Skip to main content

Featured Post

Sepatu Lokal, Tuan Rumah di Negeri Sendiri

Bicara sepatu kets, kita langsung ingat Converse, Nike, atau Adidas. Jenama asal luar negeri ini melekat di benak kita sudah sejak lama. Sehingga nama-nama inilah yang pertama kali menyembul di kepala ketika bahas alas kaki berkualitas tinggi.

Toko Barang Mantan, Cerita Ringan dengan Dialog Berisi







press screening press conference toko barang mantan

Dari judulnya saja sudah memantik penasaran: Toko Barang Mantan. Bakal seperti apa suasana di toko yang menjual segala pernak-pernik mantan pacar. Tempat terakhir pelaku move on mengubur dalam-dalam kenangan melanjutkan hidup.       


CInta Lama Bersemi Kembali

Tristan (Reza Rahadian), cowok temperamental namun kreatif ini membuka Toko Barang Mantan, bersama Amel (Dea Panendra), dan Rio (Iedil Dzuhrie Alaudin) sebagai karyawan toko. Di tengah kehebohan mengelola toko, terutama menghadapi aneka polah para penjual barang mantan, datanglah mantan terindah, Laras (Marsha Timothy). Laras hadir membawa kembali nostalgia menagih utang masa lalu.

Di awal kita disuguhkan tarik ulur kisah cinta lama bersemi kembali. Tristan dan Laras yang saling jaim bikin geregetan, ditimpali cameo yang datang silih berganti mengocok perut. Akting Dea Panendra mencuri perhatian di film yang disutradarai Viva Westi ini. Amel yang periang, jenaka, dan penuh energi positif. Gadis yang kadang manja seperti adik, dan bijak seperti kakak. 


Kelebihan dari setting yang sebagian besar berlokasi di satu tempat, seperti Toko Barang Mantan, adalah cerita bertutur lebih menarik. Penonton bisa menjelajah aspek pendukung di sekitar, misal kios dan gerai lain sebelah toko. Tiap sudut memadukan estetika dengan percakapan yang intens.          

Kapan terakhir para pembaca budiman menonton akting Reza Rahadian di film komedi? Sejak sukses perankan tokoh nasional di biopic fenomenal, Reza menjadi aktor spesialis watak yang sulit dicari tandinganya saat ini. Mengetahui Reza bermain di film komedi romansa, jelas bikin saya penasaran seperti apa karakter yang dia hidupkan untuk tokoh utamanya.

Padahal, seperti layaknya genre rom-com, bawaan film komedi romantis biasanya ringan menampilkan aktor ganteng dan aktris cantik. Tapi ada scene emosional di film keluaran MNC Pictures ini yang membuat saya sempat berujar, hmm boleh juga

Reza mengaku selektif soal memilih peran di film komedi, karena tidak banyak skenario komedi menarik yang disodorkan kepadanya. Tapi tidak untuk film yang menempatkan Lukman Sardi sebagai Produser Eksekutif ini. 

“Menarik banget waktu saya baca pertama kali, justru karena judulnya Toko Barang Mantan, hmm, apa nih? Premisnya juga menarik banget. Saya langsung hooked sama premisnya,” ungkap Reza dalam Press Conference usai Press Screening Toko Barang Mantan, Selasa 11 Februari 2020, XXI Epicentrum, Jakarta.

Reza Rahadian Press Screening Toko Barang Mantan

Toko Barang Mantan merupakan film pertama Reza Rahadian beradu akting dengan Marsha Timothy. Biasanya mereka sering bertemu di pentas teater. Mungkin karena mereka sering bersama di panggung teater, membuat chemistry keduanya terlihat natural. 

Ada momen so sweet, dan gestur menggemaskan dari Marsha Timothy yang melengkapi keserasian keduanya. Dialog yang dekat dengan realita keseharian mengalir on point, tidak berusaha dramatis dan pretensius. Tidak sebatas hubungan kekasih, cerita yang ditulis Titien Wattimena ini bisa relate lebih luas lagi dalam lingkup keluarga. Hal yang dianggap kecil di mata kita kadang merupakan sesuatu yang besar di mata orang-orang tersayang. Jadi bersikaplah lebih peka dan peduli.

Sebenarnya yang kita butuhkan adalah komunikasi yang jujur agar saling memahami satu sama lain. Pesan pamungkas yang kerap menggelayut di kepala setelah keluar dari bioskop adalah, cinta tidak butuh syarat. 

Toko Barang Mantan didukung cast lainnya yang menghibur dan menambah keseruan film, di antaranya Roy Marten, WIdi Mulia, Syifa Hadju, Niken Anjani, Brigitta Cynthia, Mas Cemen, Ibob Tarigan, Martin Anugerah, Laura Theux, Fendy Chow, Stella Cornelia, dan Shareefa Daanish. Toko Barang Mantan tayang serentak mulai 20 Februari 2020 di pawagam tersayang di kotamu.   




Comments