Skip to main content

Featured Post

Ordering Food is Like Choosing Netflix Show

Every company has this same question they asked themselves everyday: How can we provide the most unique offering to our costumers? How can we win our cuctomers’ mind and heart? The type of question Grab also have. The Singaporean transportation network company has been expanding in Indonesia eversince it’s appearance in 2014. 

Belajar Bikin Video di Kota Wisata Cibubur

hunian modern kota wisata cibubur

Demi menguak rahasia optimalisasi konten di youtube, kami berlima, Agung Han, Dede Ruslan, Amalia Subarkah, dan Nurul Huda alias Ki Demang dan Aan sepakat bepergian bersama menuju tempat acara yakni di Kota Wisata Cibubur di hari ahad. Di sana akan ada pembicara Achmad Takbiriyantoro yang lebih dikenal lewat kanal youtube: inimasabi.      



Workshop Video Vlog 

Ki Demang, si empunya mobil dan sang pengendali kemudi, bersama ketiga kawan blogger menjemput saya di dekat gerbang tol Veteran. Saya sudah di titik temu sekitar pukul 06.30 WIB. Tak menunggu lama, 15 menit kemudian, mereka muncul dari arah Bintaro. Pintu dibuka dan saya langsung naik dengan suka cita.   

Perjalanan pagi itu cukup lengang. Dari Tol Veteran kami bergabung ke Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta/ Jalan TB Simatupang/ Tol Pondok Pinang-TMII, ambil jalan keluar menuju Jagorawi/ Lingkar Dalam/ Cawang, lalu keluar mengarah ke Cibubur/ Cikeas/ Cileungsi, kemudian melewati Jalan Buperta, ambil Jalan Alternatif Cibubur hingga bertemu gerbang Kota Wisata. 

Kami sampai di Kantor Pemasaran Kota Wisata Cibubur, lokasi acara gathering, sekitar pukul 07.30 WIB. Belum banyak rekan narablog yang datang. Kami baru melihat Rahab Ganedra alias Bos Madyang yang duduk asyik mengutik ponsel di dalam ruang acara, di antara maket-maket tipe rumah yang berselubung kotak kaca.

Sambil menunggu acara dimulai, kami manfaatkan waktu menjelajahi tiap sudut fasilitas olahraga, sport center Kota Wisata Cibubur yang bersebelahan dengan kantor pemasaran itu. Melegakan rasanya masih mendapati suasana di area hijau nan rimbun, dan menyaksikan aktivitas orang-orang yang semangat menjaga kebugaran tubuh.   
  
Tepat pukul 09.00 WIB acara dimulai. Usai Person in Charge “Blogger & Vlogger Gathering” Bang Harris Maulana membuka acara, inimasabi muncul menyapa dengan intonasi khasnya di hadapan 60 peserta workshop yang terdiri dari influencer, buzzer, blogger, dan vlogger se-Jabodetabek.  



Footage, music, title

Inimasabi sampaikan pembuatan video mulai dari pra produksi, produksi, dan post produksi. Tahapannya memang panjang. Namun vlogger yang tergabung dalam Youtube Creators for Change ini meringkas langkah untuk kita maksimalkan kualitasnya. 

Menurut masabi, membuat video yang bagus tidak cukup hanya mengandalkan proses syuting, tapi juga proses pra dan post editing maka, kita perlu memperhatikan footage, music scoring, thumbnail and title, dan perintilannya.

Mengenai footage, lebih baik kita mengambil sendiri video yang akan jadi konten. Jangan ambil potongan video sumber lain yang berisiko kena strike hak cipta (copyright) atau malah dipaksa turun (take down) oleh youtube akibat melanggar hak intelektual.

Orientasi video yang umum dipilih untuk youtube adalah lanskap 16:9. Jika tidak punya tripod, stabilizer atau bahkan gimbal untuk pengambilan gambar stabil, masabi sarankan teknik ‘ninja walk’. Apa tuh?

Seperti namanya, ninja walk adalah cara pengambilan gambar berjalan dengan kaki jinjit seperti ninja. Adapun posisi kamera atau hape sejajar dengan bahu. Cara demikian akan menghasilkan video yang lebih stabil ketimbang lewat cara berjalan biasa.

Lanjut ke musik latar, masabi ceritakan salahsatu video dia soal ulasan hotel di Yogyakarta kena strike hak cipta untuk background music. Video masih boleh tayang tapi tidak bisa dimonetasi. 

Solusinya kita bisa mengganti dengan musik free copyright dari Youtube tanpa harus diunggah ulang. Tapi kalau suara narator sudah bercampur dengan musik, mau tak mau harus re-upload.

Perhatikan juga lokasi syuting, karena kerapkali video bisa kena strike dari suara, lagu, atau musik di tempat sekitar yang terekam di video. Masabi sarankan untuk menghindari rekam di mal, atau tempat yang memperdengarkan musik. Kalaupun harus merekam di tempat dengan kondisi demikian, lebih aman kita lakukan voice over dan mute suara bawaan.

Video ideal adalah kualitas visual dan audio sama bagusnya. Namun jika tidak bisa memenuhi kriteria tersebut, masabi sarankan optimalkan kualitas suara. Maka perlu memperhatikan kelengkapan mikropon dan voice recorder.     

Beralih soal keluku (thumbnail), pada 2017 ada video yang sempat trending berjudul “upil naruto”. Video berdurasi 15 detik itu berisi “testimoni” seorang perempuan yang belakangan diketahui adalah seorang artis Nindy Ayunda. Father of Youtube Dedy Corbuzier sampai berkomentar: ‘Jadi ini intinya opo toh’, mewakili penasaran warganet kenapa video remeh temeh tersebut bisa trending

Masabi sebutkan rahasianya ada di thumbnail yang menarik perhatian, yakni gambar seorang perempuan cantik berdaster dengan judul yang ajaib memikat orang untuk klik videonya.

Olah thumbnail dan title cukup ampuh untuk video memperoleh jangkauan (exposure). Gunakan gambar terbaik bukan dari tangkapan layar video (screenshoot). Di video-video ulasan hotel kapsul, masabi kombinasikan thumbnail yang ekspresif dan title menarik. Kerap kali ia juga menyematkan judul yang hiperbola. Contoh: “Telor Gulung Pedes Mampus Terenakkkk se Jabodetabek”. Padahal soal rasa itu relatif. 

Jadi ini sama saja clickbait, dong? Tunggu dulu, clickbait itu tidak salah selama tidak misleading, kata masabi. Kita kerapkali temukan antara thumbnail dengan isi video tidak sesuai ekspektasi. Misal, di thumbnai salahsatu video ada perempuan seksi. Ternyata begitu diklik dan nonton awal hingga akhir, kita tidak menemukannya di video tersebut.
      
Last but not least; printilan. Jika semua langkah ini sudah ditempuh, selanjutnya kita bisa gunakan toolkit untuk mengelola detil-detil kelengkapan untuk kualitas konten video kita seperti Tube Buddy, dan VidIQ.  


Fasilitas Utama 

Selanjutnya, kita praktek! Karena event berlokasi di salah satu perintis kawasan hunian modern, kita dipersilahkan mengeksplorasi pemukiman yang dikembangkan Sinarmas Land ini. 

Kami pun segera diantar melihat-lihat rumah contoh untuk klaster terbaru Kota Wisata Cibubur yang sedang dibangun yakni Nashville yang baru diluncurkan pada September tahun lalu. Lokasinya klaster gaya estetika tropis modern ini terletak paling depan dari Kawasan New CBD Kota Wisata.    

Jika rekan-rekan familiar, nama cluster diambil dari nama kota-kota terkenal di dunia. Sebut saja Kyoto, Paris, Amsterdam, Toronto, Montreal, Seattle. Ada juga New America, Neo Virginia, Nebraska, Bellwood, New Visalla dan masih banyak lagi. Tidak hanya namanya, suasana dan gaya bangunan juga merefleksikan pesona kawasan terkenal dari lima benua itu.

Sales and Promotion Kota Wisata Cibubur, Ibu Liana, tuturkan, Kota Wisata sudah diluncurkan sejak 1996 dan mulai membangun pada 1997. Maka tak heran jika kawasan pemukiman modern ini sudah memiliki kurang lebih 41 klaster untuk area hunian (residential) dan 6 area ruko.

Dengan total luas area 700 hektar dan baru digunakan sekitar 380 hektar, membuat Kota Wisata Cibubur masih akan mengalami pengembangan yang lebih lengkap lagi. Satu cluster mempunyai sekitar 150 sampai 180 unit.

Kota Wisata Cibubur sudah menyediakan fasilitas-fasilitas utama yang dibutuhkan para penghuni, mencakup pendidikan kesehatan, sarana ibadah dan pusat-pusat kegiatan ekonomi. 

Untuk pendidikan ada sekolah BPK Penabur, Sekolah Islam Fajar Hidayah, Sekolah Katolik Bunda Hati Kudus dan Sekolah Islam Al-Azhar. Dari cluster Nashville, Fajar Hidayah bisa dicapai hanya sekitar 18 menitan saja. Sekolah Islam Terpadu ini berlokasi di Jalan Boulevard Utama, Perumahan Kota Wisata, Ciangsana.     

Dalam waktu dekat ini, Eka Hospital sudah akan resmi dibuka melengkapi fasilitas layanan kesehatan. Fasilitas rumah ibadah juga lengkap tersedia termasuk Masjid Darussalam Kota Wisata Cibubur. Bahkan untuk pasar modern, Kota Wisata Cibubur merupakan satu-satunya kawasan hunian di daerah Cibubur yang mempunyai fresh market. Di Kota Wisata juga terdapat Supermarket Hero.

Pasar modern berada di pusat bisnis bernama Town Center. Di area fasilitas komersial seluas 80 hektar ini juga berdiri ratusan ruko, dengan lebih dari 200 kios, 78 ruko di dalam, dan 40 ruko di sebelah pasar. Bagi yang gemar wisata kuliner, Kota Wisata semarak tenda-tenda makan di malam hari.



Nashville 

Kami berkesempatan melihat rumah contoh cluster Nashville tipe 129. Suasana homy langsung terasa saat kami membuka pintu rumah. Daun pintu utama berbahan solid panel atau fullcore engineering door ini berwarna cokelat tua yang berkesan teduh. Tak sabar kami mulai menjelajahi rumah dengan luas bangunan 129 dan luas tanah  

Saya langsung jatuh cinta dengan desain simpel memaksimalkan tiap sudut ruang yang ada. Tepat di samping kiri, dekat pintu masuk, tergantung lukisan gaya natural minimalis di dinding batu bata yang diplester dan aci. Dinding memiliki warna tosca. Adapun sebagian  dinding berwarna putih susu, kesemuanya dengan finishing wall paint Jotun atau Mowilex.

Lukisan tema sepanjang jalan kenangan diapit pohon-pohon rindang dan bangku taman menimbulkan ide kala kita baru sampai dari kantor. Sambil duduk di sofa melepas sepatu seraya berniat dalam hati, besok minggu kumau olahraga lari pagi bersama istri dan anak-anak.    

Beralih ke ruang tengah, kita sudah dihadapkan dengan meja makan di sebelah kanan yang menyiratkan banyak hal menarik. Bagi anggota keluarga, waktu makan adalah momen santai sambil  berbagi cerita ayah, ibu, dan anak-anak. Seharian kita boleh berpisah, tapi bersaksi akan bersua kembali menikmati hidangan bersama.       

Berjalan di atas lantai utama homogenous tile, kami mengunjungi kamar tidur pertama dan melihat kamar mandi yang memiliki bodi keramik American Standard atau Setara. lAnjut meniti anak tangga kami melihat-lihat dua kamar tidur dan dua kamar mandi. Untuk sarana air yang tersedia adalah PDAM dengan opsi sambungan listrik berdaya 2200 - 3500 – 4400 VA.   

Akses Mudah

Banyak jalan menuju Roma. Ungkapan ini mungkin juga tepat disematkan di Kota Wisata Cibubur, mengingat lokasinya yang strategis hingga dapat dicapai dari berbagai pintu.   

Kota Wisata Cibubur bisa diakses di Tol Jagorawi, dari arah Tanjung Priok atau Grogol-Cawang, dengan exit toll km 13 Cibubur menuju ke Jalan Transyogi, di mana kondisi sekarang sedang ada pembangun flyover Tol Cimanggis-Cibitung.

Ke depan, Tol Cimanggis-Cibitung akan memiliki gerbang tol 1, di mana in and out-nya di dalam Kota Wisata. Jadi, nanti dari Tol Jagorawi tidak lagi keluar di Cibubur seperti sekarang, tapi dari exit toll Cimanggis, tol langsung dan keluar di Kota Wisata. Sedangkan gerbang tol 2 di daerah dekat Narogong.

Rencananya, Tol Cimangis-Cibitung mengarah ke Kota Wisata akan beroperasi di pertengahan 2020. Untuk kondisi saat ini, akses dari Transyogi, berjarak kurang lebih 6 kilometer dari gerbang tol keluar Cibubur dan masuk ke area Kota Wisata.

Kota Wisata juga bisa diakses via Tol Bekasi Barat, menuju Jalan Tol Jakarta- Bekasi Timur/ Jalan Raya Pantura/ Jalan Tol Jakarta - Cikampek lalu ambil jalan keluar ke Jati Asih, mengarah ke Jati Warna/ Kranggan/ Cilangkap, ikuti ke arah Kranggan, belok kiri ke Jalan Alternatif Cibubur, dan sekitar 80 meter, Kota Wisata Cibubur terlihat tepat di sebelah kiri. Jika diakses lewat Tol Bekasi Timur, keluar di Jalan Raya Narogong menuju Jalan Alternatif Cibubur mengarah area Kota Wisata.

Sejak 2005, Kota Wisata Cibubur telah memfasilitasi penghuni dengan feeder busway yang melayani warga Kota Wisata menuju dan dari pusat Jakarta. Kota Wisata Cibubur juga menyediakan transportasi ke Bandara Sukarno-Hatta. Apalagi kini makin mudah dengan kehadiran Layanan Bus Jabodetabek Residence (JR Connection) yang melayani rute perumahan-perumahan dari Bekasi, Bogor, Depok, Cibubur, Serpong, Tangerang menuju Jakarta.  

Perkembangan terkini, akses Lintas Rel Terpadu (LRT) Cibubur – Cawang – Dukuh Atas akan segera tersambung. Rute ini akan menghubungkan Jakarta hingga ke Cibubur pada Stasiun Harjamukti.

Sebelum berangkat kerja, hal pertama yang kita lakukan adalah mengecup kening orang-orang tercinta. Sampai bertemu kembali saat pulang kerja nanti. begitu sampai, Leganya. Hal pertama yang kita lakukan pun memeluk erat yang tersayang. Serasa lepas seketika penat seharian tadi. Begitu berharga momen kebersamaan.  

Maka lokasi merupakan salahsatu pertimbangan utama memilih rumah, ketika kami tanya beberapa kawan. Pangkas durasi perjalanan yang tak perlu untuk produktivitas kerja. Agar nanti pulang bisa manfaatkan banyak waktu bersama keluarga. 

Turut menyaksikan kawasan pemukiman modern yang hingga saat ini terus mengembangkan dan melengkapi, saya jadi ingat narasi lugas Sinarmas Land: 


Membangun tak sekadar bangunan dengan pintu dan jendela, sejatinya reputasi yang dibangun atas kepercayaan dan integritas. Membangun rumah yang bukan sekadar hunian. Membangun kehidupan yang berkelanjutan lewat teknologi dan inovasi. Membangun kualitas hidup demi generasi mendatang. Membangun bisnis, pertumbuhan dan kemakmuran. Membangun  pola pikir dan gagasan. Membangun komunitas, kehidupan, dan cita-cita. 


Yang kesemua komitmen tersebut bermuara kepada pencapaian paripurna Sinarmas Land menjadi perusahaan pengembang properti terbesar paling terkemuka di kawasan Asia Tenggara.           

Comments