangguan cuaca, dan gratis biaya instalasi. Betul-betul bundle yang bandel ini bundling.




 3. Pusat Telepon Pelanggan 24 Jam

   
Sebagai komitmen total layanan terhadap pelanggan, Call Center MNC Vision beroperasi selama 24 jam, dengan 13-14 shifts, dan rerata 6.500 incoming calls per hari. Setia menyimak kondisi, problem, masukan, juga keluhan menyangkut hubungan sambungan kita. So sweet.

Kepala Customer Care Departement Bapak Rifki sampaikan.Tim teknisi pun selalu jaga siap sedia jika harus melakukan troubleshooting ke rumah. 



.   

4.  Pusat Kunjungan Pelanggan 


Tidak puas hanya lewat telepon. Ingin bertatap muka dan silaturahim? Bisa manfaatkan Walk In Center (WIC). Pusat penerimaan kunjungan pelanggan MNC Vision yang ingin menanyakan informasi atau permintaan dengan solusi terbaik. 

Saat ini, WIC tersebar di 10 Kantor Pembantu Utama di Indonesia dengan rerata  kunjungan 15 pelanggan per hari. Stasiun TV ini makes you feel at home. Kita mudah mengunjunginya.


foto: www.nursaidr.com
5.   Studio Langganan Pemerintah dan Perusahaan


Kami bertemu Bapak Heru selaku Studio Support. Ruang studio terdiri dari Mini Studio dan Grand Studio. Grand Studio dipakai, salahsatunya untuk syuting Lenong Bocah, sebut Pak Heru. Ah iya, tetiba teringatacara kesukaan. Sudah lama kita kini tak bocah lagi.

Studio digunakan untuk keperluan internal dan berbagai kegiatan kepada seluruh pelanggan MNC Vision di Indonesia. Selain itu, Studio juga dipercaya melayani kebutuhan kegiatan pelatihan instansi pemerintah dan perusahaan. 


Pak Heru sebutkan, operator dalam studio minimal 6 orang. Terdiri dari satu Audio Man, satu Project Director, satu Character Generator, dan tiga Camera Man. Jika ada audiens, maka dibutuhkan tambahan posisi Floor Director.   



6.      Satu-satunya Stasiun TV Berfrekuensi S-Band



Lebih dari 30 antena “tumbuh subur” di Antenna Farm MNC Tower Pusat. Antena-antena berkualitas mutakhir ini terintegrasi ke beberapa satelit. Supervisor Satellite Communication, Bapak Damanu Angki jelaskan fungsi antena-antena di ladang tersebut. 

MNC Vision memiliki satelit sending (Indostar-Z) yang dikendalikan dari ruang SCC (Satelite Control Centre) di Gedung MNC Vision Tower melalui perangkat TT&C (Telemetry, Tracking & Commanding).


Antenna Farm merupakan pusat penerima konten dari satelit-satelit provider melalui antena Television Receive Only (TVRO) dengan jalur fiber optik. Lalu antena Uplink mentransmisi channel ke antena pelanggan. Sementara Antena TT&C memantau satelit agar tetap di posisi dan suhu diketahui. Semua bekerja dalam satu kesatuan.

Penulis siapkan bagian terbaik. Pak Damanu ungkapkan, MNC Vision merupakan TV berlangganan pertama dan satu-satunya yang menggunakan pita frekuensi S-band. Teknologi S-Band teruji tahan cuaca dan tidak berpengaruh terhadap perubahan dan gangguan cuaca. Sehingga tayangan tetap stabil dan jernih. Berjodoh dengan kondisi iklim tropis Indonesia.   

Apalagi jejak jangkauan mencapai seluruh wilayah Indonesia. Maka, kalau ada gangguan, Ibu Ramadhani sampaikan, kemungkinan itu hanya pointing yang kurang pas. Kita bisa hubungi Customer Care di-pointing ulang tanpa biaya tambahan. 




 7. Tayangan Berformat Dolby Audio



Yang sedang hangat adalah kolaborasi MNC Vision dengan Dolby Laboratories. Kerjasama ini menghadirkan pengalaman menonton tayangan nan sinematis dengan Dolby Audio. 

Para narablog merasakan sendiri sensasi aural menonton di rumah layaknya di bioskop atau theater 3D. Suara bass dan treble yang selaras datang silih berganti. Dolby Sound meresonansi maksimal ketika dilengkapi pengeras suara yang dipasang mengitari area menonton. Simak videonya dari tautan ini


Salahsatu narasumber Blogger Gathering, Khikmawan Santosa (Kiki) dari Crossfade membagi pengalaman bagaimana tata suara dihasilkan dalam film. Crossfade merupakan studio tata suara yang mendapat lisensi resmi Dolby International.

Lelaki di balik kemencekaman Pengabdi Setan ini menjelaskan efek suara ciamik yang dihasilkan Dolby seperti surround sound (suara kitar) dan keunggulan fitur automatic volume control (pengatur otomatis suara). 

Satu lagi keunggulan disebutkan Kiki, yakni Diegetic Sound. Suara muncul dan bercerita meski sumber suara tidak terlihat dalam layar, disebut off screen diegetic sound.

Contoh, adegan kejar-kejaran mobil. Ada mobil yang  berbelok lalu tak terlihat di layar. Namun suara menikung tajam dan deru mesin masih terdengar meski mobil sudah tak terlihat. Sehingga memberi efek keseruan maksimal kepada indera pendengaran.

Kini kita bisa menikmati tayangan RCTI, HBO, dan  Fox Movies dengan format Dolby Sound. Tiap suara yang tertangkap indera terdengar dekat dan realistis. Ke depan, saluran bernuansa Dolby akan ditambah lagi. Peningkatan ini sekaligus menahbsikan RCTI sebagai saluran televisi pertama di Indonesia yang dilengkapi Dolby Audio.

Tidak hanya ketujuh fasilitas itu saja. Sebagai leading company, MNC Vision juga senantiasa meningkatkan kualitas layanannya.  


Layanan Unggulan MNC Vision


1. Multidecoder. Pelanggan bisa memiliki maksimal 3 dekoder, termasuk dekoder utama, dalam satu alamat. Kita dapat memilih saluran-saluran yang berbeda dari perangkat induknya. Ada diskon menarik untuk dekoder kedua dan ketiga.

2. High Definition. Kualitas gambar yang jernih kini makin lengkap dengan disandingkan tata suara dolby audio.  
3. Akses MNC Vision Plus via MNC Now App. Pelanggan MNC Vision menikmati tayangan melalui gawai di manapun dan kapanpun selama terkoneksi jaringan internet. Aplikasi mobile streaming TV dan Video On Demand (VOD) berbasis Over the Top (OTT) ini menghadirkan konten-konten premium dari berbagai genre.     


Program dan Inovasi Fitur Terbaru 



1. Nonton Premier League Langsung di Inggris. Tiap pelanggan MNC Vision berkesempatan menyaksikan langsung Liga Premier Inggris ditambah hadiah  lainnya. Caranya dengan upgrade paket berlangganan basic atau menambah paket berlangganan High Definition dan melakukan advance payment.

2. MNC Vision Priority. Program khusus pelanggan setia ini memberi berbagai penawaran menarik dari merchant terkemuka. Selain itu, pelanggan juga berpeluang mengikuti kegiatan eksklusif yakni movie screening, progam privilege, dan loyalty.   

3. Parental Lock. Fitur yang sekilas biasa namun besar manfaatnya. Meski berkonsep Home Entertainment, MNC Vision juga peduli tayangan-tayangan ramah anak dan sesuai rating usia. Fitur ini tersedia demi pengalaman menonton yang lebih aman dan nyaman. 

4. Besmart. Tak melulu hiburan, MNC Vision hadirkan channel bimbingan belajar. Tayangan mata pelajaran Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris untuk anak SD kelas 4-6. Materi sesuai kurikulum Nasional, jadi bisa menjadi bekal menghadapi Ujian Nasional.

5. Electronic Program Guide. EPG menampilkan jadwal siaran televisi secara realtime  hingga tujuh hari. Pelanggan dapat memilih dan memesan program tertentu agar tidak kehilangan program favorit.


PENGHARGAAN

Dengan lengkapnya fasilitas, fitur, dan program unggulan, tak heran MNC Vision diganjar pengakuan atas performa masimal bagi kepuasan pelanggan. Beberapa penghargaan di antaranya:


  1. PT MNC Sky Vision Tbk meraih penghargaan Corporate Image Award 2017. MNC Sky Vision meraih penghargaan untuk kategori ‘TV Berbayar Terbaik’ (Juni 2017).
  2. Melalui ajang Marketing Award 2017, PT MNC Sky Vision Tbk meraih penghargaan The Best In Experiental Marketing. (September 2017)
  3. PT MNC Sky Vision Tbk (MNC Vision)  meraih Prestige Brand dalam kategori Cable Television Provider dalam Indonesia Prestige Brand Award 2018 (Januari 2018)
  4. PT MNC Sky Vision Tbk (MSKY) meraih Most Innovative Business Award 2018 dengan kategori Excellent Company for Product and Service Innovation in Advertising, Printing, and Media Sector yang diselenggarakan Warta Ekonomi. (Maret 2018).
  5. PT MNC Sky Vision dengan produknya, MNC Vision, meraih penghargaan dari Indonesia WOW Brand 2018 (Maret 2018)

Tiap perusahan punya filosofi. Tidak sekadar melengkapi kolom di situs resmi. Ia adalah ruh yang menggerakan. Semangat yang mengejawantah dalam performa berbuah kepercayaan. Baiklah rekan pembaca. Dari keliling seharian, berinteraksi, menyaksikan dan mengalami dengan mata dan kepala sendiri, penulis pun mafhum mengapa MNC Vision Bukan Yang Lain. Karena ia lain, tidak seperti yang lain.

Bagi yang sedang berlangganan, teruslah subscribe. Karena ini brand konsisten berinovasi. Bagi yang belum, penulis sarankan untuk coba dan rasakan sendiri pengalaman hiburan keluarga tanpa batas. Info tambahan, MNC Vision lagi banyak promo menarik menjelang milad. So, let's go, segera kunjungi www.mncvision.id 


Cheers.       


Comments