Skip to main content

Featured Post

Ordering Food is Like Choosing Netflix Show

Every company has this same question that is asked by themselves everyday: How can we provide the most unique offering to our costumers? How can we win our cuctomers’ mind and heart? The type of question Grab also have. The Singaporean transportation network company has been expanding in Indonesia eversince it’s appearance in 2014. 

Peluang Bisnis Makanan-Minuman dan Ritel Produk Segar


startup with social impact on farmers

Mimpi petani adalah menembus supermarket. Di sisi lain, kebutuhan bahan baku berkualitas makin meningkat. TaniPreneur menjembatani petani langsung menjual hasilnya ke usaha-usaha yang membutuhkan yakni restoran, gerai jus, buah dan sayuran. Co- Founder TaniHub Michael Jovan mengungkapkan dalam Launching & Workshop of TaniPreneur by TaniHub & TaniFund, Queen's Head, Kemang, Jakarta (21/4/18).

Pangkas Jalur Distribusi

Selama ini rantai pasokan (supply chain) dari petani ke pasar induk atau hypermarket. Kemudian ke usaha-usaha makanan dan minuman atau produk segar, restoran, dan toko jus. Terakhir, barulah sampai ke konsumen. 

Namun lewat TaniPreneur, memungkinkan petani memasok semua jenis komoditas pertanian (buah, sayur, unggas, perikanan, peternakan) ke usaha-usaha terkait. Sehingga  petani bisa menjual dengan harga lebih stabil dan kompetitif. 

“Di TaniPreneur, kita menghubungkan petani langsung ke UKM. Petani yang mimpi besarnya hanya ingin ke supermarket. Harganya bisa lebih bagus lagi karena memangkas satu jalur distribusi,” tutur Michael.

Lebih lanjut Michael menyampaikan. Selain geliatkan petani lokal dan bantu kembangkan UKM, TaniPreneur membuka lebih luas lagi peluang berwirausaha. Seperti diketahui, presentasi jumlah wirausahawan Tanah Air baru menyentuh 3%.

Untuk menggenjotnya, TaniPreneur memiliki tiga program unik. Restopreneur membantu mitra mendirikan atau mengembangkan usaha makanan yang sudah ada. Juicepreneur menawarkan kesempatan mitra bisa memiliki gerai modern jus buah yang menguntungkan. Storepreneur membantu mitra yang ingin memulai atau mengembangkan  toko buah dan sayur.

Ketiga program ini diperkuat dengan segenap keuntungan bagi mitra. Antara lain; suplai berkualitas, fasilitas pembayaran yang bisa dilunasi di hari kedelapan, dan pengiriman gratis dari TaniXpress.

Mitra juga memperoleh pendampingan konsultasi bisnis, dan bantuan pemasaran yang diberikan secara gratis. Melengkapi itu semua, mitra mendapat gratis lisensi merek eksklusif dan resep istimewa dari pakar kuliner dan chef internasional.

TaniPreneur merupakan inisiatif dari TaniHub; Ecommerce Pertanian Indonesia yang mengatasi permasalahan rantai pasokan dan distribusi hasil pertanian. Hadir juga dalam peluncuran yang dilanjutkan workshop, CEO & Co-Founder TaniHub, Ivan Arie Sustiawan, Regional Manager Central Java – TaniHub, Stefanus Tirtana, dan Culinary Expert TaniHub, Chef Seha.    

Comments

  1. Semakin maju dengan adanya tanipreneur dan membantu masyarakat sekitar agar ekonomi semakin baik ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memberi dampak sosial masyarakat khususnya di daerah dan pedesaan ya kak

      Delete
  2. Eh iya ada event TaniPreneur, aku lihat eventnya di eventbrite, tapi lupa daftar kemarin..
    Program kemitraan sangat diperlukan untuk mengembangkan dan memajukan usaha.

    ReplyDelete
  3. Info lengkapnya Tanipreneur di mana ya? Tertarik banget sama program yang storepreneur. Suami saya petani, ayah saya pedagang buah. Zaman serba online gini, kerasa banget efeknya. Kalau nggak ngikutin zaman, KO deh!

    ReplyDelete
  4. Kepengen gabung di TaniPreneur gimana caranya ya? Punya sawah luas tapi hasilnya kurang optimal, siapa tahu bisa berkolaborasi :)

    ReplyDelete
  5. Acara yang keren banget. Bikin para petani buah dan sayur nambah ilmu Dan relasi. Semoga produk yang dihasilkan semakin berkualitas. Dan Pemasarannya pun semakin luas lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul kak, nambah ilmu, nambah relasi, nambah rejeki ya

      Delete
  6. wahh teman saya ada yang petani buah, mau tak infoin tentang TaniPreneur ini ahhh, dia pasti senang banget nih :)

    ReplyDelete
  7. Dari awal sejak tahu dan kenal sama tanipreneur ini saya sudah suka. Suka konsepnya suka niat mulianya. Semoga petani kita makin sejahtera..

    ReplyDelete
  8. Keren banget nih, sekarang petani bisa diberdayakan dengan baik

    ReplyDelete
  9. Aku pernah dengar di masa depan bangsa yang jaya itu yang menguasai pangan sendiri, semoga makin banyak petani yang aktif di sini yaa..

    ReplyDelete
  10. Nah ya distribusi yg panjang itu yg bikin buah mahal. Kasian petaninya jg :( Tapi kalau beli di toko tradisional atau pasar msh lumayan sih buah, tapi ya gtu nawar2 huhuhu.

    Wah baru tau soal Tanipreneur ini, moga bisa mengangkat kesejahteraan petani buah yaa

    ReplyDelete
  11. Semoga mimpi-mimpi petani terwujud ya. Ada ya "tanipreneur", baru dengar sih��semoga pembeli makin menghargai petani

    ReplyDelete
  12. Nah setuku banget kalau oetani langsung ke penjual. Kalau ga langsung dan terlalu panjang jalur pemasarannya jadi mahal sampai ke pembeli. Aho ah dulung petani indonesia.

    ReplyDelete
  13. yang bikin heran itu buah lokal kita kalah saing harganya dengan buah import. kasihan jadi petani nya.

    ReplyDelete
  14. Tanipreneur ini bermanfaat banget sepertinya untuk petani ya. langsung menghubungkan dengan UKM katanya.

    ReplyDelete
  15. Ada TaniPreneur? Duh aku ke mana aja sih. Keren nih, bisa menghubungkan petani dengan UKM. Bisa meningkatkan kesejahteraan petani.

    ReplyDelete
  16. Untuk info lebih lanjut bisa cari di mana ya mbak? Biar bisa ngasih tahu temanku nih.

    ReplyDelete

Post a Comment