Skip to main content

Featured Post

Ennichisai 2018; Festival Budaya Jepang di Blok M Square

Acara tahunan yang paling ditunggu: Japanese traditional festival, Ennichisai kembali digelar, sebagai rangkaian acara peringatan 60 tahun Persahabatan antara Indonesia dan Jepang.
Ennichisai kali ini mengusung tema Passion-9th. Festival diadakan di area Little Tokyo Blok M Square, Jakarta pada sabtu 30 Juni hingga ahad 1 Juli 2018.
Di sini, pengunjung bisa merasakan suasana festival seperti di Jepang. Ada berbagai pertunjukan menarik yang dimeriahkan bintang tamu dari dalam negeri maupun dari Jepang.
Selain pertunjukkan panggung, di Ennichisai juga terdapat ratusan booth makanan dan minuman khas Jepang. Menarik, bukan?

Menkes Nila Ajak Mudik Sehat, Aman dan Selamat

menteri kesehatan republik indonesia

‘Kalau suami menyetir, ajak ngobrol, biar tidak ngantuk. ‘Pulang ke Madiun ya, bu? Jangan lupa pulang bawa pecel madiun ya’. Begitu percakapan Menteri Kesehatan RI, Nila Farid Moeloek dengan salahsatu rekan blogger, kak Dewi. Ibu Menteri sengaja menyambangi Terminal Kampung Rambutan, Jakarta (5/6/18) dalam acara Ngabuburit Sehat Bareng Menteri Kesehatan RI menyosialisasikan “Mudik Sehat, Aman, dan Selamat.



Jangan Hanya Pisang

Ibu Menteri menyempatkan berdialog dengan berbagai lapisan masyarakat yang terlibat dalam tradisi tahunan ini. Mulai dari sopir bus antar provinsi, petugas kesehatan, Dinas Pehubungan, hingga pemudik. Menkes juga keliling meninjau kinerja Terminal Kampung Rambutan menghadapi arus mudik.

Menteri Nila pun tak segan membagi pesan dan nasehat. Melanjutkan percakapan, suami kak Dewi yang asli Medan punya kebiasaan mengonsumsi hanya pisang menopang stamina selama perjalanan. Meski itu bagus, namun Ibu Menteri sarankan, padukan juga dengan asupan makanan lain agar gizi seimbang dan cukup minum.     

Seperti diketahui, tradisi pulang kampung atau mudik menjelang hari raya Idul Fitri sudah dimulai. Maka, Kementerian Kesehatan RI menyiapkan segala hal demi  kelancaran perjalanan para pemudik. Komitmen ini tidak tanggung-tanggung, yaitu tidak boleh ada kemacetan di jalan tol dan zero accident pada angkutan umum.

Tiap tahun pada musim mudik selalu terjadi kasus kecelakaan yang memakan korban jiwa, walau secara umum mengalami penurunan dari 2016 ke 2017. Ibu Nila tandaskan, upaya pencegahan dan meminimalisir kecelakan akibat mudik, juga merupakan tugas Kemenkes RI.

Kemenkes berperanserta dalam pengecekan kesehatan pengemudi, melakukan edukasi kepada masyarakat dan menyiapkan pos-pos kesehatan di terminal, pelabuhan dan menyediakan layanan darurat melalui 119.


Ada 15 tips dari Ibu Menteri agar mudik sehat, aman dan selamat, yaitu:

  1. Siapkan fisik sehat dan prima
  2. Periksa kondisi kelayakan kendaraan
  3. Tidak konsumsi obat yang menyebabkan kantuk bagi pengemudi
  4. Istirahat 15 menit tiap 4 jam
  5. Jangan paksakan menyetir jika sudah mengantuk
  6. Patuhi rambu lalu lintas
  7. Kendalikan kecepatan kendaraan di jalanan rusak, bergelombang, saat hujan, dan cuaca buruk
  8. Kendaran tidak melebihi muatan yang layak
  9. Gunakan masker dan lindungi diri dari asap debu dan polusi
  10. Jangan menerima makanan dan minuman yang diberikan orang tak dikenal
  11. Cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir
  12. Konsumsi makanan dan minuman yang sehat
  13. Buang sampah pada tempatnya
  14. BAK dan BAB di toilet yang tersedia
  15. Bila Sakit, manfaatkan pos kesehatan
  




Comments

  1. Bener nih, jangan paksakan menyetir saat ngantuk. Jadi bisa memanfaatkan rest area untuk ehat barang sejenak. Semoga mudik tahun ini lancar

    ReplyDelete
  2. selama mudik semoga diberikan kesehatan dan keselamatan, selama mudik yaaa. jaga kesehatan heheh karena yang utama dalam mudik adalah badan yang sehat jadi siap menghadapi kemacetan yang kadang menggila

    ReplyDelete
  3. Semoga pengemudi dan penumpang selalu jaga stamina. Terutama pengemudi yang menjadi penanggungjawab karena membawa banyak nyawa

    ReplyDelete
  4. Istirahat setiap 4 jam sekali, hemm... Kami malah gak sanggup sampai 4 jam gitu. Sebelum 2 jam saja pasti sudah mampir menepi istirahat.

    Selamat mudik. Kali ini saya tidak mudik. Saya milih berkebun saja, hehehe

    ReplyDelete
  5. Makin suka dengan Kemenkes. Semakin hari makin inovatif aja ya program-programnya. Semoga tahun ini zero accident ya mas dan semua orang dapat mudik dengan sehat, amat dan selamat!

    ReplyDelete
  6. Mudik itu sensasinya lain ya.. meski macet luar biasa tapi tetep pada mudik ga sampai kapok, padahal luar biasa berat terkadang hehe... Saya gak mudik nih jaga gawang aja deh ga punya kampung halaman hehe..

    ReplyDelete
  7. Mudik edisi tahunan para perantau, sekarang mudik nggak semenakutkan zaman dulu yang harus berdesak-desakan dan panas

    ReplyDelete
  8. Pernah papasan sama Bu mentri pas dulu ijutan CPNS, tp blm mudeng kalo itu Bu Menkes. Btw tipsnya berguna banget nih buat mudik. Terutama tips yang gak memaksakan perjalanan kalo udah ngantuk or capek.

    ReplyDelete
  9. ini yang kadang saya lupa, istirahat. main terjang aja jalanannya

    ReplyDelete
  10. saya paling setuju sama poin yang ini : Jangan paksakan menyetir jika sudah mengantuk, karena mengantuk apalagi jika menyetir antar kota sangat berbahaya. Kalau dapat driver taxi online saja yang ngantuk udah bikin panik, apalagi perjalanan jauh

    ReplyDelete
  11. Bu Menkes ramah ya mas. Sabar juga kalau ngobrol. Senang mendengarkan nasehatnya. Tipsnya ringan tapi bermanfaat.

    ReplyDelete
  12. Mudik penuh suka duka klo tiba2 kena macet, mesti siap kondisi fisik hrs sehat ya, klo lelah y bethenti

    ReplyDelete
  13. Angka kecelakaan musim mudik tahun 2017 memang menurun kak, tapi nilai kerugiannya justru meningkat. Jadi memang harus banget waspada supaya gak terjadi kecelakaan lagi.

    ReplyDelete
  14. Jaga kesehatan waktu mudik.mah emang nomor 1 apalagi yang membawa kendaraan sendiri. Mesti prima bener. Kalo capek ya istirahat. Sayang banget kalau rencana liburan malah diisi dengan acara recovery

    ReplyDelete
  15. Iya nih, mudik kudu sehat biar selamat. Kalo sehat, minimal bisa menurunkan risiko sakit selama di perjalanan. Yang nantinya berimbas pada keselamatan. Tipsnya wajib dilakukan semua pemudik nih.

    ReplyDelete
  16. Antusias mudik emang bikin nyenengin. Tapi, keselamatan dan kesehatan selama perjalanan tetep harus jadi urusan utama karena bakal mempengaruhi kondisi selama perjalanan. Semoga yang mudik semua lancar dan bertemu kangen dengan keluarga di kampung, aamiin.

    ReplyDelete
  17. jadi keinget masa kecilku kalau mudik. Bapakku jg nyetir sendiri 7-8 jam. tapi pelan2 dan sesekali istirahat. Kalau kata org Jawa "alon-alon asal kelakon" :D Yg penting selamet aja deh di jalan, gak buru2 smapai tujuan sampai maksain ngantik2 nyetir :D
    TFS

    ReplyDelete
  18. meski pisang bagus buat kesehatan tapi tetep harus diimbangi sama makanan sehat lain ya kak... siip lah... Btw, kemenkes buka posko mudik juga kah? dimana aja ya kak...? barangkali aku bisa singgah gitu... hehehe...

    ReplyDelete

Post a Comment