“Into the Wild”, Bukunya Laris, Filmnya Dramatis

film into the wild sutradara sean penn

Christopher McCandless, seorang pemuda Amerika yang menukar kehidupan nyaman demi perjalanan ke alam liar. Sebagian menganggapnya inspiratif. Sebagian menganggapnya ceroboh. 


Siapakah Christopher McCandless? 

Christopher McCandless adalah seorang pemuda asal California yang lahir pada 1968 dan tumbuh dalam keluarga kaya. Ayah Chris, Samuel Walter “Walt” McCandless merupakan figur penting di NASA. Dia adalah seorang ilmuwan roket, dan pengusaha sukses didukung sang istri; Billie. Chris memiliki saudara perempuan bernama Carine McCandless. 

Namun Walt dan Billie bercerai ketika Chris dan saudarinya masih kecil. Billie membesarkan kedua anaknya seorang diri. Chris dekat dengan ibunya, dan sangat terpukul oleh ayahnya yang memiliki keluarga kedua. Hubungan Chris kurang baik dengan ayahnya, yang menurutnya sangat otoriter. 

Chris kuliah di Universitas Emory di Atlanta, Georgia, dan lulus memuaskan pada 1990 meraih gelar di bidang sejarah dan antropologi. Terlepas dari prestasinya, Chris kecewa dan merasa terasing dari masyarakat dan budaya materialistis. Setelah lulus, alih-alih mengejar karir, Chris memutuskan kontak dengan keluarganya untuk memulai perjalanan penemuan jati diri. Sebelum terjun ke alam liar, Chris memberikan uang tabungannya ke organisasi amal Oxfam. 


foto pemuda meninggal tragis into the wild
salahsatu foto yang dicetak dari kamera yang ditemukan dekat jasad Chris

 

Jejak-Jejak Chris McCandless 

Adalah pendaki gunung dan jurnalis Jon Krakauer yang tertarik mengangkat kisah Chris McCandless dalam buku laris "Into the Wild" yang terbit pada 1996. Into the Wild berhasil memotret perjalanan dramatis Chris McCandless hingga menembus belantara Alaska. Krakauer melihat dirinya dalam Chris yang sama-sama memiliki keinginan melepaskan diri dari batasan masyarakat modern. 

Krakauer pernah mencoba mendaki puncak yang ekstrem di Alaska, hingga nyaris menjumpai maut. Yang paling terkenal adalah pengalaman dia lolos dari bengisnya Gunung Everest Himalalaya yang dituangkan secara apik dalam buku “IntoThin Air” (1997). 

Pada April 1992, setelah beberapa kali singgah dan bekerja serabutan, Chris bergerak ke Alaska, dan mulai hidup di alam liar. Dia menghabiskan beberapa bulan tinggal dalam bus terbengkalai di the Denali National Park and Preserve. Ia bertahan hidup hanya dengan sedikit beras dan buah-buahan beri. Namun, setelah rentetan kemunduran, terutama kegagalan mempersiapkan diri dengan baik untuk musim dingin Alaska yang keras, dia terdampar dan meninggal karena kelaparan. 

Kisah Chris McCandless mendecakkan kekaguman sekaligus menuai masygul. Sebagian melihatnya sebagai jiwa pemberani dan petualang yang berusaha melepaskan diri dari jebakan materialisme, dan menemukan makna hidup. Yang lain menganggap dia naif dan terlalu percaya diri, mengabaikan perbekalan, hingga meremehkan kerasnya padang gurun Alaska. Terlepas dari perspektif orang, Into the Wild menjadi buku modern classic yang selalu relevan. 

jon krakauer into thin air buku gunung everest
Jon Krakauer diwawancara usai selamat dari musibah Everest
 

Gaya Tulisan Jon Krakauer 

Jon Krakauer menulis buku "Into the Wild" dalam gaya jurnalistik, diambil dari penelitian ekstensif, catatan harian, dan wawancara panjang dengan orang-orang yang mengenal Christopher McCandless. Ia juga menelusuri kembali perjalanan ke Alaska. Buku Into The Wild menyelami motivasi dan pola pikir McCandless, serta tekanan masyarakat dan kondisi keluarga yang mungkin memengaruhi keputusan Chris berkelana. 

Krakauer juga menggunakan berbagai teknik sastra, seperti foreshadowing dan kilas balik, untuk menciptakan keresahan dan ketegangan dalam buku. Salahsatunya di momen terakhir Chris sendirian dalam bus, kedinginan dan kelaparan di tengah badai salju Alaska hingga mengembuskan nafas terakhir.

"Into the Wild" juga sangat introspektif, karena Krakauer merefleksikan dirinya dalam kisah Chris. Buku ini didasarkan pada pengalaman Krakauer sebagai pendaki gunung dan petualang merangkai kisah McCandless. Walhasil, Into the Wild bukan sekadar biografi dan obituari, tapi juga eksplorasi hasrat anak manusia berpetualang dan pencarian makna hidup. Emile Hirsch memerankan Chris di film Into The Wild (2007) dengan sutradara Sean Penn.

Secara keseluruhan, tulisan Krakauer dalam buku Into the Wild menarik pembaca seolah mengalami keindahan dan bahaya alam liar Alaska bersama Chris McCandless. Penasaran ingin membaca buku Into the Wild? Segera meluncur ke Tokopedia dan dapatkan buku langka ini. Ayo gercep sebelum kehabisan. Berangkaaats!


Komentar