Skip to main content

Featured Post

Ordering Food is Like Choosing Netflix Show

Every company has this same question they asked themselves everyday: How can we provide the most unique offering to our costumers? How can we win our cuctomers’ mind and heart? The type of question Grab also have. The Singaporean transportation network company has been expanding in Indonesia eversince it’s appearance in 2014. 

Jusuf Kalla: Transfer Apa Yang Dimiliki


vice president of indonesia muhammad jusuf kalla
dok. sindonews.com
Salahsatu khas orang Indonesia adalah mudik. Di manapun kita berada pasti akan kembali ke daerah asal. Termasuk Diaspora, sebutan untuk orang Indonesia yang bekerja dan berusaha di luar negeri. Namun jangan sekadar mudik, diaspora juga diharapkan dapat berkontribusi bagi kemajuan Negeri.  “Seperti Anda, saya yakin walau lama di luar negeri suatu saat juga kembali ke tanah air, di samping ke keluarga juga ingin memajukan bangsa ini. Karena itu, harapan kita semua, apa yang dimiliki juga diviruskan ke dalam negeri,” pinta Wakil Presiden RI, M. Jusuf Kalla saat membuka Indonesian Diaspora Global Summit, Hotel JW Luansa, Jakarta (21/8/17).



 Sinergi Diaspora ke Dalam Negeri

Yang bisa dilakukan Diaspora, lanjut Wakil Presiden Jusuf Kalla (Wapres JK), ialah mentransfer apa saja yang dimiliki. Transfer semua kapasitas masing-masing ke dalam negeri.

“Transfer apa yang dimiliki ke dalam negeri. Saintis, profesional, mentrasfer pengetahuan di dalam negeri. Para akademisi menstranfer ilmunya ke universitas kita supaya kita tidak ketinggalan. Para pengusaha mentransfer usahanya,” Jelas Wapres.

Tidak harus selalu kembali ke tanah air, para diaspora dapat tetap berada di luar negeri menjalin sinergi senantiasa ke dalam negeri.   

“Pemerintah tidak menginginkan Anda kembali, lebih banyak di dalam negeri. Justru Pemerintah ingin Anda tetap berada di luar, dengan harapan terjadi suatu sinergi di dalam negeri,” imbuhnya.  

Wapres JK menyontohkan negara-negara seperti Filipina yang berkembang karena peran diaspora. Sebesar 30% pendapatan Singapura dari diaspora. Bagaiman dengan Indonesia?

“Kalau kita 6 juta (diaspora) saja mentransfer 100 dolar per bulan untuk keluarganya, hampir satu trilyun satu bulan. Tentu sangat penting, keluarga memperbaiki rumah, mengambil pendidikan lebih tinggi. Itu harapan kita semua, mencapai cita-cita bersama yaitu masyarakat memajukan dan mencerdaskan bangsa. Semua dampak dari kerjasama para diaspora,” pungkas Wapres.

The Indonesian Diaspora Network (IDN), bekerjasama dengan the Indonesian Diaspora Business Council (IDBC) dan Indonesian Diaspora Foundation (IDF), menyelenggarakan the 4th of Congress of Indonesian Diaspora (CID) Global Summit 2017 pada 21-22 Agustus 2017 di Jakarta. Ini adalah Kongres Global pertama yang dilakukan IDN dan diaspora di seluruh dunia.

Comments