Skip to main content

Featured Post

Kota Layak Anak, Kenali Ciri-cirinya

Hari ahad datang lagi. Saatnya seharian menikmati jalan raya bebas mobil lalu lalang(Car Free Day). Di jalan utama depan gerbang komplek kami sudah ada CFD. Tak perlu lagi ke Senayan atau Bundaran HI. Sayangnya, hari minggu ini tidak digelar. Ya sudah, terlanjur ke luar rumah, kami balik badan, main di lapangan komplek saja.

Aset Narablog, Murah Yang Bernilai Tambah




Selalu kagum deh melihat lini masa Instagram bersliweran foto-foto memesona hasil jepretan kawan-kawan influencer. Terutama di bulan Ramadhan, banyak yang tampilkan pesona aktivitas para pemanen keberkahan. Jadi penasaran, pakai ponsel merk apa ya hingga mampu hasilkan foto layaknya dari kamera profesional? Pasti harganya mahal.   


Honor Smartphone Murah

Alat tempur ideal seorang blogger apalagi kalau bukan komputer jinjing canggih super tipis dan langsing, agar bisa masuk ransel bersama perangkat bekal lainnya. Selain laptop canggih, smartphone pun harus sudah berteknologi terkini menjawab kebutuhan dalam mengolah konten kreatif yang berkualitas hingga klien puas dan repeat order. Begitu, kan harapannya. Demikian di antaranya.      

Jadi, bagi seorang narablog, kepemilikan gawai (baca: ponsel), termasuk upaya menghadirkan aset, bukan sekadar alat komunikasi dan pendukung gaya hidup seperti pengguna ponsel umumnya. Bagi narablog, gawai mesti bermanfaat sebaik-baiknya untuk menghasilkan nilai tambah menjelma konten yang berkualitas.

Maka pertimbangan memilih ponsel tidak lagi sebatas rentang harga. Sebagian beranggapan, tidak apa beli ponsel mahal karena tuntutan profesi. Namanya juga membeli aset, harus diperjuangkan. Nanti juga akan balik modal. Betul. Sepakat. Tapi apakah untuk mendapatkan ponsel canggih harus selalu ditebus dengan harga selangit?

Tahan dulu, Ferguso. Bagaimana kalau saya kasih tahu ternyata kita bisa dapatkan ponsel berdesain elegan, dengan performa kamera teknologi artificial intteligence (kecerdasan buatan), dengan harga tidak sampai 4 juta rupiah? Mulai minat. Yuk, maree. 


Kenalkan Honor 10 Lite. Mari kita analisis keunggulan kamera sebagai fitur utama yang dibutuhkan para pegiat digital. Konten tanpa hasil foto ciamik bagai sayur tanpa garam. 

Melansir dari Kompas Tekno, ponsel kelas menengah berpenampilan flagship ini tampil dengan dewdrop screen atau layar berhias poni serupa tetesan embun. Takik ini berperan sebagai wadah kamera depan beresolusi 24 megapiksel, dengan bukaan f/2.0. 

Kamera selfie dilengkapi AI Recognition dari 8 skenario dan multiple lighting options serta  fitur yang mengoptimalkan cahaya datang yakni AI Multi Frame Synthesis. Dengan AI, kamera Honor 10 Lite  mampu mendeteksi tiap obyek yang tertangkap dalam frame foto dengan detail yang lebih tajam dan alami. Sudah? Belum. 

Honor 10 Lite juga didukung teknologi 4-in-1 light fusion technology exposure compensation yang menyenangkan saat kita melakukan selfie maupun wefie bersama teman-teman. Dengan teknologi pengenalan wajah, hasil foto jadi lebih detail, indah dan jelas. Aduhai, paduan harmonis dari ponsel idaman penggemar swafoto. 

Ponsel bezel-less atau berbingkai tipis ini membentang layar 6,21 inci dengan resolusi 2.340 x 1.080 piksel dengan rasio aspek 19,5:9. Konfigurasi kamera utama 13 megapiksel dengan bukaan diafragma f/1.8 dan kamera sekunder 2 megapiksel.  (depth sensor). Tak heran Honor berani jamin kamera belakang bisa menangkap cahaya 50 persen lebih banyak dibanding generasi sebelumnya; Honor 10X.

Smartphone dengan varian warna Sky Blue dan Midnight Black ini sudah didukung fitur Super Night Fotografi yang lebih maksimal mengambil gambar pada malam hari atau di pencahayaan yang rendah. Kamera ganda ini tersusun secara vertikal yang dikawal LED Flash di bawahnya.

Mengutip DetikInet, Honor 10 Lite memiliki otak chip octa-core Kirin 710 (versi upgrade dari Kirin 659) dan pengolah grafis teknologi GPU Turbo 2.0. Ponsel yang diperkuat NPU (neural processing unit) untuk menangani fungsi AI ini dibanderoli harga Rp 3.299.000 (RAM 4GB / ROM 64GB). 

Melengkapi keunggulan, ponsel cerdas berkunci fingerprint ini dibekali baterai berkapasitas 3.400 mAh, dan didukung Dual 4G VoLTE. 

Honor Club

Ingin varian lainnya dari Honor yang juga ditenagai AI? Kenalkan Honor 8X. Mengutip Kompas Tekno, Kamera Honor 8X ditopang artificial image stabilization (AIS) dan anti-shaking. AIS mendukung fitur Night Shot yang menghasilkan jepretan obyek di ruangan redup atau malam hari tetap jelas.

Honor 8X unggul lewat modul kamera ganda belakang berkonfigurasi 20 megapiksel (f/1.8) dan 2 megapiksel. Kamera kedua dengan resolusi lebih kecil berfungsi sebagai pendeteksi jarak obyek untuk penerapan efek bokeh


Untuk kebutuhan selfie, Honor 8X sediakan kamera depan 16 megapiksel dengan aperture f/2.0 untuk video callselfievlogging, dan face unlockFront camera tersemat di bagian poni di atas layar bersama earpiece

Melengkapi kepuasan pengalaman pengguna, layarnya berukuran 6,5 inci. Ponsel yang memiliki kapasitas baterai 3.750 mAh ini cukup ditebus dengan Rp 3.999.000,- 

Sebelum mengakhiri bacaan, izinkan saya beritahu satu lagi keluarga Honor yang layak jadi pertimbangan. Kawan pembaca yang budiman mungkin bisa kepoin yang entry level punya, yakni  Honor 8A


Smartphone berbobot ringan dengan desain simpel khas anak muda ini punya RAM 3GB dan penyimpanan internal 32GB. Techno Okezone kabarkan, Honor 8A membentang layar berukuran 6,09 inci. Terdapat slot kartu dual SIM dan memori eksternal di sisi kiri. Sedang di sisi kanan terdapat tombol volume dan power. 

Di bagian bawah terdapat dual speaker dan micro USB untuk charger serta transfer data. Untuk headphone jack terdapat di kanan atas ponsel. Di bagian belakang ponsel dibalut tampilan plastik yang mengkilap. Bagian kanan atasnya disematkan satu kamera dan flash.


Ponsel berotak chip MediaTek Helio P35 dan antarmuka EMUI 9 ini hadir dengan kamera belakang 13 MP yang mampu tampilkan efek bokeh dengan bukaan lebar. Beberapa fitur melengkapi ponsel dengan daya baterai 3.020 mAh ini antara lain, mode Pro, Panorama, HDR, dan Beauty. Di bagian depan terdapat kamera selfie 8MP .

Fitur yang menarik dari Honor 8A adalah penyematan dua pengeras suara di bagian bawah. Performa speaker-nya mampu memberikan suara nyaring tapi tidak cempreng. Makanya tidak perlu speaker tambahan untuk memainkan musik karena suara bass-nya juga terasa. Harganya? cukup 1,9 juta rupiah saja. 

Nah, kan, sudah tahu sekarang Honor punya varian ponsel yang otomatis bikin kita jadi pusat perhatian tanpa perlu menguras isi dompet. Wabilkhusus tiap kali kita unggah hasil foto di lini masa Instagram. Apalagi kalau kita sematkan tanda air (watermark) AI Honor 10 Lite. Makin mentereng dan tambah lugas diketahui dari mana hasil foto itu tercipta. 

Jadi, foto yang mantul tidak selalu dihasilkan kamera ponsel mahal. Bersama Honor, karya foto ciamik juga bisa tercipta dari smartphone nan ekonomis. So, sekarang sudah ada inspirasi dong ke mana dana tunjangan hari raya (THR) dialokasikan. hehe. Yuk, rekans pegiat konten, kita beli aset yang murah namun tetap punya nilai tambah. Aset yang sangat bermanfaat bagi keberlangsungan semburat daya cipta energi muda.  


Selanjutnya, kita bisa fokus asah teknik dan kreativitas ala content creatorDi akhir Ramadhan ini jadilah kita songsong hari kemenangan bersama ponsel anyar. Pasti bakalan banyak momen berkesan untuk dibagikan menjadi konten yang berfaedah. Kita bikin semarak lini masa dengan watermark Honor 10 Lite, Honor 8X, dan Honor 8A. Abadikan suasana mudik yang penuh syukur kembali diberi kesempatan merayakan pertemuan dengan orang-orang tercinta.        

Oh, iya. Honor fans mau tambah kawan hingga saudara yang berbagi minat dan antusiasme yang sama? Yuk, gaes, kita merapat ke forum resmi penguna Honor bertajuk HONOR Club, forum berfaedah dan dermawan sering bagi-bagi banyak hadiah juga informasi terkini seputar HONOR Smartphone dan teknologi. 

Sumber:
https://tekno.kompas.com/read/2019/02/28/09140767/spesifikasi-dan-harga-honor-lite-10-di-indonesia
https://tekno.kompas.com/read/2019/02/27/16110067/honor-10-lite-dan-8a-resmi-dijual-di-indonesia-ini-harganya?page=all
https://tekno.kompas.com/read/2018/11/07/14160037/harga-dan-spesifikasi-lengkap-honor-8x-versi-indonesia
https://inet.detik.com/consumer/d-4311658/resmi-dirilis-ini-spek-dan-harga-honor-10-lite
https://inet.detik.com/consumer/d-4311658/resmi-dirilis-ini-spek-dan-harga-honor-10-lite
https://techno.okezone.com/read/2019/03/18/92/2031553/mencoba-honor-8a-ponsel-low-end-cocok-untuk-musik?page=3

Comments