Andi Yuliani Paris Raih PUSPINEBT ICMI AWARD

 

Kajian Diskusi Publik: Pro Kontra Power Wheeling Dalam Rancangan UU EB-ET dan Penganugerahan PUSPINEBT ICMI Award,

Anggota Komisi VII DPR RI Andi Yuliani Paris (AYP) menerima penghargaan PUSPINEBT ICMI AWARD Kategori Legislator Perempuan Pemerhati Energi. Penghargaan diserahkan Wakil Ketua Dewan Pakar ICMI Pusat Didin S. Damanhuri. 


Prinsip 5 K 

Direktur PUSPINEBT ICMI Irwanudin H.I. Kulla menuturkan, apresiasi diberikan kepada AYP atas dedikasinya sebagai sosok perempuan yang serius dalam menjaga ketahanan kelistrikan nasional. AYP dinilai konsistem memperjuangkan kebijakan-kebijakan di bidang energi yang pro kepentingan publik, serta peduli dalam menjaga kedaulatan energi nasional.

 

AYP menerima anugerah PUSPINEBT ICMI Award dalam acara Kajian Diskusi Publik: Pro Kontra Power Wheeling Dalam Rancangan UU EB-ET dan Penganugerahan PUSPINEBT ICMI Award, Kamis 28 September 2023, Hotel Fiducia, Pasar Minggu, Jakarta. 

 

Mengenai isu power wheeling, AYP menyampaikan kekhawatirannya terhadap peran swasta yang nanti terlalu banyak. Yang terjadi di beberapa negara, terutama negara-negara berkembang, power wheeling, dalam konteks prinsip 5 K (Kecukupan, Keandalan, Keberlanjutan, Keterjangkauan, dan Keadilan), diragukan keberlanjutannya. Kedua, terkait harga, tentu kalau ditangani swasta, harga tidak bisa lagi dikendalikan Pemerintah.

 

Kendati demikian AYP menyebutkan, bukan berarti selamanya tidak bisa power wheeling. Mungkin suatu saat bisa. Tapi untuk kondisi saat ini, di mana PLN diberikan tugas oleh Negara sebagai badan usaha milik negara, harus memastikan perwujudan prinsip 5 K.

 

“Kalau  Power Wheeling, siapa yang bisa mengontrol keterjangkauan? Siapa yang bisa menjamin ada kontinuitas?” tandasnya.   

 

AYP menuturkan, dalam draf RUU Energi Baru Terbarukan (RUU EB-ET), bahasan mengenai power wheeling sudah di-drop. Sebelumnya, RUU EB-ET diharapkan bisa selesai di masa sidang. Tapi, ternyata Pemerintah juga tidak siap. Untuk itu, ke depan AYP berharap, undang-undang energi baru terbarukan menjadi legacy anggota  DPR di periode saat ini.


Selanjutnya, AYP menyambut baik kegiatan diskusi publik PUPSINEBT ICMI. Dirinya berharap program ini dilanjutkan dengan seri-seri berikutnya. Kajian diskusi publik perihal energi baru terbarukan menjadi penitng untuk memberikan awareness terhadap masyarakat.

 


Kajian Diskusi Publik


Skema Power Wheeling merupakan pemanfaatan bersama jaringan tenaga listrik. Skema ini diklaim memudahkan transfer energi listrik dari sumber energi terbarukan atau pembangkit non-PLN ke fasilitas operasi perusahaan dengan memanfaatkan jaringan transmisi yang dimiliki dan dioperasikan PLN.

 

Menukil data dari IRESS (Indonesian Resources Study), apabila skema power wheeling masuk ke  RU EBT-ET, maka akan menimbulkan permasalahan baru pada sektor kelistrikan nasional. Ia akan mengurangi kemampuan PLN bertahan dari kondisi kelebihan pasokan listrik; mengurangi kesempatan PLN untuk survive, dan akan memaksa PLN untuk membayar listrik yang tidak terpakai.

 

Kajian Diskusi Publik PUSPINEBT ICMI terbagi menjadi dua sesi. Panel I menghadirkan Anggota Dewan Energi Nasional As Natio Lasman, dan Executive Vice President PT PLN (Persero) Warsono Warsono. Panel II menampilkan Guru Besar IPB University/ Wakil Ketua Dewan Pakar ICMI Pusat Didin S. Damanhuri, Direktur Center for Energy Security Studies (CESS) Ali Ahmudi Achyak, dan  Kepala Center of Food, Energy, and Sustainable Development Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Abra Talattov.

 

Komentar