Skip to main content

Featured Post

BukaTalks: Jangan Suruh Hafal, Ajak Anak Alami

Macgyver lumpuhkan penjahat hanya lewat rakitan alat yang ditemui di sekitar. Dalam versi remake, di satu episode, cowok panjang akal ini bilang ayahnya yang mengajarkan dia science (sains) sejak kecil. Co Founder Ilmuwan Muda Indonesia (IMI) Kartika Oktorina membawa keseruan sains untuk anak di BukaTalks by BukaLapak: “Pendidikan Untuk Semua”, Plaza City View, Jakarta (2/5/18).

Lokakarya ISB dan CNI Indonesia: Peluang Bisnis Narablog Piawai

marketing workshop

Ingat dialog Spiderman: Homecoming (2017) ketika Tony Stark merayu Peter Parker bertemu jurnalis? Dia harus meyakinkan Pete, mereka jurnalis ‘betulan’ bukan blogger (narablog). “Behind this door are real journalists, not bloggers,” tandas Stark. Sebagai narablog saya tertawa getir. Sejak itu, sentilan Stark selalu terngiang, hingga saya mengikuti Workshop Indonesian Social Blogpreneur bersama CNI Indonesia “10 Quick Tips On Content Marketing”, Plaza Festival, Jakarta (27/8/17).




Pengalaman Pengguna

Narablog kawakan Haya Aliya Zaki mengungkapkan, selain untuk wartawan, 5 W (Who, What, Where, When, Why) 1 H (How) juga formula utama narablog dalam membuat konten.

“Tidak hanya wartawan yang melakukan reportase, 5W 1H ini rumus dasar untuk menulis. Kalau ada satu unsur yang hilang, tulisan kita akan pincang,” tuturnya saat mengungkap tema 'How to Win a Blogging Contest'.   

Meski bukan wartawan, narablog Selain tulisan, konten juga berupa foto, video, dan infografis. Maka Kak Haya mengajak blogger bekerja laiknya wartawan, yakni menempuh wawancara, dokumentasi, riset, dan mengumpulkan referensi.

Ulasan blogger itu soft selling. Sehingga bersifat pengalaman nyata pengguna lewat gaya bahasa nan cair tapi tetap informatif. Waktu mengikuti lomba mengulas produk untuk ibu hamil dan menyusui, Kak Haya mewawancarai adik iparnya.

marketing workshop

“Ceritakan pengalaman pribadi. Kalau belum cukup, tambah pengalaman orang lain. Wawancara. Ada user experience-nya,” imbuh pemenang utama lomba blog Vitalis Glamorous (2017).  

Sebelum menulis tentang satu merk calir raga, Kak Haya lebih dulu gali data. Produk lotion tersebut mengklaim berbahan alami. Maka, Kak Haya mengonfirmasi kawan di Badan Pwngawas Obat dan Makanan (BPOM) tentang syarat produk alami.

“Saya pernah menulis body lotion yang diklaim brand-nya adalah alami. Saya sampai tanya ke teman di BPOM. Kalau ada dua bahan utama yang alami bisa disebut secara keseluruhan produk alami,” jelas Alumnus Farmasi Universitas Sumatera Utara.

Peluang Blogger

Kemudian riset, dapat dilakukan dengan berselancar ke laman-laman yang kredibel dan valid. Sedang untuk referensi, kita  ambil dari situs resmi dan laman institusi terkait. Selanjutnya, buat kalimat seefisien mungkin dan minimalisir jargon asing.

“Gunakan kalimat pendek. Maksimal 1 kalimat 14 kata, maksimal satu kalimat 2 baris. Lebih banyak kalimat aktif karena lebih mudah dicerna. Minimalisir bahasa dewa yang hanya dimengerti orang yang berkutat di bidangnya,” pesan Kak Haya. 

marketing workshop

Workshop juga menghadirkan Digital Marketing Specialist, Niko Riansyah yang membeberkan tips content marketing. Pelajari berbagai contoh content marketing yang sukses, pahami target audiens, mudahkan akses konten dan tidak dibatasi, serta sajikan konten secara kreatif dan unik. 


Usai mendapat banyak ilmu baru, kita pun bisa langsung menerapkan. CNI Indonesia mengajak blogger meraih peluang bisnis bersama rencana pemasaran inovatif; i-Plan 2017. CNI merupakan perusahaan yang memasarkan berbagai kategori jenis produk berkualitas tinggi, antara lain; Makanan Kesehatan, Makanan dan Minuman, Produk Perawatan dan Kecantikan Diri, Produk Peralatan Rumah Tangga, dan Pertanian/Perikanan. 


Berpengalaman selama 31 tahun, CNI juga melebarkan sayap ke mancanegara. Perusahaan asal Bandung ini berekspansi ke Singapura, Hong Kong, Cina, India, Brunei, Filipina, Taiwan, dan Nigeria. Konsistensinya membuahkan berbagai penghargaan baik nasional maupun internasional. Salahsatunya, CNI memperoleh The Best Corporate Image dalam Indonesia’s Most Admired Company (IMAC) Award selama 7 kali berturut-turut dari 2007 hingga 2013.

FB: CNI Indonesia

Gusti Alendra dari Divisi Pemasaran CNI Indonesia memaparkan peluang bermitra bersama CNI. Kepiawaian blogger membuat konten dan bersosial media mampu mendatangkan penghasilan besar. Seperti rekan kita yang sukses bergabung di Gerai CNI dan memviralkan produk hingga menarik konsumen. 

"Waktunya terbatas tapi punya fans. Dia hanya memviralkan posting dan update status nama toko sendiri. Ternyata luar biasa, masih mahasiswa, berpenghasilan 5 juta rupiah perbulan. Pokoknya sebarkan, mereka buka dan belanja. Kita dapat keuntungan langsung dan komisi periode," jelas Gusti yang menuturkan keuntungan mencapai 7-12% per produk. 

Peluang bisnis terbuka luas bagi blogger yang senantiasa meningkatkan kapasitas diri. Melalui pelatihan dan ajang berbagi pengalaman, juga kita perkuat komunitas dan jalin jaringan. Jadi,  tunggu apa lagi? Yuk, kita bergerak.       







Comments

  1. Hidup blogger, saya pun msh belajar menjadi blogger. Hihihi. Nice share

    ReplyDelete
    Replies
    1. yes hiduupp ...nyok ah bang Adi kita belajar bareng

      Delete
  2. Bener banget memang antara blogger dan jurnalis menerapkan rumus 5W 1H, bedanya hanya blogger menambahkan bumbu user expirience di dalam artikelnya. BTW senang ya bisa ngilmu tips menang lomba blog dari mbak haya, lain waktu mudah2an saya bisa hadir

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepakat bang Anjar .. blogger itu jurnalis plus plus ..hehehe ..amin, moga kita ketemu sm Kak Haya, nimba ilmu lagi

      Delete
  3. Hihihi... kok sama sih mbak... aku juga merasa kesentil banget tuh pas nonton spiderman... berasa gimana gitu ya... tapi tetep semangat nge blog ah... Blogger emang beda ama wartawan... kalau wartawan 'hanya'meliput... kalau blogger ada user experience juga yang dibagikan dalam tulisannya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak duhh pedess kesentil .. untung jadi makin semangat kita yaa ... btw ada jg loh genre jurnalistik plus user experience salahsatu adalah :GONZO JOURNALISM.. contoh: Hunter S. Thompson dgn karya liputannya :Hell's Angels .. utk mendapat ulasan menyeluruh, hunter gabung jadi anggota geng motor paling angker se amrik itu.. ngerasain gimana sehari-harinya himngga setahun lamanya

      Delete
  4. Asyik banget bisa menimba ilmu dari praktisi keren ya?

    ReplyDelete
  5. Ilmu yang sangat bermanfaat banget buat blogger baru seperri saya, walaupun blm berani untuk ikut lombanya. Makasih infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. aih ulasan kak Mely super komplit gitu.. ya berani lah :)

      Delete
  6. Suka gak pede kalau ikutan lomba, apalagi tantangannya tentang travelling yang belum pernah kita kunjungi kotanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. duh kak Tati yg menang lomba kemarin yaa :D

      iya kak kalo lomba blog traveling pasti nyeritain yg udah pernah dikunjungi yaa ..hihihi.. etapi ada loh KARL MAY saat menulis amerika old west hanya "mengunjungi" perpustakaan dan melahap semua buku tentang traveling ...hehe

      Delete
  7. asyiknya bisa dapat ilmu, tambah silahturahmi juga karna ada beberapa yang belum kenal

    ReplyDelete
  8. Iya mba.ane juga ingat film spiderman . Emangnya kenapa kalau blogger datang. Hemm ada ada aja tuh naskah

    ReplyDelete
    Replies
    1. hooh yee cyiin .. rumpi dech tuh toni starkus ..ane yakin si robet downy jr kendiri tuh yg improve :p

      Delete
  9. Saya termasuk pribadi yang lansung jiper saat ada lomba blog, karena saya merasa tulisan saya belum sebagus senior. Alhamdulillah bisa ikut serta di workshop ini, saya jadi percaya diri untuk ikut lomba blog. Meski tidak menang, tetapi setidaknya saya sudah berusaha dengan ikutan lomba blog.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kakak2 peserta workshop semua memiliki blog yang bagus, ulasannya pun lengkap, termasuk liputan kak Anisa ... alhamdulillah dapat banyak pencerahan

      Delete
  10. Yuk ah jadi blogger yg berkualitas biar gak dicengin kayak di film itu hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. yesss. kalo mentornya si tetehh mahh aku yakinlah

      Delete

Post a Comment