Webinar ICMI Pusat, Cendekiawan Turut Benahi Sistem Politik Indonesia

 

Wakil Ketua Umum ICMI Bidang Hubungan Internasional, Politik, Hukum, dan HAM Andi Anzhar Cakra Wijaya


Mau tidak mau. Suka tidak suka. Kita harus memahami politik. Supaya tiap individu memiliki peran kuat dalam menentukan pemimpin-pemimpin kompeten yang mampu membawa bangsa Indonesia ke depan lebih baik.   


Sistem Politik Yang Kapitalistik

Hal tesebut disampaikan Wakil Ketua Umum ICMI Bidang Hubungan Internasional, Politik, Hukum, dan HAM Andi Anzhar Cakra Wijaya dalam Webinar Nasional Majelis Pengurus Pusat ICMI Bidang Hubungan Internasional, Politik, Hukum dan HAM “Dinamika Koalisi Pilpres 2024”, Jumat 11 Agustus 2023. 

“Kita perlu sama-sama memahami. Mau tidak mau, suka tidak suka, kita harus belajar  politik. Karena, jangan sampai politik dikuasai orang-orang yang kurang berkompeten yang membawa bangsa ini ke depan menjadi terpuruk,” tandas Waketum ICMI Andi Anzhar Cakra Wijaya.   

Lebih lanjut, Andi Anzhar menuturkan, akar masalah kehidupan demokrasi di Indonesia adalah sistem politik yang belum menyentuh ke semua lini. Para caleg yang ada, semua berbicara masalah uangBanyak orang yang ingin mencalonkan diri berpikir bagaimana punya uang dulu baru nyaleg. Tentu ini membatasi kebebasan berpendapat dan mengkritik, karena semua dibatasi dana. Sistem politik yang kapitalistik ini yang perlu bersama kita ubah.

Makanya, secara pribadi, Andi Anzhar mengaku termasuk pihak yang mendukung sistem pemilu proporsional tertutup. Supaya partai politik punya tanggung jawab terhadap kualitas dan kompetensi kader-kadernya.   

Makanya kemarin saya mendukung sistem proporsional tertutup. Kenapa? Karena parpol tidak punya tanggung jawab terhadap kader-kader yang dijadikan anggota DPR. Kader yang punya uang, itulah yang jadi,” pungkas Andi Anzhar.   

Webinar Nasional Majelis Pengurus Pusat ICMI Bidang Hubungan Internasional, Politik, Hukum dan HAM menghadirkan Ketua Dewan Penasihat ICMI Pusat Jimly Asshiddiqie sebagai pembicara kunci (keynote speaker). 

Adapun para pembicara webinar antara lain: Koordinator Komisi Politik dan Kenegaraan Dewan Pakar ICMI Pusat Yuddy Chrisnandi, Wakil Ketua Dewan Pakar ICMI Pusat Didin S. Damanhuri, Ketua Koordinasi Politik Majelis Pengurus Pusat ICMI Lili Romli, dan Wakil Ketua Departemen Kajian Politik Majelis Pengurus Pusat ICMI Fajar Nursahid. Webinar Nasional ICMI Pusat Bidang Hubungan Internasional, Politik, Hukum dan HAM dimoderatori Wakil Sekretaris Jenderal ICMI Hairul Hidayat.