Pelancong Indonesia Andalan, Tourism Malaysia Roadshow ke Balikpapan, Jakarta, dan Medan

 

PETRONAS GRAND PRIX OF MALAYSIA 2023

Rekan pembaca, kapan kembali kita mampir ke Malaysia? Pasca pandemi. Sektor pariwisata di negeri jiran makin menggeliat, seiring peningkatan layanan menuju ke berbagai destinasi favorit. Di antaranya, layanan dari para agen perjalanan.    


Terbanyak Kedua Setelah Singapura  

Banyak pilihan destinasi ciamik di Malaysia. Sebut saja Petronas Twin Tower, Batu Caves, Langkawi Sky Bridge, Melaka History City, Legoland Malaysia, dan masih banyak lagi. Oh iya, apa kabar perkembangan Gedung Merdeka 118? Gedung tertinggi kedua di dunia setelah Burj Khalifa Dubai. Penasaran dong ingin menjadi salahsatu dari wisman pertama yang  mengunjunginya.   

Wisatawan Indonesia yang berkunjung ke Malaysia menjadi terbanyak kedua setelah Singapura. Hal ini menjadikan Indonesia andalan bagi sektor pariwisata MalaysiaDirektur Tourism Malaysia Jakarta Junus Suhid beberkan faktanya.    

“Pada tahun lalu, Malaysia menerima 1,481 juta wisatawan indonesia. Angka ini yang terbesar kedua selepas Singapura,” tandasnya dalam Press Conference  Tourism Malaysia Roadshow Malaysia to Indonesia: Balikpapan - Jakarta - Medan, Rabu 02 Agustus 2023, Hotel JW Mariott, Kuningan, Jakarta.   

Posisi ini tampak konsisten dengan kedatangan 704.147 wisatawan Indonesia yang tercatat pada periode Januari – Maret tahun ini. Pak Junus tegaskan, Indonesia akan selalu menjadi salah satu pasar penting bagi sektor pariwisata di Malaysia. Untuk itu, diharapkan aksesibilitas dan kapasitas penerbangan antar kedua negara tetangga bisa terus  ditingkatkan.  

Dari sisi kapasitas penerbangan, lanjut Pak Junus, rute yang menghubungkan Malaysia dan Jakarta juga terus meningkat. Tercatat di tahun ini, sebanyak 86 ribu tempat duduk per minggu, meningkat dibandingkan sebelum pandemi85 ribu seats. Pak Junus akui, capaian ini juga berkat dukungan segenap maskapai penerbangan yakni Malaysia Airlines, AirAsia, Garuda, Batik Air, City Link, Lion Air dan Trans Nusa.   

Pelancong Indonesia mengunjungi Malaysia untuk beragam motivasi. Selain mengunjungi destinasi liburan, wisatawan Nusantara juga banyak yang melakukan wisata kesehatan di Malaysia. Selain destinasi untuk tamasya dan liburan, Malaysia juga mempromoskan pariwisata perobatan kepada warga Indonesia.  

Pak Junus menuturkan, pada tahun lalu, sebanyak 349 ribu warga Indonesia telah mendapat perawatan dan pengobatan di layanan kesehatan Malaysia. Sebagian besar orang Indonesia menjalani pemeriksaan kesehatan, termasuk perawatan gastroenterologi, kanker, noplasma, dan ginekologi.  

Lalu apalagi yang istimewa? Penggemar sejati MotoGP tentu tak akan melewatkan PETRONAS GRAND PRIX OF MALAYSIA 2023 (10-12 Nov 2023). Marc Marquez dan kawan-kawan bakal saling adu kemampuan di sirkuit internasional Sepang. Para jagoan balap dunia ini boleh piawai di sirkuit lain. Tapi di Sirkuit Sepang yang menantang? Tunggu dulu. Peta kekuatan bakal sulit ditebak, nih. Pengalaman wisata olahraga di Malaysia menjadi makin menarik. Malaysia menargetkan sebanyak 11 ribu wisatawan Indonesia akan menyaksikan momen bersejarah di dunia balap motor kaliber dunia itu. 


Tourism Malaysia Roadshow Malaysia to Indonesia 

Tourism Malaysia Roadshow Malaysia to Indonesia merupakan event kerjasama Tourism Malaysia dengan The Malaysian Association of Tour and Travel Agents (MATTA). Acara sales misson ini mempertemukan sellers dari Malaysia dengan buyers dari Indonesia beserta seluruh ekosistem pariwisata Malaysia-Indonesia. 

Sukses digelar di Balikpapan, Jakarta menjadi kota kedua yang didatangi Tourism Malaysia Roadshow dalam rangkaian agenda tiga kota besar di Indonesia. Sales misson ini dilaksanakan pada 30 Juli hingga 4 Agustus 2023. Perhelatan ini menjadi strategis mempertemukan delegasi dengan para pegiat Industri di Balikpapan, Jakarta dan Medan.  

Tourism Malaysia Roadshow yang digelar di Jakarta ini juga menghadirkan Senior Deputy Director, International Promotion Div. (ASEAN) Muhammad Zaki Talib, Timbalan Ketua Perwakilan Kedutaan Besar Malaysia ke Republik Indonesia Adlan Mohd ShaffieqKetua Umum Association of The Indonesian Tours and Travel Agencies (ASITANunung Rusmiati, VP Inbound & Domestic of MATTA Ganneesh Ramaa, Presiden Asosiasi Travel Agent Indonesia (ASTINDO) Pauline Suharno, dan CEO Sepang International Circuit Azhan Shafriman Hanif.

Bagaimana, sudah ada gambaran mau ke mana aja di Malaysia? Rekan-rekan pembaca bisa mendapatkan penawaran menarik untuk berbagai paket perjalanan ke Malaysia. Yuk, segera meluncur ke situs dan media sosial Association of The Indonesian Tours and Travel Agencies (ASITA), dan Asosiasi Travel Agent Indonesia (ASTINDO). Berangkaaats!


Komentar