Kunjungi Kerabat Selagi Dapat


Berseliweran di grup-grup WhatsApp Keluarga, pamer foto-foto kunjungan ke pemakaman sanak famili menjelang Ramadan dan pasca Iedul Fitri hari perdana, mengingatkan kembali bahwa waktu kita sangatlah terbatas. Kita punya 12 bulan tapi butuh dua momen untuk kunjungan makam yaitu menjelang Ramadan dan saat Iedul Fitri.




Skala Prioritas

Kita perlu mengunjungi kakeknenek orangtua kerabat saudara kita yang telah berpulang. Memasuki ramadan, area pemakaman ramai. Saat Iedul Fitri, yang masuk to-do list urutan pertama adalah maraton dari makam satu ke makam lainnya.  Begitu kuatnya kita mengutamakan, mendatangi, memprioritaskan, hingga kadang mengesampingkan kunjungan ke keluarga yang masih ada di antara kita. Apalagi jika mereka ternyata sedang sakit.  

Ziarah ke makam itu penting, tapi makam tidak pergi ke mana-mana. Kecuali kita berniat memindahkannya, ia masih di lokasi yang sama.  Kita bisa ke sana kapan saja, tak mesti menunggu dua momen tersebut. Tapi mereka yang di antara kita, mereka masih ada, kita pun masih ada. Silaturahim akan lebih nyata, in your face, lebih terasa greget tangan menjabat, terjalin komunikasi dua arah, berbagi informasi, konsolidasi, islah, saling memaafkan, foto bersama, dan manfaat-manfaat lainnya jika kita lebih memprioritaskan kunjungan ke yang masih hidup, mumpung kita pun masih hidup, tanpa harus menunggu 2 momen itu.

“There is times. Even if we are busy, we have time for what matters. And when we focus on what matters, we can build the live we want in the time we've got” ~ Laura Vanderkam

Bicara prioritas, ada video TED Talk menarik dari Laura Vanderkam bertajuk “How to gain control of your free time”. Bahwa tidak ada yang namanya “Tidak Punya Waktu”, "Tidak Sempat" atau “Sibuk”. Yang ada adalah ‘Skala Prioritas’. Pilihan-pilihan yang kita ambil. Kita menganggap satu acara atau kegiatan itu lebih penting sehingga kita lebih memilihnya di antara yang lain. Kita memilah mana yang lebih penting untuk tercipta manajemen waktu yang efektif. Karena dengan jeli memilih acara atau agenda yang lebih pentinglah kita mampu membangun hidup lebih baik. Memaksimalkan sisa waktu.

Bicara waktu dan prioritas, dengan memanfaatkan Youtube Tanpa Kuota dari XL di pukul 1 malam hingga 6 pagi dengan paket XTRA Combo, memungkinkanku memilih video yang menarik ini. Paket juga termasuk bonus kuota Youtube, dan bonus kuota 4G. Fitur menarik lainnya; gratis berlangganan Genflix, Yonder, dan Tribe, serta menelpon ke semua operator hingga 40 menit. Kedatangan itu melegakan pun kehadiran menenangkan lewat suara jernih bersetia sinyal teguh di jaringan 4G, menelpon kerabat kian dekat, obat kangen hingga tangan kita erat menjabat. Informasi lebih lanjut kunjungi www.xl.co.id  

Komentar