Aleenahoz Beauty Gelar Seminar Potensi Bisnis Spa Syariah di Indonesia

 

aleenahoz beauty home spa syariah


Rekan pembaca, kebutuhan muslimah akan layanan perawatan yang privat menghadirkan spa syariah. Apalagi hijabers lebih spesifik memilih produk dan layanan yang aman dan nyaman bagi mereka.  


Urgensi Umat Butuh Spa Syariah     

Realitas tersebut diperkuat penuturan Consultant and Trainer SPA SJ. T Wiwit Azmi L., AMDFT, SE, A.P.Ph, DIPL. Cidesco. Sebagai muslimah, Wiwit merasakan sendiri kebutuhan akan layanan kecantikan dan kesehatan yang aman dan nyaman sesuai tuntunan Islam. 

“Kita ingin potong rambut, eh tempatnya terbuka. Kita ingin perawatan, kok ada lawan jenis. Ketika kita mau buka, kok masih ada yang lihat. Kebutuhan itu, di mana kita harus menjaga syar‘i kita,” beber Wiwit dalam Seminar Potensi Bisnis Spa Syariah di Indonesia, Sabtu  18 Maret 2023, Hotel Sofyan Tebet, Jakarta.        

Urgensi ini yang menggerakkan kak Wiwit menggeluti bidang spa syariah. Sejak 2001, dirinya berkecimpung di dunia spa syariah dengan mengajar, dan terlibat dalam pengembangan dari aspek teknis hingga pengelolaan. 

Istilah Spa merupakan singkatan yang berasa dari bahasa Yunani "solus per aqua" atau "sante par aqua" yang bermakna sehat dengan air atau terapi air.. Wiwit menuturkan, layanan spa di Indonesia berawal di hotel dan resort. Spa berkembang di lokasi yang jauh dari pemukiman kota, karena  lazimnya spa dibuka dekat sumber mata air dan alam. Kemudian, karena pertimbangan jarak dan butuh waktu mencapai ke lokasi, sekitar 2004-2005 bermunculan berbagai city spa di perkotaan yang memudahkan pelanggan datang. 

Spa syariah menawarkan bahan yang halal dan paket yang tidak dilarang dalam syariah. Momentum ini menyambut kebutuhan umat akan pilihan produk kosmetik yang halal yang kemudian mendukung perkembangan industri halal.   



Raih Peluang Spa Syariah di Industri Halal 

Chairman of Indonesia Halal Lifestyle Center Prof. Dr. Sapta Nirwandar mengungkapkan, industri halal bukan lagi besar tapi sangat besar dengan nilai triliunan dolar. Paling tidak ada sepuluh klaster industri halal, sebut Pak Sapta. Pertama, makanan. Halal food  tidak sekadar halal, tapi juga menjadi tren global sebagai makanan sehat (healthy food). Klaster lainnya yaitu keuangan dan fesyen. 

Kemudian yang juga berkembang pesat yakni kosmetik halal yang lekat dengan farmasi atau obat-obatan dan wellness. Rempah-rempah, dan aroma terapi menjadi gejala global di mana pilihan bergeser dari yang berbahan kimiawi ke yang berbahan alami. Unsur dari klaster ini, sebut Pak Sapta, sangat strategis dikaitkan dengan spa dan perawatan kecantikan.      

Lalu, klaster berikutnya yakni pariwisata halal atau halal tourism yang kian  berkembang pesat. Pak Sapta menyampaikan,  kita masih menyebutnya sebagai muslim friendly tourism. Padahal di negara Inggris jelas menamakannya sebagai halal travel. Di Malaysia, pariwisata halal tegas disebut sebagai Islamic tourism

Pariwisata halal atau halal tourism gencar dilakukan karena dianggap sebagai extended services atau tambahan servis untuk turis muslim. Misal, tersedianya rumah makan halal, dan tempat ibadah yang ramah pelancong muslim. Dengan harapan the more you stay the more you spend. Makin betah kita berlibur di suatu daerah, makin besar kemungkinan kita berbelanja di daerah tersebut.  


Aleenahoz Beauty Home Spa Syariah   

CEO Aleenahoz Beauty Deta Idriana, S.KOM, DIPL. CIDESCO SPA,. CIMI menyampaikan, Seminar “Potensi Bisnis Spa Syariah di Indonesia” digelar sebagai syiar yang menampilkan spa sebagai layanan yang baik, karena menjaga kesehatan secara holistik baik fisik maupun mental. 

“Kita ingin mensyiarkan spa itu bertujuan sangat baik, untuk relaksasi, revitalisasi, dan rejuvenasi,” imbuh Kak Deta.   

Dalam presentasinya, Kak Deta memaparkan perkembangan bisnis spa dan perawatan kecantikan Aleenahoz Beauty. Beradaptasi dengan pandemi, Aleenahoz Beauty sukses menjalankan strategi jemput bola lewat home spa syariah. Kini, seiring kondisi berangsur endemi, Aleenahoz Beauty membuka peluang kemitraan. Aleenahoz Beauty Home Spa Syariah mengajak pihak yang tertarik berinvestasi dan berminat membuka spa syariah di daerahnya. Aleenahoz Beauty juga mengajak khalayak yang berminat menjadi mitra terapis Aleenahoz yang dibina oleh Kak Wiwit Azmi. 

 

Komentar