Madina Islamic School Meriahkan GESS ASIA

  


Global Educational Supplies & Solution (GESS) ASIA, Rabu-Jumat, 14-16 September 2022, di Jakarta Convention Centre (JSS) Senayan.


Madina Islamic School turut menyemarakkan Konferensi & Pameran Sektor Pendidikan Asia Tenggara atau Global Educational Supplies & Solution (GESS) ASIA, Rabu-Jumat, 14-16 September 2022, di Jakarta Convention Centre (JCC) Senayan.      

 

Tiga Kurikulum Andal 

GESS Asia merupakan perhelatan bagi profesional industri pendidikan dari berbagai aspek, tenaga pendidik, bagian pengadaan, kepala departemen, rektor, dosen, guru atau profesional lain yang berhubungan dengan pendidikan. GES Asia digelar secara bergantian di negara-negara kawasan Asia Tenggara termasuk di Indonesia.      

Selama tiga hari, Madina Islamic School menenalkan berbagai keunggulannya ke masyarakat luas lewat pameran, workshop, seminar dan diskusi panel. Booth Madina Islamic School di GESS ASIA 2022 menarik perhatian banyak pihak yang berkecimpung di dunia pendidikan. Stan Madina Islamic School sempat dikunjungi petugas pendidikan dari Malaysia yang ingin mengetahui lebih lanjut soal integrasi tiga kurikulum di sekolah yang didirikan insinyur komputer Riyanto Sofyan ini.     

Madina Islamic School menerapkan 3 kurikulum utama yang saling terintegrasi dan menguatkan satu sama lain. Madina Islamic School menerapkan Kurikulum Al-Azhar Cairo (untuk Studi Islam, Bahasa Arab dan Tahfidz), Kurikulum Nasional (DIKNAS), dan Kurikulum Cambridge untuk mata pelajaran Matematika, Sains dan Bahasa Inggris. 

Sekolah yang menyenggarakan pendidikan Taman Kanak-Kanak, Sekolah Dasar, dan Sekolah Menengah Pertama, ini memiliki visi dan misi yang berkaitpaut dengan iman dan takwa serta ilmu pengetahuan dan teknologi. Visi Madina Islamic School ialah menjadi lembaga pendidikan terpadu yang mampu menghasilkan generasi dengan kapasitas global dan berkarakter berintegritas sebagai insan kamil yang siap membangun masyarakat yang beradab.       

Misi Madina Islamic School antara lain:

  1. Menghasilkan peserta didik beraqidah lurus, ibadah sesuai, wawasan luas, akhlak mulia, kreativitas, kemandirian, dan prestasi, bersama partisipasi optimal dari manajemen sekolah
  2. Mengintegrasikan ilmu dan pengetahuan dalam kehidupan menurut pandangan hidup Islam
  3. Mengembangkan dan menerapkan ilmu pengetahuan di lembaga yang berkualitas global berdasarkan nilai-nilai Islam universal 

Dalam rangka mewujudkan misinya, sekolah yang berdiri sejak 2004 ini menempatkan Al Qur’an dan As Sunnah sebagai titik berangkat kegiatan pembelajaran yang terefleksikan dalam keterampilan, pengetahuan dan kompetensi akademik, dengan proses pengetahuan, sains, pandangan hidup, dan budaya Islam. 

 

Guru Bahasa Arab Asal Suriah 

Aspek lainnya, dari sisi kualitas pengajar, Madina Islamic School menghadirkan guru dari dalam dan luar negeri. Kolaborasi keduanya menjadikan konten pembelajaran menjadi beragam dan inovatif. Principal of Primary Madina Islamic School Rangga Ahmad Kedaton mengungkapkan, perrpaduan guru lokal dan internasional merupakan salah satu ikhtiar Madina Islamic School dalam ikhtiar mewujudkan generasi insan kamil.  

“Madina Islamic school memiliki guru lokal dan internasional yang memadukan kedua pengajar untuk menghasilkan anak-anak yang insan kamil,”imbuhnya. 

Salah satu guru di Madina Islamic School Mohammad Younes Manfi merupakan warga asli Suriah yang menyelesaikan S1 jurusan Syariah Islamiyah di universitas di Suriah. Saat ini, Mohammad sedang menempuh pendidikan jenjang S2 di Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta. Mohammad menjadi native Arabic Teacher di Madina Islamic School.  

Fasilitas di Madina Islamic School yang lengkap menjawab kebutuhan kekinian para peserta didik. Dari segi Indoor Facilities tersedia Class Room, Library Computer Lab, Wifi & LAN Integrated System, Canteen, Musholla, Music Room, Tahfid Room, Medical Room, Science Laboratory, Locker, dan CCTV. Untuk Outdoor Facilities disediakan Greenfield, Playground, Futsal Field, dan Basket Ball Field. 

Adapun fasilitas lainnya termasuk Student and Parent Counseling Service, Education Counseling Service, serta Arabic & English Native Teacher. Di kegiatan ekstra kurikular tersedia Futsal, Aikido, Taekwondo, Science Club, Art & Painting, Cinematografhy, Robotic, serta Art & Craft. Madina islamic Scool beralamat di Jalan Tebet Dalam IV No.1 Tebet, Jakarta Selatan 

 

 

Komentar