Skip to main content

Featured Post

Ordering Food is Like Choosing Netflix Show

Every company has this same question they asked themselves everyday: How can we provide the most unique offering to our costumers? How can we win our cuctomers’ mind and heart? The type of question Grab also have. The Singaporean transportation network company has been expanding in Indonesia eversince it’s appearance in 2014. 

Ke Gramedia, Tak Tersedia Buku yang Diinginkan? Manfaatkan Gramedia GO

gramedia go layanan buku online


Tiap akhir pekan, adik lelaki semata wayang main ke rumah, Biasa, mau mengajak anak-anak saya, keponakannya, jalan-jajan. Sepeninggal ibu, mengobati rasa sepi, adik memang lebih sering bertandang ke rumah. Diajaklah kami ke pusat jalan- jajan paling dekat; Mal Pondok Indah. PIM jadi pilihan karena dekat dan ada toko bukunya.  


Niat Terganjal, Harapan Pupus  

Tuntas isi perut di food court, kami mampir ke Toko Buku Gramedia. Selain membelikan komik untuk anak-anak, adik mencari buku karangan ustad favoritnya; Ahmad Sarwat. Ada tema yang menarik minat adik ingin telusur lebih lanjut lewat buku beliau yang diterbitkan Gramedia Pustaka Utama.

Kami pun berpisah. Adik memilah judul di deretan buku Agama Islam, dan saya menemani anak-anak memilih buku cerita bergambar. Luar biasa produktif si Faza Meonk. Banyak pilihan cerita si Juki, sampai bingung dua anak sekolah dasar ini mau ambil edisi yang mana. Setelah menimbang, mengingat, dan memperhatikan, kami berhasil menetapkan pilihan.

Apa kabar adik lelaki saya? Kami tak menemukan dia di rak buku sasarannya. Berbekal kacamata silindris empat, saya berupaya memindai sekeliling dari tempat berdiri. Anak bungsu saya yang tak sabar, langsung berseru: itu Om Apli, Ayah! Adik sedang berada di pojok komputer pencarian judul buku bersama seorang pramuniaga Toko Buku Gramedia.

Ternyata buku yang diinginkan tidak tersedia. Mas pelayan toko menyarankan kami mencoba ke Toko Gramedia Matraman. Tentu saja tidak bisa malam itu. Besok pagi sudah mulai beraktivitas kembali. Pulang kerja juga belum tentu bisa ke toko buku. Bawaannya ingin segera hempaskan badan ke tempat tidur lalu mager (malas gerak). Apalagi jarak ke Matraman lumayan jauh. Niat beli buku kembali terganjal. Pupus lagi harapan memperoleh bacaan incaran.


Tapi itu dulu. Sekarang beda. Tidak ada lagi judulnya ke toko buku tapi tidak menemukan judul yang diinginkan. Karena kini Toko Gramedia menyediakan layanan omni channel. Inovasi paling anyar Gramedia bareng Gramedia Digital Nusantara sebagai mitra pengembang teknologi. Nama layanannya: Gramedia GO yang memudahkan pelanggan mendapatkan buku, baik secara daring (online) maupun offline dengan datang ke toko. 

Gramedia GO terdiri dari 2 layanan yakni Pick Up in Store dan Order From Store. Adik lelaki semata wayang saya itu bisa manfaatkan layanan Pick Up In Store. Sedang dilanda mager, pesan saja buku idaman dari tempat tidur, melalui website atau aplikasi gramedia.com . Ambil pesanan di Toko Gramedia ketika gerakan dirasa sudah kembali gesit. 

Fitur ini efektif dan efisien, karena selain terhindar dari waktu antre di kasir, Gramedia GO Pick Up in Store bisa memangkas ongkos kirim. Layanan terbatas baru bisa di Toko Gramedia Matraman. Ke depan, fitur ini segera diperluas di Toko Gramedia seluruh Indonesia.

Adik lelaki semata wayang saya ini juga bisa mengunakan layanan Order From Store. Bila besok kita ke Toko Gramedia Pondok Indah Mall, kejadian serupa tak akan terulang lagi, karena kini sudah ada solusi praktis. Dekati saja kakak-kakak manis berapron oranye yang selalu siap membantu. Pesan dan transaksi langsung untuk pembelian buku yang tidak ada di toko atau stok habis.

Buku yang dipesan segera dikirimkan ke alamat yang dituju melalui kurir ekspedisi. Pesanan bisa lebih cepat sampai. Saya sudah mencoba layanan ini. Saya memesan di Senin siang dan paket sampai pada Selasa siang. Kita bisa pantau pergerakan pengiriman di situs atau aplikasi gramedia.com 

Fitur Order From Store sudah bisa kita manfaatkan di seluruh Toko Gramedia yang tersebar di Indonesia. Kabar baik bagi penggemar diskon, untuk tiap transaksi menggunakan Gramedia GO, pelanggan mendapatkan gratis biaya pengiriman maksimal 10 ribu rupiah tanpa minimum pembelanjaan. Promo berlaku di seluruh Toko Gramedia hingga 31 Oktober 2019. 

Layanan Gramedia Go memang yang paling ditunggu-tunggu para pelanggan setia toko Gramedia.  Hal ini mengemuka di Mini Launching Gramedia GO pada Senin 14 Oktober 2019 di Cozyfield, Gramedia Pondok Indah Mall 1, Jakarta Selatan. Acara peluncuran dihadiri Operation Director Gramedia V. Sugiarto dan Chief Marketing Officer Gramedia Digital Nusantara Ayu Razumova. 

Hadir juga para book lover yang sudah mengunakan layanan Gramedia GO. Bookstagrammer dan Bookvlogger Kanaya Sophia dan Haris Sibghatullah FQ ungkapkan kesan menggunakan layanan Gramedia GO. Layanan ini sangat berguna bagai mereka yang sebelumnya sering mengalami kehabisan stok buku di Gramedia terdekat hingga harus cari lagi ke toko Gramedia lainnya. 

Untuk Order From Store, Haris sampaikan, layanan tersebut sangat berguna bagi pelanggan yang berada di daerah, di mana akses Toko Gramedia sangat terbatas. Di Sumatera Barat, kampung halaman Haris, Toko Gramedia hanya ada di Padang.

“Teman-teman dari Bukittinggi ke Padang; 3 jam. Ternyata sampai di Padang, buku tidak ada. Gramedia GO menolong teman-teman di daerah. Kalaupun bukunya tidak dapat, dia bisa langsung pesan,” imbuhnya. 

Gramedia GO memiliki lebih dari 25.000 judul buku, setara dengan koleksi buku di tiap Toko Gramedia. Walhasil, tidak ada lagi kejadian ke toko buku tapi tidak jadi beli buku, karena stok buku incarannya habis. Bookshopping must go on with Gramedia GO. 

Jadi dengan kehadiran Gramedia GO, kita datang ke toko memperoleh pelayanan yang lebih luas lagi. Tersedianya berbagai pilihan pembelian memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan. Apalagi di era creative destruction, inovasi omni channel yang belum banyak diterapkan ini menunjukkan Gramedia sebagai perusahaan zaman now yang dinamis dan terus berorientasi tumbuh.      

Comments