Featured Post

OMEN by HP, Laptop Gaming Tampil Layar Ganda

Image
Yang gemar Counter Strike Global Offensive, sering gregetan ketika laptop lagging. Salahsatunya, saat musuh melempar 4 buah granat bersamaan. Kita tak berdaya untuk bereaksi cepat karena didera lag akibat minim spek perangkat keras di laptop. Ya sudah, pasrah dan tawakal.  

Peluang Bisnis Narablog Piawai

marketing workshop

Ingat dialog Spiderman: Homecoming (2017) ketika Tony Stark merayu Peter Parker bertemu jurnalis? Dia harus meyakinkan Pete, mereka jurnalis ‘betulan’ bukan blogger (narablog). “Behind this door are real journalists, not bloggers,” tandas Stark. Sebagai narablog saya tertawa getir. Sejak itu, sentilan Stark selalu terngiang, hingga saya mengikuti Workshop Indonesian Social Blogpreneur bersama CNI Indonesia “10 Quick Tips On Content Marketing”, Plaza Festival, Jakarta (27/8/17).



Pengalaman Pengguna

Narablog kawakan Haya Aliya Zaki mengungkapkan, selain untuk wartawan, 5 W (Who, What, Where, When, Why) 1 H (How) juga formula utama narablog dalam membuat konten.

“Tidak hanya wartawan yang melakukan reportase, 5W 1H ini rumus dasar untuk menulis. Kalau ada satu unsur yang hilang, tulisan kita akan pincang,” tuturnya saat mengungkap tema 'How to Win a Blogging Contest'.   

Meski bukan wartawan, narablog Selain tulisan, konten juga berupa foto, video, dan infografis. Maka Kak Haya mengajak blogger bekerja laiknya wartawan, yakni menempuh wawancara, dokumentasi, riset, dan mengumpulkan referensi.

Ulasan blogger itu soft selling. Sehingga bersifat pengalaman nyata pengguna lewat gaya bahasa nan cair tapi tetap informatif. Waktu mengikuti lomba mengulas produk untuk ibu hamil dan menyusui, Kak Haya mewawancarai adik iparnya.

marketing workshop

“Ceritakan pengalaman pribadi. Kalau belum cukup, tambah pengalaman orang lain. Wawancara. Ada user experience-nya,” imbuh pemenang utama lomba blog Vitalis Glamorous (2017).  

Sebelum menulis tentang satu merk calir raga, Kak Haya lebih dulu gali data. Produk lotion tersebut mengklaim berbahan alami. Maka, Kak Haya mengonfirmasi kawan di Badan Pwngawas Obat dan Makanan (BPOM) tentang syarat produk alami.

“Saya pernah menulis body lotion yang diklaim brand-nya adalah alami. Saya sampai tanya ke teman di BPOM. Kalau ada dua bahan utama yang alami bisa disebut secara keseluruhan produk alami,” jelas Alumnus Farmasi Universitas Sumatera Utara.

Peluang Blogger

Kemudian riset, dapat dilakukan dengan berselancar ke laman-laman yang kredibel dan valid. Sedang untuk referensi, kita  ambil dari situs resmi dan laman institusi terkait. Selanjutnya, buat kalimat seefisien mungkin dan minimalisir jargon asing.

“Gunakan kalimat pendek. Maksimal 1 kalimat 14 kata, maksimal satu kalimat 2 baris. Lebih banyak kalimat aktif karena lebih mudah dicerna. Minimalisir bahasa dewa yang hanya dimengerti orang yang berkutat di bidangnya,” pesan Kak Haya. 

marketing workshop

Workshop juga menghadirkan Digital Marketing Specialist, Niko Riansyah yang membeberkan tips content marketing. Pelajari berbagai contoh content marketing yang sukses, pahami target audiens, mudahkan akses konten dan tidak dibatasi, serta sajikan konten secara kreatif dan unik. 


Usai mendapat banyak ilmu baru, kita pun bisa langsung menerapkan. CNI Indonesia mengajak blogger meraih peluang bisnis bersama rencana pemasaran inovatif; i-Plan 2017. CNI merupakan perusahaan yang memasarkan berbagai kategori jenis produk berkualitas tinggi, antara lain; Makanan Kesehatan, Makanan dan Minuman, Produk Perawatan dan Kecantikan Diri, Produk Peralatan Rumah Tangga, dan Pertanian/Perikanan. 


Berpengalaman selama 31 tahun, CNI juga melebarkan sayap ke mancanegara. Perusahaan asal Bandung ini berekspansi ke Singapura, Hong Kong, Cina, India, Brunei, Filipina, Taiwan, dan Nigeria. Konsistensinya membuahkan berbagai penghargaan baik nasional maupun internasional. Salahsatunya, CNI memperoleh The Best Corporate Image dalam Indonesia’s Most Admired Company (IMAC) Award selama 7 kali berturut-turut dari 2007 hingga 2013.

FB: CNI Indonesia

Gusti Alendra dari Divisi Pemasaran CNI Indonesia memaparkan peluang bermitra bersama CNI. Kepiawaian blogger membuat konten dan bersosial media mampu mendatangkan penghasilan besar. Seperti rekan kita yang sukses bergabung di Gerai CNI dan memviralkan produk hingga menarik konsumen. 

"Waktunya terbatas tapi punya fans. Dia hanya memviralkan posting dan update status nama toko sendiri. Ternyata luar biasa, masih mahasiswa, berpenghasilan 5 juta rupiah perbulan. Pokoknya sebarkan, mereka buka dan belanja. Kita dapat keuntungan langsung dan komisi periode," jelas Gusti yang menuturkan keuntungan mencapai 7-12% per produk. 

Peluang bisnis terbuka luas bagi blogger yang senantiasa meningkatkan kapasitas diri. Melalui pelatihan dan ajang berbagi pengalaman, juga kita perkuat komunitas dan jalin jaringan. Jadi,  tunggu apa lagi? Yuk, kita bergerak.      

Popular posts from this blog

Kembalinya Satu Paket Kocak di Film Preman Pensiun

Rice Cooker Hilangkan Puluhan Kosa Kata Sunda