Skip to main content

Featured Post

Kota Layak Anak, Kenali Ciri-cirinya

Hari ahad datang lagi. Saatnya seharian menikmati jalan raya bebas mobil lalu lalang(Car Free Day). Di jalan utama depan gerbang komplek kami sudah ada CFD. Tak perlu lagi ke Senayan atau Bundaran HI. Sayangnya, hari minggu ini tidak digelar. Ya sudah, terlanjur ke luar rumah, kami balik badan, main di lapangan komplek saja.

Tenggelam di Tom Yam, Dirayu Barbekyu


barbeque restaurant
pose bibir gak santai


Di tengah kondisi friksi belakangan ini kerap membuat kita lelah dan kangen kembali ke suasana yang pernah indah adanya. Kami rindu kamu yang dulu. Bagaimana dong? “Semua perdebatan selesai di meja makan,”  demikian ungkapan masyur terucap.

Satu Dalam Rasa

Saya sepakat. Makan bersama selalu jadi momen efektif menyatukan insan berbagai latar bertemu atas nama cinta akan cita rasa. Timbul ide kumpul dan mabar (makan bareng), untuk lepas kangen dan temu rindu atau sekadar berkabar tetap komunikasi.

Tapi enaknya makan di mana, ya? Ketemuan di resto siap saji sudah terlalu biasa.. banget. Ingin ada variasi. Sebagian teman usul sajian rebusan semacam steamboat atau shabu-shabu. Tapi ada kawan-kawan yang lagi suka menu panggangan ala barbekyu.


Brotta Suki & BBQ

Agak dilema juga ketika kita berada di posisi yang ingin mempertemukan semua ragam usulan jadi kemufakatan. Sebagian mau menu rebusan sayur, ayam, seafood, dan daging. Sebagian lagi ingin santap barbeque. Saya masih menenteng rencana ini ke mana-mana. Masih cari ide dan lokasi meet up yang asyik. Jangan sampai agenda ini berakhir jadi wacana lagi seperti yang lalu. Wacana foreva.

Ndilalah, Ahad kemarin saya berkesempatan ikut rekan-rekan wisatawan kuliner. Pokoknya, kalau ada tempat makan hits di ibukota dan sekitarnya, merekalah yang  tahu lebih dulu. Hasil petualangan mereka biasa berseliweran di Zomato atau Google Map. 

Ada resto anyar di bilangan Cempaka Putih sediakan menu yang variatif; suki dan barbeque. Harganya ramah di kantong dan paling asyik dinikmati rame-rame. Namanya: Brotta Suki BBQ. Demikian sekilas Info Bozz Madyang alias Rahab Ganendra, salahsatu pelancong kuliner famous, memantik rasa ingin tahu saya.  

Ah yang benar? Setahu saya resto yang menyajikan rebusan/ suki dan bakaran/ barbekyu itu punya bandrol harga yang pricy. Ya itu kan setahu kamu, kini saatnya kau aktualkan lagi pengetahuan akan resto dengan menu Suki dan BBQ. Seeing is believing. Voila! Mari kita tengok ada apa aja sih di Brotta Suki Barbeque.


Momen Mesra Panci Mokata

Brotta terletak di Jalan Cempaka Putih Raya, Cempaka Putih, Jakarta Pusat. Lokasinya mudah ditemukan. Bila kita biasa naik bus Transjakarta, posisinya di sebelah kiri halte busway Pulomas Bypass kalau datang dari arah Rawamangun. Resto ini berada di seberang Hotel Daily Inn -Taman Solo.  Baru masuk resto sudah terlihat hiasan kata mutiara yang tergantung di tiap pilar.

Berjumpalah saya dengan kawan-kawan yang sudah menunggu dengan wajah berseri-seri. Secerah warna-warni sajian suki siap celup dan kemilau daging-daging berkuah marinasi kecokelatan siap panggang. Panci Mokata (mookata pan) siap dinyalakan. Yes, kami pun sudah siap. Mari bersantap.   

Karena ini resto berkonsep self cooking, dalam hitungan menit, bahan baku sudah tersedia. Adapun sup/ kuah sudah panas dari dapur agar pelanggan lebih cepat lagi merebus suki. Tersedia dua jenis kuah yakni tom yum dan kaldu sapi. Saya dan Mas Rahab pilih yang pertama. Kami tidak pesan nasi. 

Api panci menyala, permukaan panggang terolesi mentega mulai memanas. Inilah momennya tuan dan puan. Celupkan suki di wadah kuah yang melingkar, dan kumpulkan daging barbekyu di tengahnya. Desis panggang dan gelegak kuah saling balas seolah musik di telinga.

brotta suki barbeque


Aroma mengepul bakaran barbekyu Mas Rahab sungguh menggoda. Semangat saya ikut membolak-balik daging dengan sumpit agar terbakar sempurna. Saya nikmati momen pertamakali melumat gindara sang ikan laut dalam. Teksturnya tebal, empuk, dan juicy. “Ini ikan, wajahnya kurang tampan,” celetuk Mas Rahab. 

Beralih kami menjumput bakaran, melahap daging sapi dan ayam yang empuk dan gurih, bumbunya meresap karena rendaman kuah marinate.

Kami lanjut saling menenggelamkan suki satu demi satu ke sup tom yam yang panas. Reviewer andal, Mbak Diah Woro datang membantu membakar daging barbekyu. Mas Jun pemilik blog resepdapurayah.com muncul menyendokkan suki dan sup ke mangkuk kami. Haha, inilah momen mesra kerja sama ketika makan satu panci bersama.

Setelah melahap barbekyu, Mas Rahab angkat satu demi satu dari kolam tom yam; beef roll enoki, dan crab claw, diselingi sayuran. Saya pun sambut cheeseball yang kenyal empuk dan rebusan pakcoy yang greges-greges sambil sesekali menyeruput kuah tom yam. Sluurp

Meski sedia menu khas oriental, tapi rasa Brotta sudah blending dengan selera nusantara. Rempah dari sup tom yam menghangatkan bikin segar. Rasanya tidak terlalu asam dan pedas. Kalau mau lebih strong menantang, bisa tambahkan sambel dan bawang gurih. Oh, iya, soup-nya bisa isi ulang (refill) gratis, lho.   

Makan di Brotta lebih hemat. Untuk set suki seharga 70K, kita sudah dapat banyak item; sayuran (sawi putih, sawi hijau, daun bawang, bawang bombay, pakcoy), tofu, soun, enoki (jamur), daging sapi (50 gram), 3 chikuwa (olahan surimi), 4 crabstick, 2 shrimp ball, 3 meat ball, 3 fish ball, dan 3 chicken siomayUntuk paket barbekyu gabungan ketiganya (beef, chicken, gindaraseharga 50K dengan berat seporsi 150 gram.  

Jadi dengan dua paket menu (suki + bbq) seharga 120K sudah bisa untuk 2-3 orang. Adapun satuan porsi suki seharga 15K  (isi 4 potong, kecuali beef roll enokicheese ball dan crab claw isi masing-masing 3 potong), dan varian harga tiap tray barbekyu; chicken 35K, beef 40K, dan gindara 35K dengan kuantitas tiap porsi 125 gram. Saya lalu mencoba hitung harga dari menu yang sedang kita santap; satu set suki, 3 jenis barbekyu dan 3 jenis suki. Total semua sekitar 225K dan cukup untuk 4 orang.

Barbeque Restaurant

Saking nikmatnya tenggelam oleh rasa tom yam segar dan melahap daging bakar lezat, teringat saya belum shalat zuhur. Wah, saya termasuk awam di daerah Cempaka Putih, nih. Belum eksplorasi di mana masjid terdekat. Apalagi begitu mau beranjak, terlihat di luar resto juga sedang terik-teriknya. Untung Pemilik Brotta, Mas Febrian Hidayat (Febri) beritahukan, ada musala di lantai 2 resto. Pucuk di cinta, ulam tiba

Resto halal No Pork dan No Lard ini memang cukup luas dan bisa menampung sekitar 60 orang. Tersedia toilet dan wastafel, serta sandal jepit untuk ke toilet, berwudhu, dan menuju musala. Bagi yang ingin memanfaatkan momen kebersamaan keluarga, kerabat, sahabat hingga kolega, Brotta Suki BBQ is very recommended.   


Febri dan Riri adalah pasangan suami-istri penyuka suki dan barbekyu. Namun, kerapkali mereka harus membayar lumayan untuk menikmatinya di resto-resto yang ada. Mereka lalu tergerak membuka resto suki dan barbekyu dengan harga yang ramah. Akhirnya, pada Jum'at, 13 Juli 2018,  Febri dan Riri resmi membuka resto bernama "Brotta Suki Barbeque."

Menurut sang Owner, Febri, Brotta diambil dari kata bahasa Inggris: brother and sister, akrab menyapa semua kalangan usiaDalam ‘Brotta’ juga terdapat unsur kata bahasa inggris: broth yang berarti kaldu. Bahasa juga soal rasa, dan memang kata 'Brotta' lebih mudah diingat dan eufonik.  

Menjadi satu-satunya resto dengan konsep rebusan dan bakaran membuat kehadiran Brotta istimewa di wilayah pusat kuliner di Cempaka Putih. Makanya, banyak yang datang sekali lalu datang lagi membawa keluarga, teman, dan kolega mengadakan acara keluarga,  ulang tahun, arisan, dsb. Dengan jenis meja dan kursi panjang yang tersedia, formasi memang lebih mudah disesuaikan untuk kebutuhan makan besar. Brotta buka dari pukul 11.30 hingga 22.00 WIB.       

Lewat inovasinya, Brotta punya original taste suki dengan 2 jenis kuah/ sup kaldu dan tom yum. Tercipta juga original taste barbeque (ayam, sapi dan ikan gindara) yang lezat. Cita rasa yang menyesuaikan selera lidah orang Indonesia. Apalagi Brotta dapat bahan baku dari pemasok lokal. 

Suki dan barbekyu dihidangkan bersamaan dalam satu panci khas Thailand; Mokata. Panci jenis ini boleh dibilang masih jarang tersedia di resto-resto suki dan barbekyu. Brotta punya menu baru yakni fish roll dan beef roll enoki. Yang terakhir adalah gulungan daging dan sulur-sulur jamur enoki. 

Meski identik hidangan santap malam, Brotta Suki & BBQ juga cocok dinikmati di terang hari. Pas banget, ada promo paket makan siang 35K (11.30-15.00 WIB) yang terdiri dari sayuran, jamur, dan 4 pilihan bakso. Paket sudah termasuk nasi dan teh tawar. Tersedia juga promo paket kenyang 100K yang berisi satu set suki ditambah satu set barbekyu boleh pilih ayam, sapi atau ikan gindara.

Amboi. Terbit lagi liur awak mengetik menu demi menu dari Brotta Suki & Barbeque. Memanglah cocok dengan tagline mereka: "Brotta Suki & BBQ bikin lupa diet". Jadi mau datang lagi bersama kawan-kawan, karena kini saya sudah dapat resto rekomendasi. Brothers and sisters, anda pun dapat menjalin keakraban lewat santap suki dan barbekyu-an bareng di Brotta Suki BBQ. Sampai jumpa di sana.

Comments

  1. Wah, makanan sehat semua nih, aku suka banget sama Tom yam. Suka masak Tom Yam, meskipun rasa nggak seenak yang di restoran ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ah masa sih kak? kapan2 aku mau ah cobain tomyam-ya nihh

      Delete
  2. Wuidih, ini sih maknyos bangeeeet. Aku kepengen Tomyamnya. Yang pedes makin endeeeeus. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah si kakak demen pedess yaa, betul kak tambah sambal dan bawang gurihnya, biar makin greget

      Delete
  3. Hahaha judulnya itu nggak kuat deh. Kalau makan gini enaknya rame rame santai, jadi nggak baper hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa mamam suki dan barbekyu.. enaknya rame ramee, apalagi di Brotta

      Delete
  4. Petualangan kuliner memang mengasyikkan, lebih kepada memanjakan rasa dan selera..

    ReplyDelete
  5. Judul artikel ini aja udah bikin penasaran utk dibaca ampe abis apalagi sama rasa aneka menu Brotta Suki BBQ

    ReplyDelete
  6. Nyaamm enak kyknya. Salah nih baca ginian malam2 :D
    Harganya juga lumayan ramah kantong ya mas utk jenis makanan kyk gtu. Jd kepengen kapan2 nyobain menu makananya jg :D

    ReplyDelete
  7. Wah salfok sama harganya, paket suki cuma 70k. Standar paket suki itu mulai dari 150k lho. Paket bbq juga cuma 125k. Brotta Suki and bbq beneran recommend, sayangnya jauh dari Makassar he he he.

    ReplyDelete
    Replies
    1. paket barbekyu gabungan ketiga jenis hanya 50K dengan berat 150 gram, kak

      Delete
  8. Wah, nikmat banget makanannya. Harganya juga terjangkau. Kapan2 nyobain deh.

    ReplyDelete
  9. Dudududu.. Baca ini disaat jam makan siang, bikin tambah laper euyy. Kayaknya ini jadi ide niyy buat ngmpul bareng2 sama teman dan sambil menyantap makanan, apalagi harganya lumayan terjangkau. Okelah sipp terima kasih informasinya Mas Aan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dudududu... ayo kak ngumpul santap suki & BBQ bareng teman2, biar seruu

      Delete
  10. Ngehe lu mas, nyamain wajah gw yg berseri seri dengan setsuki wkwkwkw

    Btw ini kenapa ga diceritain adegan sliced beef naik perosotan meluncur ke kolam tom yam, yah? Wkwkwkw

    ReplyDelete
  11. Waduh makanan sehat ni d rebus dan di bakar , bikin ngiler deh

    ReplyDelete

Post a Comment