Featured Post

Rice Cooker Hilangkan Puluhan Kosakata Sunda

Image
Tantangan pelestarian dan pengembangan bahasa salahsatunya adalah istilah bahasa asing. Hanya satu kata asing saja sudah bisa menggusur puluhan kosakata satu bahasa daerah. Demikian Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Dadang Sunendar sampaikan dalam Kuliah Tamu Leksikografi: Lanskap Leksikografis Tahun 2018 dan Perihal Penyusunan Kamus Mutakhir” , Aula Sasadu, Gedung Samudra, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Jakarta (3/5/18).    

Mau Makan Apa? Semua Ada di Huk Family Resto

food tasting

Proses pemungutan suara untuk pemilihan presiden sudah selesai. Dengan teknologi penghitungan cepat, hampir dipastikan kita sudah mengetahui siapa yang terpilih. Nah, sambil menunggu hasil akhir real count, enaknya ngapain ya?

Ruang Tengah

Enaknya ya kita makan-makan. Kondisi yang membelah kita jadi kubu sana dan kubu sini harus diakhiri. Layaknya di rumah bersama bernama Indonesia, acara makan bareng menjadi momen tasyakuran di ruang tengah mempertemukan kita yang selama ini berada di dua ruang berbeda. 

Demikian pula saya, berupaya kembalikan fungsi Grup WhatsApp Keluarga ke khittah-nya. Sebagai ajang saling berkabar, tetap berkontak, dan wadah berkoordinasi untuk bertemu dalam silaturahim sesungguhnya. Bertatap muka di meja makan rayakan syukur atas karunia dan rezeki.

Sebagai pencetus ide kopdar, saya sudah lebih dulu berada di lokasi jumpa, di sebuah restoran bertema keluarga di bilangan Bintaro. Tepatnya di Ruko Acacia Arcade 2 Blok M1 No. 9, Jalan Raya Jombang- Ciledug, Pondok Aren, Tangerang Selatan. Paham Perumahan Villa Bintaro Regency? Resto ini berada di seberang gerbang perumahan tersebut. 



Nama restorannya Rumah Huk Family Resto. Diambil dari Bahasa Belanda; hoek, yang berarti pojok. Pas sekali memang resto ini terletak di sudut ruko. Kedai makan dua lantai bercorak Eropa, lengkap dengan pendingin ruangan, pojok bermain anak, wifi, smoking arearestroom bersih, musala dan interior yang layak instagram (instagramable). Di lantai dua baru saja selesai acara internal santunan bagi anak-anak yatim dan dhuafa.  

Suasana resto ciamik dengan gaya desain retro bohemian. Ada wallpaper yang mengingatkan saya akan setting film Sherlock Holmes. Lokasinya juga strategis. Tapi saya belum tahu menu apa saja yang tersedia. Apakah mewakili selera tiap anggota keluarga yang datang nanti? We will soon find out. Sebagai penggagas lokasi kopdar, saya bertanggungjawab memberikan informasi selengkapnya bagi saudara yang sedang dalam perjalanan menuju resto. 


Palu Gada

Kalau hanya menyebutkan nama menu rasanya kurang afdol tanpa disertai foto. No pic = hoax, katanya. Baiklah. Saya coba cari cara bagaimana menyajikan laporan pandangan mata bagi sanak famili yang on the way resto. Para pelayan berseliweran keluar-masuk dapur membawa dan menjemput hidangan. 

Saya meminta izin abadikan tiap menu yang datang sebelum disantap. Jadilah bilah-bilah komen WAG kini merekah lagi dengan unggahan makanan dan minuman penggugah mood. Terbit pulak selera makan awak. 

Huk Family Resto Bintaro bersandingan dengan brand Bebek Bentu yang lebih dulu akrab di lidah para pelanggan. Tak heran jika menu olahan unggas ini banyak dipesan. Bila kita tengok ulasan di Google Map oleh para pelanggan, banyak yang berkesan dengan menu bebek dan sambal spesialnya.

Riandi, salahsatu waiter, membawa menu Bentu: Bebek Cemeng Dada (25k), Bebek Cabe Ijo Paha (24k), Bebek Muda ½ ekor Sambal Kecombrang (32k). Selain bebek, menu ayam dan sapi tak ketinggalan, ada Ayam Bakar Paha (16k), Brokoli Cah Sapi (30k) dan Nasi Goreng Surabaya (19k). 

Kemudian disusul Edwin, waiter lainnya, yang membawa satu demi satu menu seafood; Gurame Hantu Petir (46k), Udang Bakar Saos Bentu (29k), Sop Tom Yam Asam Pedas ( 26k), dan Sapo Tahu Seafood (33k).

Notifikasi pesan di WAG saling bersahutan seiring saya kirimkan gambar demi gambar penampakan menu-menu itu. Saudara kami yang lebih muda mulai bersuara dan bertanya apakah ada menu populer seperti pizza atau steak.

Belum sampai saya memastikan, muncul lagi Edwin dan Riandi silih berganti bersama menu Huk Resto: Pizza Special (38.5k), Spagheti AOP Smoked Beef (27.5), Beef Stroganoff + Kentang (37.5k), Grilled Beef + Kentang (42.5k), dan Chicken Teriyaki + Nasi (37.5k). Jika kau pikir itu sudah semua menu, masih ada Sop Iga Bakar (60k), Sop Tahu Bentu (29k), dan Indonesian Food lainnya.   

Bagi yang gemar melahap sushi, tak perlu berkecil hati jika sudah mendarat di Huk Family Resto. Mereka juga punya rangkaian menu khas negeri matahari terbit, di antaranya ada Sushi Dragon Roll (45k) dan Sushi Makimono Combo (50k).



Lagi ingin makan roti atau snack saja, misalnya, tersedia Roti Bakar Cokelat Keju (15k), Kebab Ala HUK (25k), Roti Maryam Ice Cream (20k), dan masih banyak ragam menu makanan sampingan lainnya.      

Dari tadi menu makanan terus yang disebutkan. Mana minumnya? Mau yang segar-segar ada Kedondong Juice (16k), Lemon Grass Orange (17k), Cincau Selasih Kelapa (22k), Milkshake Strawberry(20k), Es Coffe Latte (17k), Ice Blended Cappucino (15k), dan Cookies Blend (15k). Ini sekadar menyebut beberapa. Masih banyak lagi jenis minuman dingin dan  hangat.   

Seperti resto multi kuliner satu pintu, Huk Family Resto layak menyandang predikat "PALU GADA; Apa Lu Mau, Gue Ada". Saking lengkap menu yang tersedia. Segala rupa jenis masakan siap dipesan memenuhi selera semua pengunjung. 

Melengkapi predikat Palu Gada, Huk Family Resto juga punya bakery dan cookies. Buat yang doyan bolu jadul, nah, ini penganan favorit di toko kue ini. Jadi penasaran kan sama pemilik Huk Family Resto. Bagaimana ceritanya bisa punya resto bermenu lengkap dan usaha banyak. Let’s meet the owners.  



Tradisional dan Modern

Duabelas tahun lalu, makan di restoran menjadi momen berharga bagi pasangan akuntan Bangkit Kuncoro dan Siti Zulfa menjalin komunikasi bersama kedua anak. Biasanya, keluar makan bareng memberi suasana berbeda, saling bercerita, sejenak lepas dari kesibukan. Berangkat dari situ, Pak Bangkit berniat membuka restoran yang menjadi ajang keluarga manfaatkan waktu bersama dalam kehangatan masakan dan keakraban suasana.  

Pak Bangkit gemar makan bebek Madura sejak kuliah di Surabaya. Tergerak ingin berbagi rasa, lahirlah restoran Bebek Bentu. Bentu kependekan dari ben tuman (biar suka/ gemar). Serupa doa moga pengunjung cocok dan datang kembali. Berbekal tiga kunci utama; makanan enak, harga terjangkau, dan tempat makan yang nyaman, resto pertama dibuka di bilangan Cempaka Putih Jakarta Pusat.     

Juga masih di daerah Cempaka Putih, Huk Family Resto dibuka. Seiring pengalaman, bersama istri dan masukan dari anak-anak, beliau melengkapi menu guna memenuhi selera semua segmentasi. Hingga tercipta konsep pembagian dua set menu menjadi Menu Bebek Bentu dan Menu Huk Family Resto yang tersedia dalam satu resto. Komplet. Strategi cerdas.

Tujuannya, misal satu keluarga datang, terdiri dari 5 orang anggota keluarga, semua keinginan mereka terpenuhi karena banyak pilihan. Menu Huk Family Resto lebih akrab di kalangan anak muda dengan steak, pizza, dan sushi, khas Asia dan Eropa. Sedangkan menu Bebek Bentu diisi masakan-masakan tradisional olahan bebek, ayam, dan seafood

Hadirnya dua v
ariasi menu yang banyak pilihan ini pun menjadi unggulan. Huk Family Resto Bintaro disukai bagi yang menggelar event sederhana semisal pesta ulang tahun. Huk Family Resto Bintaro juga biasa jadi tempat hangout para ibu sambil menunggu putra-putrinya pulang sekolah. Hal ini terlihat dari unggahan foto-foto di akun media sosial Huk Family Resto. Yang juga penting, dengan tersedia dua set menu, rentang harga jadi beragam hingga menjangkau semua.


Kalau ditanya apa menu favorit di Huk Resto, menurut Ibu Siti Zulfa, anak-anak muda menyukai sushi dan pizza. Bahkan, Azzam, si anak kelas 4 sekolah dasar ini kepincut Pizza Chicken (31k). "Enak, daging ayamnya banyak," akunya. Untuk minum, dia pesan Ice Milo (17k). Minuman energi memang paling nikmat disajikan dingin. 

Menu lain yang juga favorit dan banyak dipesan adalah Sop Buntut (60k). Penasaran, saya memanggil Edwin dan memesan. Selang waktu kemudian, yang mengepul dengan aroma mengundang sudah di meja,  Sluurp.. memang lezat. Kuah sop yang hangat bercita rasa kuat ditambah celupan sambal, serta tekstur daging yang empuk dibelah, dan lembut dikunyah. 

Menu lain yang saya suka adalah beef stroganoff, potongan daging dipadu jamur berbalut saus creamy ala Rusia, ditemani kentang goreng serta kacang panjang dan wortel segar. Untuk minumnya, saya suka jus kedondong yang manis dan asam menyegarkan. 

Oh, iya. waiter dan chef di Huk Family Resto Bintaro adalah lelaki semua  berjumlah 9 orang, yang disediakan tempat tinggal di lantai atas resto. Sebagian ada yang sudah berkeluarga dan datang dari berbagai daerah. 
Edwin berasal dari Garut. Riandi, yang lebih dari 5 tahun ikut bersama Pak Kuncoro dan Ibu Zulfa, punya istri dan anak-anak di Bandung. Mereka dan ketujuh kru Huk Resto merupakan pahlawan bagi keluarga dan orang-orang di balik kelezatan menu Huk dan Bentu. 

Hingga saat ini Huk Family Resto dan Bebek Bentu sudah hadir di 7 lokasi. Antara lain di Jalan Cempaka Putih Barat No. XXVI (Bentu), Jalan Cempaka Putih Raya No. 17 (Huk), Jalan Wibawa Mukti Raya II Jati Asih-Bekasi (Bentu), Parpostel No. 6 Jati Asih-Bekasi (Huk),  Ruko Acacia Arcade  2 Blok M1 No. 9 Bintaro (Bentu), Jalan Dadali No. 10 Bogor (Bentu & Huk), dan Ruko Orlin Arcade No. 8 Perum Serpong Jaya, Jalan Puspitek Raya Serpong (Bentu).

Ayah selalu berkata, keluarlah, jangan berlama di dalam. Keluarlah, maka kita akan dapat pencerahan. Jalinlah interaksi nyata. Temukan tempat makan kesukaanmu. Seperti saya menemukan Huk Family Resto. Berbagi meja bersama orang-orang tercinta. Saling bercengkerama di sela suapan, seperti orang-orang di tahun 1995, sebelum gawai meluas diciptakan. Bon Appetit!


bebek bentu bintaro
dok. Rahab Ganendra

Popular posts from this blog

Tangkas SEO dan Cerdas Keuangan

Rice Cooker Hilangkan Puluhan Kosakata Sunda

Kembalinya Satu Paket Kocak di Film Preman Pensiun