Skip to main content

Featured Post

Ordering Food is Like Choosing Netflix Show

Every company has this same question they asked themselves everyday: How can we provide the most unique offering to our costumers? How can we win our cuctomers’ mind and heart? The type of question Grab also have. The Singaporean transportation network company has been expanding in Indonesia eversince it’s appearance in 2014. 

Mau Seseruan Main Air? Ke Ricastro Waterzone Aja!

ricastro waterzone ciater serpong

Akhir pekan kembali. Minggu pagi lagi. Karena ayah libur kerja, anak-anak minta pinjam ponsel pintar untuk game. Bergantian. Karena memang satu ponsel-punya saya untuk digunakan bersama. Begitu perjanjiannya. 

Wahana Wisata Air

Tapi kok ya saya risau. Abang  dan adik siswa SD ini kian gempal. Apa karena waktu luang kerap dihabiskan di depan layar  ponsel saja. Wah, perlu cari ide baru manfaatkan waktu ke luar rumah. 

Anak-anak sih setuju, malah sangat antusias. Hanya saja gagasan tempat rekreasi mereka agak sulit diwujudkan. Apalagi kami tinggal di daerah perkotaan. Mereka ingin pergi berenang. Nah lho. Wahana air di Jakarta sangat terbatas.

Kolam renang umum dekat daerah komplek kami cuma menyediakan kolam renang biasa, tanpa kelengkapan seru seperti sliding pool atau splash zone. Belum lagi bicara kualitas air yang tidak memenuhi ekspektasi. Kalaupun ada arena bemain air yang lengkap dan bermutu, jaraknya sangat jauh.

Bisa saja kita pergi ke Perpustakaan Nasional di Medan Merdeka Selatan. Tempat kami biasa manfatkan waktu bersama sepuasnya hingga menjelang waktu ashar. Saya tawarkan pilihan pergi ke sana tapi sukses ditolak. Mereka ingin ada variasi. 

Sepertinya mereka sungguh ingin main air karena memang sudah lama tidak berenang. Ah, langsung terbayang keseruan kami bersama jika benar rekreasi itu terealisasi. 

Dengan gontai saya sodorkan ponsel untuk mereka kembali terpaku di layar biru. Tetiba notifikasi di Whatsapp berbunyi beruntun. Ada kawan kirim beberapa foto mengajak saya kunjungi wahana kolam renang keluarga rekomendasi sepupunya. Kelihatan seru. 

Lokasinya pun mudah dicapai, di daerah Serpong Tangerang Selatan. Banyak pilihan wahana kesukaan anak-anak. Pucuk di cinta ulam tiba. Yuk kita datangi biar tidak penasaran.

Ricastro Water Zone namanya. Wahana main air ini berlokasi di Jalan Raya Ciater Maruga No 17 Ciater Serpong, Ciater, Tangerang Selatan. Kalau dari Arah Ciputat, kita mengarah ke jalan Arya Putra Raya hingga ketemu bundaran dan terlihat plang nama Jalan Raya Ciater di depan. 

Letaknya dekat Insan Cendekia Serpong. Persis di seberang sekolah itu. Ikuti saja jalan hingga melihat bangunan berhias ornamen ikan mas koki besar jenaka warna oranye dengan ukiran ‘Ricastro’ di atasnya. Kita sudah sampai.


Tiket masuk Ricastro Waterzone dibanderoli 20k untuk hari biasa dan 40k di akhir pekan. Kalau ingin hemat hingga 500k, kita bisa beli voucher yang berlaku untuk 35 kali kunjungan. Voucer yang tidak ada kedaluwarsa ini juga dapat digunakan sebagai tiket rombongan. Voucer berlaku tiap hari termasuk sabtu dan minggu.

Sebelum ke gerbang masuk, saya sempat melihat musala yang terletak di sebelah kiri dekat gerbang keluar. Dari loket pembelian tiket, sudah terdengar riuh tawa dan teriakan anak-anak di dalam. Saya menduga bakal merasakan wahana menarik sebentar lagi.

Apalagi kami datang bertepatan dengan perayaan kemerdekaan ke-74 Republik Indonesia. Bekerjasama dengan Mandarin Station 98.3 fm, Ricastro Waterzone menggelar lomba menyambut dirgahayu negeri tercinta dengan tema “Semarak Merdeka”. Semarak adalah singkatan dari Serunya Main Air Bersama Keluarga.  

Benar saja. Banyak pilihan kolam untuk masing-masing kebutuhan. Beberapa kolam sedang digunakan untuk arena lomba 17an khas wahana air. Di sliding pool sedang berlangsung seru lomba shoot the balls dengan senapan air. Di kolam sebelah sudah dipasang bambu yang biasa kita lihat dalam perlombaaan gebuk bantal. 

Di baby pool, sedang asyik digelar lomba collect the balls yang diikuti anak-anak perempuan.  Ada  kolam mini olympic yang biasa digunakan untuk latihan atlit renang anak-anak.

Yang paling menarik dan ramai apalagi kalau bukan wahana splash zone yang berada di sayap paling kanan. Di kolam dengan signage ‘Ricastro Waterzone’ menjulang di puncak menara ini menjuntai lima luncuran warna-warni perosotan air. 

Terlihat heboh anak-anak dari tiap lekukan perosotan saling bergantian meluncur hingga menyeburkan diri ke kolam. Terasa cipratan segar air mengenai wajah saya yang berada di dekat kolam mengabadikan keceriaan mereka.      

Terdapat awak petugas wahana air (lifeguard), yang tersebar dan mengawasi di masing-masing kolam. Ada deretan kursi dan meja warna pelangi di bagian tengah untuk para orang tua yang menunggu dan turut mengawasi anak-anaknya gembira berenang. 

Ricastro Waterzone memiliki total 18 karyawan yang terdiri dari 15 karyawan di dalam wahana dan 3 tenaga keamanan.  

Lagi lapar atau lupa bawa bekal dari rumah? Silahkan mendekati kantin yang berada di sebelah panggung utama dan di dekat kamar bilas. Bagi yang ingin melihat pemandangan dari atas atau sekadar duduk santai, ada area di lantai dua lengkap dengan payung-payung teduh. 

Di dekat booth penjualan karcis juga tersedia ruang serbaguna berpendingin yang bisa digunakan untuk berbagai kegiatan seperti pertemuan, rapat, atau diskusi terbatas.


Berdiri sejak 2011, Ricastro Waterzone awalnya hanya menyediakan wahana permainan-permainan seperti kursi gantung, kincir angin dan kora-kora. Pada 2015, atas permintaan para pengunjung, terbentuklah wahana bermain air. 

Dimulai dengan dua kolam, kini Ricastro sudah memiliki 5 kolam dengan kedalaman air masing-masing antara 30-70 cm. Kolam olimpik mini memiliki kedalaman air 100-150 cm.

Seiring waktu, selain dikunjungi pelanggan umum, Ricastri juga menjalin kerjasama dengan sekolah-sekolah terutama yang menyelenggarakan les renang anak-anak. Ingin tahu lebih lanjut, kami berkesempatan menemui pemilik Ricastro Waterzone Ardinata Ginting.

Menurut Pak Ardi, anak-anak harus difasilitasi wahana yang tepat bagi kebutuhan mereka. Mari kita simak semangatnya menghadirkan wahana keluarga yang berkualitas ini.

“Anak-anak dulu mainannya video game. Sekarang lebih lagi, gadget bisa seharian, saya mau buat arena permainan anak dengan kegiatan motorik seperti ini. Bersenang-senang main air,” sebutnya.  

Membuktikan keseriusan, Pak Ardi berkomitmen selalu menyediakan kolam dengan kualitas air yang sejernih air mineral. Tiap hari pukul 5 pagi, sebelum gerbang dibuka pukul 8, kolam-kolam harus sudah selesai dibersihkan. 

Ada alat tes pH air dengan angka yang harus berada di kisaran 6.8 -7. Dia mengatakan, lebih baik menambah biaya perawatan agar para pengunjung merasakan kualitas dan  perbedaannya.

“Konsep kita kolam renang keluarga. Kita anggap anak-anak yang berenang kemari adalah keluarga kita. Kita tidak mau mereka pulang dari Ricastro, ada gatal-gatal, diare, rambut keras karena kaporit terlalu tinggi,” tuturnya.

Memilih tempat untu memanfaatkan waktu bersama keluarga itu susah-susah gampang. Wahana rekreasi untuk anak-anak masih terbilang jarang, apalagi di perkotaan. Kalau tidak pergi ke taman, ya kita ke pusat perbelanjaan. Mau yang simpel saja, kita menunggu datang hari minggu ketika car free day.

Maka, Ricastro Waterzone hadir berikan pilihan orangtua yang membutuhkan rekreasi pendukung tumbuh kembang anak. Selain disibukkan kegiatan sekolah dengan pekerjaan rumah dan ekstrakurikuler, anak juga berhak memperoleh hiburan dan rekreasi. Semua demi  kebutuhan para generasi ke depan

Comments

  1. Tak harus ke tempat rekreasi yang mewah yah untuk ajak anak-anak liburan. Main air di Ricastro Waterzone juga memberi pengalaman tersendiri.

    ReplyDelete

Post a Comment