Garfield vs Heathcliff, Yang Santuy Disenggol Yang Nakal

 

heathcliff or garfield? you decide

Rekan pembaca tentu tahu Garfield. Kucing oyen karakter utama di komik strip besutan Jim Davis ini wara-wiri di jagad kultur pop sejak 1978.


Heathcliff Lahir Duluan 

Walhasil, kucing gembul ini menjadi ikon budaya pop dengan penjualan laris merchandise, pemutaran acara televisi, hingga film layar lebar. Garfield dikenal dengan kegemarannya makan lasagna hidangan Italia, dan hobi tidur siang. Juga, tentu saja, yang paling khas dari Garfield, apalagi kalau bukan selera humor yang sarkastik. Jon Arbuckle, tuannya, kerap jadi sasaran ejekannya yang diekspresikan, kalau di komik, lewat balon suara hati. Dalam serial kartun, Garfield ditampilkan bergumam dalam hati.    

Sebagian besar dari kita familiar dengan Gafield, tapi bagaimana dengan Heathcliff? Tunggu dulu. Garfield boleh jadi lebih dikenal, padahal Heathcliff lahir lebih dulu. Yang menarik, Heathcliff lebih dikenal anak-anak yang besar di era 80-90an yang hobi nonton kartun di stasiun televisi swasta RCTI tiap ahad pagi. 


heatcliff the cat bersama kreator george gately

Heathcliff adalah kucing oranye dari komik yang dibuat George Gately pada 1973. Sama dengan Garfield, komik strip Heathcliff diadaptasi menjadi serial TV dan film. Heathcliff dikenal dengan karakter yang nakal dan (juga) sarkastik, serta kegemarannya makan ikan. Dia tinggal bersama keluarga manusia; Nutmegs, dan sering mendapat masalah dengan musuh bebuyutan; Spike the Bulldog. Ia juga memiliki rival kucing gangster Riff-Raff.  Heathcliff menjadi karakter yang juga digemari di budaya populer dan menginspirasi merchandise, termasuk mainan, pakaian, dan buku. 

Baik Garfield maupun Heathcliff sama-sama karakter kucing oyen dari komik populer. Namun, keduanya memiliki beberapa perbedaan yang menonjol. Garfield kucing tambun dan pemalas yang suka makan lasagna, tidur, dan berkomentar sarkastik. Heathcliff, di sisi lain, adalah kucing gempal tapi gesit yang dikenal karena perilaku nakal dan suka mencuri ikan. 

Garfield dan Heathcliff sama-sama kucing di komik yang populer, namun memiliki kepribadian dan gaya yang berbeda. Karakter Garfield lebih santai meski berbahasa sarkastik yang lumayan kompleks. Sedangkan Heathcliff lebih energik dan nakal dengan komunikasi yang sederhana. Garfield menampilkan keseharian kucing yang egois demi memuaskan keinginan. Kucing yang lebih suka makanan manusia ketimbang makanan kucing. Sedangkan cerita Heathcliff acapkali menyuguhkan kenakalan yang menyebabkan ia terjebak dalam masalah atau kehebohan.  

odie dan garfield bersama kreator jim davis

  

Garfield Lebih Terkenal   

Dalam hal popularitas, Garfield lebih sukses secara komersial, di mana banyak kerjasama properti media, dari film, permainan video, seri televisi, permainan, situs, hingga sastra. Sebagai karakter kartun, Garfield tetap populer dan masih memiliki banyak penggemar di seluruh dunia. Karakter ini muncul dalam film dan program televisi yang masih mendapat perhatian. 

Pencapaian ini berkat kesinambungan usaha Paws Incorporated. Paws Inc. merupakan studio komik Amerika dan perusahaan produksi yang didirikan Jim Davis untuk mendukung komik strip Garfield dan lisensinya. Selain itu, dengan peningkatan kesadaran akan masalah kesehatan hewan peliharaan, pesan tentang merawat kucing dengan baik yang diusung Garfield tetap relevan hingga saat ini. 

Memiliki basis fans masing-masing, opini warganet pun terbelah, sampai menghadapkan keduanya dalam ring adu. Menurut penulis, kalau Garfield dan Heathcliff dipasang head to head, saling berhadapan bak petarung Mixed Martial Arts (MMA), sohib Odie ini justru bakal jadi bulan-bulanan Heathcliff yang sradak-sruduk.  

Pada akhirnya, pilihan antara Garfield dan Heathcliff tergantung pada selera pribadi. Kedua kucing oranye ini memiliki basis penggemar setia yang menikmati kejenakaan masing-masing. Sebagai karakter kartun, kucing Heathcliff masih memiliki penggemar dan keberadaannya masih dikenal. Namun, relevansi dari kucing Heathcliff sebagai karakter kartun mungkin bisa dilihat dari pandangan generasi yang berbeda. Misal, penulis lebih merasa nostalgis kalau ngobrolin Heathcliff. Kenangan saya melambung ke suasana di minggu pagi, masih leyeh-leyeh di depan televisi, sarapan nasi uduk sambil nonton Heathcliff menjelang tayangan Satria Baja Hitam. 

Bagi rekan pembaca yang ingin bernostalgia, Anda bisa meluncur ke lokapasar (marketplace) untuk mendapatkan komik Garfield dan komik Heathcliff yang tergolong terbitan langka ini. Buruan koleksi sebelum stok habis!