Kafe Tema Si Juki di Gramedia

cofi by cozyfield

Lagi konsen pilah buku tetiba perut keroncongan. Atau sontak dilanda kantuk sampai di depan kasir. Butuh kopi segera. Tapi kok ya malas harus turun lantai dan cari jajanan di bawah. Duh, jangan sampai deh ganggu suasana hati rekan pembaca yang sedang semangat-semangatnya. 

Murah Meriah

Tenaang, kini di Toko Gramedia Matraman sudah tersedia kafe ciamik buat kumpul bareng teman-teman. Suasana di pojok dekat jendela nan nyaman dan banyak sudut di kafe itu yang instagramable. Apalagi kafenya punya tema unik yang cocok bagi penggemar komik. Wah, apa tuh?    

COFI, sebuah lini bisnis kuliner dari Group di Retail Publishing (GoRP) Kompas Gramedia berkolaborasi dengan karakter Si Juki menghasilkan: Cofi by Cozyfield: “Cofi x Si Juki”. Kedai kopi tematik pertama di Indonesia yang mengangkat tokoh fiksi populer.

Bagi rekan pembaca yang biasa ke Toko Gramedia mungkin sudah akrab dengan Cozyfield. Kafe ini buka di Gramedia Pondok Indah, Gramedia BSD, dan Gramedia Bintaro. Nah, kalau Cofi adalah saudara Cozyfield yang punya gaya tersediri. Kafe tematik yang perdana menggandeng karakter komik, dalam hal ini Si Juki.

Kalau sudah sebut Si Juki, kurang afdol tanpa mengikutkan jargon khas ‘anti maintream’. Nih tengok saja nama menu spesial di Cofi x Si Juki. Kopi Kaung Berani Kenyang (25k) (es kopi dengan potongan biskuit regal), Dompet Tebel si Juki (50k) (rice bowl chicken saus asam manis, french fries, kopi kaung berani kenyang), dan Dompet Tipis Si Juki (25k) (ramen goreng toping telur, aer minoom).

“Biasanya kita cari menu paket yang murah dan kenyang. Sudah terpuaskan lapar dan dahaga. Makanya kita bikin paket dompet tebel dan tipis Si Juki,” sebut Manajer Cofi Linda Kristinawati dalam Soft Launching Cofi x SI JukiToko Gramedia Matraman, Kamis 24 Oktober 2019.       

Dengan harga menu yang ramah di kantong, kita sudah bisa merasakan suasana kreatif dunia Si Juki dengan mural dan interior apik. Saya saja terpincut desain botol “Aer Minoom” si Juki. Selain meriah dengan karakter Pionicon: Dalang Pelo, Juleha, Vusya, Bedil, dan Tuti, label juga bertulis jenaka “Dari Air Mata Masyarakat Perkotaan”. Haha, gokil. Jadi ingin koleksi.  

Merchandise Edisi Terbatas  

Ngomong-ngomong koleksi, Bagus Syumanjaya dari Elex Media Komputindo Publishing ungkap bocoran seputar tema si Juki yang sedang digandeng Cofi selama 3 bulan.

“Kami sudah siapkan merchandise. Minggu depan sudah available. Tumbler, mug, sekitar 6 sampai 7 merchandise. Spesial cuma ada di Cofi,” bebernya.

Jadi rekan pembaca, selama periode tema Si Juki, Cofi menyediakan pernak-pernik SI Juki dengan stok terbatas alias limited edition. Naluri kolektor saya pun langsung berdenyut kuat seketika. Selain bisa dijumpai di Komik, Juki juga tampil di macam-macam produk tematik yang bisa dikoleksi.


Sebagai toko terbesar dan berlokasi strategis, Gramedia Matraman biasa dikunjungi pelanggan dari berbagai segmentasi usia. Kedai kopi pun jadi pilihan untuk bisa segera santai istirahat usai berbelanja. Selain di Gramedia Matraman Cofi x Si Juki juga hadir di Gedung Kompas Gramedia Palmerah Barat dan Gramedia World Karawang. Cofi x si Juki juga bisa jadi tempat acara istimewa seperti ulang tahun, pesta kelulusan, gathering dan meeting.  

Kreator Si Juki Faza Meonk berharap model kerjasama kolaborasi intellectual property ini dapat turut mendorong petumbuhan industri kreatif di tanah air.   

“Semoga bisa jadi kickstart projek karakter Indonesia dengan pionirnya, Cofi menggaet Juki. Semoga makin banyak kolaborasi sehingga ekonomi kreatif kita makin maju,” pungkas.

Jadi tak perlu tunggu kesempatan ke luar negeri untuk bisa datang ke kafe tematik karakter komik. Di sini juga sudah ada coffee shop dengan tema yang tak kalah seru. Nyok, ah rekan pembaca, kita dukung ekonomi kreatif anak bangsa dan ajak orang-orang tercinta ke Cofi x Si Juki.   

Komentar