Skip to main content

Featured Post

Kota Layak Anak, Kenali Ciri-cirinya

Hari ahad datang lagi. Saatnya seharian menikmati jalan raya bebas mobil lalu lalang(Car Free Day). Di jalan utama depan gerbang komplek kami sudah ada CFD. Tak perlu lagi ke Senayan atau Bundaran HI. Sayangnya, hari minggu ini tidak digelar. Ya sudah, terlanjur ke luar rumah, kami balik badan, main di lapangan komplek saja.

Modern PC Untuk Pribadi Modern

microsoft blogger gathering

Beginilah dinamika seorang pekerja kantoran plus narablog paruh waktu. Di hari kerja ia menyelesaikan tugas dari pukul 9 pagi hingga 4 sore. Tidak langsung pulang, ia lanjut mengerjakan tugas narablog: meraban, dan mengolah konten, hingga tak terasa sudah menjelang pukul 9 malam. Kadang lepas jam kerja, ia juga harus memenuhi undangan acara  untuk influencer. Begitu rutinitas tiap harinya.


Pribadi Modern

Genjot produktivitas di hari kerja (weekdays), dengan harapan kita bisa santai di akhir pekan. Ia bisa memanfaatkan waktu bersama keluarga di sabtu dan minggu. Namun kenyataan tidak selalu demikian. Event menarik sering digelar di weekend, atau tugas yang mengharuskan online kadang meluncur di hari libur. Begitu kuat waktu mencengkeram pergelangan tangan anak manusia. Inilah kisah hidup manusia modern di era digital.

Tantangan yang dihadapi pribadi modern apalagi sih kalau bukan seputar menembus kemacetan lalu-lintas di jalan, atau tangkas dari pertemuan ke pertemuan dengan frekuensi tinggi. Bahkan, dalam upaya mencapainya kerapkali membutuhkan perjalanan yang lumayan panjang. Rekan pembaca mungkin bisa menambahkan  pola aktivitas lain.  

MNA Channel Executive dari Microsoft Indonesia Khianto Liang jelaskan eksistensi seorang modern life achiever, sebutan bagi para pribadi masa kini yang trengginas jalani aktivitas. Ia ungkapkan hal ini di hadapan para influencer ibukota yang berkumpul dalam acara Microsoft Blogger Gathering “Melangkah Maju Dengan Modern PC”, Jakarta (20/5/19). Ada tiga pilar pendukung pribadi modern,  yakni Waktu, Performa, dan Teknologi.         

“Zaman sekarang, modern life achiever perlu; pertama, kontrol waktu bagi kehidupan pribadi dan pekerjaan. Kedua, cara dia selesaikan pekerjaan lebih cepat dan efisien, dibantu alat teknologi sekarang, device maupun sotware,” tandasnya.  

Waktu terus berjalan, namun momen tidak bisa diulang. Kesempatan adalah sebuah kata yang mewah terutama bagi seorang suami dan ayah yang berjibaku di tengah kota yang tak pernah tidur. Makin kecil waktu luang bersama keluarga.

Dalam riset terbarunya, Microsoft menemukan saripati bahwa yang esensial dalam hidup tidak lain adalah waktu. Jangan sampai aktivitas padat khas pribadi modern merenggut kesempatan kita manfaatkan waktu bersama orang-orang tersayang atau bahkan mengeksplorasi kegiatan baru.    


Consumer Master Trainer  dari Microft Indonesia Hadi Gunawan Sugito menguatkan pernyataan Khianto. Pembaruan Microsoft makin moncer memberi pengalaman pengguna Modern PC dengan 4 kata kunci: Organize Your Life, Secure Peace of Mind, Unlock Your Creativity, dan Pursue Your Passion. Kesemuanya menjelma dalam Microsoft Modern PC dengan Processor Intel Core i5 Generasi ke-8 bersama Windows 10. Mari kita bahas  perkembangan software ciamik Microsoft terkini yaitu Microsoft Office 365.

Tahukah kawan pembaca, bicara mendongrak kreativitas, Paint di Windows 10 kini diperkuat fitur 3 dimensi? Tak perlu pakai aplikasi tersendiri, objek tiga dimensi bisa diolah mudah untuk dipadu menguatkan pesan dalam presentasi di Microsoft PowerPoint, misalnya.    

Dalam proses membuat presentasi, yang biasa terjadi, begitu semua elemen sudah dimasukkan, seketika kita bergumam ini mau diapain lagi, ya?. Tetiba mentok dalam berkreasi. Sebenarnya, bukan karena kita mengalami defisit gagasan atau naluri seni mulai melemah. Tapi kondisilah yang menuntut kita harus mengerjakan tugas dengan cepat yang seharusnya tidak mengorbankan sisi kualitas.   

Nah, di PowerPoint ada fitur desain yang memberi kemungkinan posisi dan tata letak terbaik untuk diaplikasikan dalam presentasi. Jadi, alih-alih repot secara manual kita geser-geser gambar atau mengubah-ubah ukuran font, serahkan semuanya ke Design Idea PowerPoint. Cukup tumpuk saja semua elemen dan biarkan fitur melakukan keajaiban.

Ingin merambah ke nuansa desain yang lebih intensif dan animatif? Gunakan fitur Morph. Ambil beberapa slide, pilih transition dan positioning. Presentasi jadi lebih menarik lewat presentasi interaktif memicu ide para peserta yang berujung pada kepuasan karena pesan tersampaikan baik. Yang terpenting kita menghemat banyak waktu dalam proses pembuatannya sehingga mendukung produktivitas kerja. 

Bisa Kerjakan Soal Matematika

Ada satu fitur andal yang langsung menarik perhatian saya sebagai ayah yang selalu  dihinggap kegelisahan ketika tiba detik-detik sang anak meminta bantuan mengerjakan pekerjaan rumah matematika. Yeah, you all know how it is.  Tidak cukup hanya menggantungkan pada perangkat standar seperti kalkulator saintifik. Apalagi saya datang dari kelas bahasa bukan IPA. Lengkap sudah puyengnya.

Selain berfungsi membuat dan menyimpan catatan, voice note, dan gambar, OneNote ternyata punya fitur Ink Math Assistant. Dari nama saja sudah terbayang faedahnya. Kita cukup menuliskan soal matematika, OneNote seketika memberi jawaban lengkap dengan langkah-langkahnya (show steps) untuk dipelajari lebih lanjut. Siapa tahu anak sastra ini jadi mahir matematika. Bayangkan, jika sebelumnya saya habiskan waktu mengais-ngais jawaban dari belantara internet, kini masalah terpecahkan dengan OneNote. 
   
Dari tadi saya sibuk memotret via ponsel semua slide presentasi pembicara. Begitupun rekan-rekan blogger. Namun saya harus repot melakukan zoom dan crop agar titik fokus hanya ke presentasi yang tercitra di layar bukan pada latar sekeliling. Hadi ternyata mengamati tindak-tanduk kita .

“Siapa yang dari tadi foto slide para pembicara? Sudah pakai Microsoft Office Lens?,” tanya dia yang menarik keingintahuan kami lagi. Mahkluk apa lagi ini.         
     
Microsoft Office Lens adalah app gratis untuk memotret objek dengan membingkai otomatis area yang hanya dibutuhkan saja sesuai pilihan mode Papan Tulis, Dokumen, Kartu Nama, dan Foto. Saya pun langsung mengunduh dan mencobanya. Hasil foto memang lebih efektif karena mirip cara kerja pemindai, dan efisen karena foto disimpan otomatis di OneNote atau OneDrive, sehingga tidak memenuhi ruang penyimpanan ponsel.  

Last but not least, ada problem klasik yang selalu ditemui pekerja di tengah pekerjaan. Yakni  ketika kita abai peringatan batere habis, lalu laptop sontak mati. Yaitu kala jaringan internet tetiba putus, atau kita restart laptop namun lupa menutup file lebih dulu. Kita lupa save hasil pekerjaan. Panik bukan kepalang. Tapi jangan khawatir hal karena Windows 10 makin kokoh dengan fitur autosave yang otomatis menyimpan semua file di OneDrive untuk kita akses kemudian.

Pesan Antar Software  

Dalam pendukung produktivitas, tentu saja semua produk Microsoft Office 365 terintegrasi satu sama lain dengan OneDrive. Makanya Windows 10 harus selalu terkoneksi dengan jaringan internet.  Di sinilah pentingnya punya peranti lunak yang asli dan orisinil (genuine) hingga terwujud apa yang disebut Secure Peace of Mind, selalu update, bebas virus, dan malware, atau masalah seperti lagging. Apalagi untuk mendapatkan produk asli Microsoft kini lebih mudah lewat layanan Electronic Software Delivery (ESD).

Product Manager Synnex Metrodata Vivin Alianto memaparkan layanan ESD yang diberikan perusahannya selaku distributor resmi Microsoft. ESD hadir menjawab kebutuhan pengguna membeli secara online produk non fisik Microsoft. Produk Microsoft yang dijual di pasaran disebut Microsoft FPP (Full Packaged Product) atau barang retail. Produk Microsoft FPP sama dengan Microsoft ESD, karena yang disebut produk fisik sebenarnya juga hanya berupa kotak berisi product key.

Ada dua segmen konsumen yang bisa dipilih yaitu Home dan Business. Bagi saya yang narablog bisa pilih Microsoft Office 365 Home. Sebenarnya beli produk asli lebih meguntungkan karena 1 lisensi bisa digunakan hingga  6 pengguna dan 10 perangkat. Vivin ungkap ilustrasinya.

“Saya dan suami, yuk kita beli 365 home, saya kasih kamu, kakak, dan adik. Misal, harganya 1,8 dibagi 6 = 300 ribu dibagi 12 = 25 ribu dibagi 6 orang. Murah banget, kan?” bebernya.   

Bagi segmen perusahaan, misal punya perusahaan kecil dengan 25 karyawan,  bisa gunakan varian corporate licence: Office Home and Business 2019, dan Office 365 Business Premium. Dalam pemasarannya, Synnex Metrodata tidak menjual langsung kepada end user melainkan lewat reseller seperti jd.id. Tersedia promo dan voucher khusus Ramadan dari jd.id untuk pembelian produk Microsoft via ESD. Hadir juga sebagai pembicara Retail Sales Lead Company dari Intel Pratiwi Winata.

Comments

  1. Saya pernah kepingin punya Microsoft Office 365. Ternyata harganya Rp 1,8 juta, betul? Memang licensenya bisa dibagi untuk 6 orang, tapi rasanya masih kemahalan. Yang membuatnya terasa berat itu, karena nggak punya teman 5 orang untuk patungan.

    Mungkin..kalau sebetulnya MIcrosoft ini cuman jualan license, lebih baik jualan paket Office 365 yang licensenya bisa untuk 1 orang saja. Harga Rp 300k saja tak terlalu mahal. Strategi begini tentu lebih menarik daripada beli paket rame-rame 6 orang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang kalau secara jamaah lebih banyak faedahnya kaka :))

      hihi, licence bukan sembarang licence kakaa, sudah all in dgn sepaket keandalan lainnya, selalu update, anti malware, anti lagging, dan segenap keunggulan yang didapat saat kita online, kalo pakai yg bajakan, yakin deh bakalan dideteksi dan digelar banner yang mengganggu :))

      Delete
  2. Lisensi ini sekali beli atau emang ada expired beberapa tahun? Lumayan ya harganya, kalau patungan berarti bisa diinstall beberapa kali dong atau hanya 1 perangkat?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekali beli, update forever, biasanya tiap bulan kak, soal lumayan itu relatif, sesuai fungsi dan kebutuhan, kadang harga ponsel 1,8 jt udah tergolong murah ya :))

      Delete
  3. Nah ini yang dicari dan ditunggu dari Power pointnya pc modern, Design Idea makin keren

    ReplyDelete
  4. Microsoft nih makin lama makin innovatif aja. Hehehe, honestly I can't keep up tapi selalu kagum sama segala inovasi yang dihasilkan.

    ReplyDelete
  5. Kalau mau beli Microsoft kayaknya harus ajakin kakak dan keluarga biar bisa patungan ya ^^

    ReplyDelete
  6. Wah, cucok nih bisa ngajarin soal matematika pula. Bisa fokus ke slide presentasi pula, bisa nyimpan otomatis pula. So useful. Mantap jiwa :)

    ReplyDelete
  7. Pakai microsoft udah paling bener deh ya buat pekerja digital, aku mau nih kalau ada yang mau joinan..

    ReplyDelete
  8. PC modern ini rasanya jadi pilihan Tepat Blogger ya biar kerjanya lebih cepat, fokus dan juga terstruktur ya

    ReplyDelete
  9. Microsoft makin canggih aja ya mas. Makanya pelanggannya banyak. :D

    Btw, kalau mau beli lisensinya gitu yang terpercaya bisa hubungi atau beli dimana ya?

    ReplyDelete

Post a Comment