Featured Post

Rice Cooker Hilangkan Puluhan Kosakata Sunda

Gambar
Tantangan pelestarian dan pengembangan bahasa salahsatunya adalah istilah bahasa asing. Hanya satu kata asing saja sudah bisa menggusur puluhan kosakata satu bahasa daerah. 

Zerre Pendekar Ufuk Timur, Film Resmi Pertama Pekan Olahraga Nasional

 

film official PON XX Papua 2021
[dok. Kalachakra Multi Sinema] 

Rekan pembaca budiman, Pekan Olahraga Nasional (PON) yang ke-20 bakal digelar di Papua pada Oktober Mendatang. Menyongsong ajang olahraga utama nasional ini, PB PON dan PT. Kalachakra Multi Sinema mempersembahkan film Zerre Pendekar Ufuk Timur. Seperti apa filmnya? 


Poster Ala John Wick dan Musik Asyik

Zerre (Yudas Alep Itlay) adalah putra dari Bumi Cendrawasih yang punya ambisi berlaga di ajang PON XX 2021. Menembus keterbatasan dan tantangan, Zerre bersaing dengan Drio (Aditya Zoni) demi Hilda (Aisyah Aqilah), dan berjibaku dalam  situasi yang mengancam. Cuplikan film menyuguhkan pesona indah alam Papua. Gelojak jiwa muda antara Zerre dan Drio melambungkan nostalgia saya akan rivalitas Daniel versus Johnny di Karate Kid (1984). Begitu kesan sementara saya usai mengikuti Launching Official Trailer Zerre Pendekar Ufuk Timur, Rabu 22 September 2021, Jakarta.  


Dalam kesempatan tersebut juga diluncurkan original soundtrack dan official poster Zerre Pendekar Ufuk Timur. Potongan adegan laga bela diri pencak silat yang intens bikin penasaran. Apalagi salah satu varian posternya menggoda lewat angle ala John Wick.  Musik film diisi lagu manis “Jangan Pernah Menyerah” oleh Mace Purba. Vokal Mace yang tebal dan powerful makin asyik dipadu rap melodius. Lama tak muncul, kini kita kembali menikmati karya anyar DRIVE lewat lagu “Pemenang Sejati”. Lirik yang melukiskan semangat optimisme sang tokoh utama meraih cita.    


Executive Producer zerre pendekar uful timur
KP. Sutrisno Sastroadiningrat (dok. pribadi)

Papua Mendunia

Executive Producer PT. Kalachakra Multi Sinema KP. Sutrisno Sastroadiningrat menyampaikan, kehadiran Zerre Pendekar Ufuk Timur merupakan sejarah baru bagi industri kreatif khususnya perfilman Indonesia, karena film ini merupakan film resmi pertama menyambut kompetisi PON. Kalachakra Multi Sinema bekerja sama dengan PB PON XX Papua 2021. 

“Kita menyuguhkan sejarah baru untuk perfilman Indonesia. Setelah PON dilaksanakan 20 kali, baru kali ini membuat film layar lebar. Alhamdulillah, Kalachakra Multi Sinema jadi production house yang dipercaya dan diajak kerja sama,” ungkapnya dalam sambutan sebelum pemutaran official trailer Zerre Pendekar Ufuk Timur.     

Sutrisno membeberkan bagaimana semangat dan nilai-nilai yang terkandung di masyarakat Papua digali dan dinarasikan lewat Zerre Pendekar Ufuk Timur. Perkembangan pembangunan di Papua, khususnya infrastruktur, sudah kian maju. Film ini sekaligus mengetengahkan profil Papua di kancah dunia.    


R. Jiwo Kusumo
 R. Jiwo Kusumo (dok. pribadi)


Sutradara Zerre Pendekar Ufuk Timur R. Jiwo Kusumo menceritakan tantangan proses syuting di lokasi yang masih asli, dan bukan destinasi wisata. Jiwo menjelajahi lokasi-lokasi yang unik di Papua. Selain ada ciri khas di Papua yaitu hutan, gunung, dan laut, sang sutradara juga menampilkan infrastruktur di Papua yang sudah maju, dan mampu bersanding dengan provinsi-provinsi lain di Indonesia. Dan yang paling penting, film ini juga menampilkan potensi Sumber Daya Manusia (SDM) Papua    

“Selain alamnya yang sangat luar biasa, Papua makin produktif dan memiliki optimisme yang baik. Selain kita mengeksplor alam, juga SDM yang memiliki potensi luar biasa,” pungkasnya.    


Zerre Pendekar Ufuk Timur
ki-ka: Yudas Alep Itlay, Aisyah Aqillah, Aditya Zoni (dok. pribadi)

Hadir juga dalam peluncuran cuplikan resmi, Produser Ditha Samantha, dan Yuanita Ardistia, serta segenap pemeran Yudas Alep Itlay, Aditya Zoni, Aisyah Aqilah, Emil Kusumo, dan Rinda Nurhuda. Tampak juga pengisi original soundtrack para personil band DRIVE. Film Zerre Pendekar Ufuk Timur juga diramaikan aktor Yama Carlos, dan Verdi Solaiman.   

Kehadiran film-film baru, dan dibuka kembali bioskop menjadi geliat positif dinamika industri film nasional. Semoga kian tangguh berdaptasi di tengah tantangan terkini. Para penikmat film juga dapat kembali merasakan pengalaman sinematisnya. Tetap konsisten terapkan protokol kesehatan, dan vaksinasi lengkap. Mari kita sukseskan PON XX Papua 2021. Salam olahraga!     


Komentar