Badan Bahasa Luncurkan Halo Bahasa

super app badan bahasa halo bahasa

  

Rekan pembaca, interaksi kita dengan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa makin mudah dengan kehadiran aplikasi Halo Bahasa. Kini kita bisa kapan dan di mana saja mengakses beragam konten lengkap Badan Bahasa dari gawai.   


Sudah Termasuk KBBI

Pada Senin, 21 Februari 2022, pukul 10.00 WIB, aplikasi Halo Bahasa resmi diluncurkan melalui kanal YouTube Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. Untuk meningkatkan kualitas layanan dan perluasan jangkauan layanan Badan Bahasa, model pemasyarakatan produk dan layanan yang lebih inovatif adalah keniscayaan. Kehadiran aplikasi super Halo Bahasa mempermudah masyarakat yang ingin mengakses produk-produk kebahasaan.

Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Prof. E. Aminudin Aziz, MA menyampaikan, semua produk dan layanan kebahasaan sudah terintegrasi dalam satu super app Halo Bahasa. Begitu mendapat kabar peluncuran super app ini, penulis langsung beranjak ke Playstore untuk mengunduhnya. Jadi apa saja sih fitur-fitur menariknya? Yuk, kita kulik bersama.  

Sekarang  kita tidak perlu menginstal aplikasi Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), karena portal menuju KBBI sudah disambungkan ke Halo Bahasa. Produk kebahasaan lain yang juga tersedia di Halo Bahasa yaitu Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI), Tesaurus Tematis Bahasa Indonesia, Ensiklopedia, Data Pokok Kebahasaan dan Sastra, BIPA Daring, serta Buku Digital dan Buku Audio.

Tersedia pula gateway menuju akun media sosial resmi Badan Bahasa di Instagram, Facebook, dan Twitter. Namun, beberapa fitur belum tersedia yakni Senarai Padanan Istilah Asing Indonesia (SPAI), dan Koin. Apakah Koin bakal menjadi favorit pengguna setia yang mengumpulkan poin untuk ditukar hadiah menarik? Betul. Itu harapan saya juga.  

 

badan bahasa luncurkan super app halo bahasa produk kebahasaan

Fitur Lapor Bahasa 

Selain produk kebahasaan, ada beberapa fitur yang menarik perhatian penulis yaitu share kegiatan publik oleh pengguna, konsultasi kebahasaan, dan pelaporan penggunaan bahasa yang tidak sesuai peraturan perundang-undangan. 

“Dengan mengeklik fitur lapor, kesalahan berbahasa yang dilakukan lembaga Pemerintah atau Swasta dapat ditulis dan diunggah oleh Sahabat Bahasa, dan akan kami tindaklanjuti sesuai prosedur yang sudah ditetapkan, “ tegas Kepala Badan Bahasa.     

Seperti apa keefektifan kanal pelaporan, penulis belum tahu apakah pelaporan akan terpampang secara publik. Pasalnya, fitur Lapor Bahasa ini juga disematkan di lini masa bersama info Kegiatan. Fitur “Aktivitas di sekitar Anda” juga memungkinkan rupa-rupa informasi kegiatan umum yang dibagi pengguna terlihat di sana di samping agenda-agenda Badan Bahasa. 

Kehadiran Halo Bahasa juga bermanfaat bagi rekan pembaca supaya tidak ketinggalan informasi seminar atau webinar Badan Bahasa. Sebelumnya, kita harus mencari-cari info kegiatan dari situs, kini kita sudah bisa mengaksesnya dari aplikasi. Aplikasi ini menjadi sarana berbagi kegiatan/program kebahasaan dan kesastraan serta sarana publikasi kegiatan, layanan, dan produk Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. 

Pak Aminudin berharap, dengan aplikasi Halo Bahasa, kita akan saling terhubung dalam semangat mengutamakan bahasa negara. Saat ini, Aplikasi Halo Bahasa baru bisa diunduh dan diakses dengan sistem Android. Dalam waktu dekat, Halo Bahasa sudah akan bisa diakses dengan sistem IOS.



Komentar