Bloggercrony BloggerDay 2023 Tingkatkan Profesionalisme Blogger

 

bilbo baggins journey there and back again the hobbit
[latar: @bloggercrony | Fanart - Bilbo Baggins by OCarlitos]

Rekan Pembaca, BloggerDay datang lagi! 8th Anniversary Komunitas Bloggercrony Indonesia menjadi spesial bersama dua rangkaian kegiatan; Kick Off Event secara daring, dan Fun Camp di Puncak Halimun Bogor. Seperti apa keseruannya? Lanjut baca, yuk!  


Blogger itu Profesi? 

Tak bisa dipungkiri, Milad Komunitas Bloggercrony Indonesia selalu menjadi momentum blogger bermuhasabah. Setidaknya bagi saya yang kembali berintrospeksi tiap kali memperoleh lencana khas BloggerDay. Saya baru punya 3 pin, dan ketiganya event daring. Jadi saya belum sempat merasakan sensasi serunya event temu langsung. Acara tahunan BloggerDay menantang keseriusan saya yang mendaku sebagai narablog. Yakin blogmu masih relevan hari ini? Begitu kira-kira pertanyaan menggigitnya. 

Tapi menariknya, bergabung dalam komunitas yang tepat, bikin blogger terpacu push rank. Kesadaran progresif yang timbul ketika kita berjejaring dan terberdayakan. Apalagi penguatan skill menjadi salah satu program komunitas ini. Maka, tak heran bila makin ke sini Bloggercrony Community kian ke sana mengajak anggotanya beranjak ke tingkat lebih lanjut mengimbangi dinamika dunia kreatif.   

Yes! Tentu blogger tidak mau dong dipandang sebelah mata. Yang berdiri di antara jurnalis dan netizen ketika di lapangan. Kan kita jurnalis juga, ya? (kok, enggak yakin gitu 😊). Blogging juga termasuk kegiatan jurnalisme warga. Kita bisa kok profesional. Blogger juga mampu melakukan kerja jurnalistik yang kredibel. Nah, komitmen ini tentu harus kita buktikan secara bertanggung jawab (dan resmi) lewat kompetensi.    

suka duka kerja wartawan ibukota jakarta
numpang, numpang, blogger ikut jepret

Eh, tunggu dulu. Memang blogger termasuk profesi? Ternyata tidak semudah itu menyematkan ‘profesi’ dalam diri seorang blogger. Founder Bloggercrony Wardah Fajri mengungkapkan, narablog sebagai profesi masih menyisakan pertanyaan. Nah, mulai menarik. Mbak Wawa, panggilan akrabnya, mengecek di Badan Pusat Statistik (BPS) perihal kriteria profesi terkait lingkup kerja blogger.   

“Setelah saya teliti, blogger masuk di beberapa kategori profesi. Tapi kita tidak tahu, kita ini profesi, bukan, sih? Kita sudah diakui, enggak, sih? Bagaimana bisa profesional, kalau kita belum punya standar etika, kecakapan, kompetensi?” tandas Mbak Wawa memantik diskusi di Pengantar Kick Off Event Pemetaan #SkillSetUp Blogger Indonesia Bersama #BCCSquad, Zoom Meeting, Jumat 24 Februari 2023.       

Soal polemik ini, biarlah kita gulirkan di kesempatan lain. Hehe. Yang jelas, bersama fasilitator Satto Raji (Co-Founder Bloggercrony), dan Bowo Susilo, Moderator Fawwaz Ibrahim, dan Host Putri Zhea, 100 peserta daring BloggerDay 2023 memperoleh wawasan skill set menuju blogger yang profesional.   

 


Dongkrak Pengetahuan Jadi Keterampilan 

Di tengah upaya agar tetap relevan, saya tambah gundah gulana akibat kemunculan ChatGPT. Untung hadir Pengawas Komunitas Bloggercrony Indonesia, Anwari Natari menjadi pembicara di Kick Off Event. Bang Away, sapaan akrabnya, membekali seratus peserta daring dengan materi, yang kalau kata anak sekarang: daging semua!  Berikut saya sorot beberapa cuplikannya. 

Bang Away bilang, ChatGPT bukan ancaman, sebab teknologi bot itu tak bisa menggantikan keunikan manusia. Buktinya, lanjut Bang Away, ada peserta yang seketika berkelakar di bilah obrolan: “Bang Away, kalau di rumah, apakah berubah nama jadi ‘Home’?” Merujuk ke istilah sepak bola “Home and Away”. Lucu atau garing, ya terserah netizen.    

“Itu kan reflek kreatif yang muncul karena kita punya sikap kreatif, dan itu bisa dilatih,” imbuhnya.    

Bicara soal melatih kreativitas, Bang Away beberkan tiga pilar yang harus dimiliki, apapun profesi kita, yaitu Pengetahuan (Knowledge), Keterampilan (Skill), dan Sikap (Attitude). Misal, pengetahuan teknik mewawancara akan menjadi keterampilan ketika kita melatihnya. Selanjutnya, kecakapan harus diperkuat dengan sikap. Pembawaan interpesonal yang luwes akan membuat narasumber nyaman hingga membuka diri.    

Tantangan kemudian adalah ketidakfamiliaran narasumber terhadap blogger. Di sinilah, sebut Bang Away, kita menampilkan public speaking menjelaskan keunggulan blog kita terkait insight dan engangement. Bicara kualitas blog, Bang Away mengajak blogger mengasah kemampuan visual. Memotret akan mengaktifkan pengalaman indera kita hingga tulisan menjadi kaya. 

Terakhir, Bang Away berpesan, meski banyak skill set yang perlu dikuasai, jangan sampai kita memaksakan diri. Don’t be so hard on yourself. Fokus dan pelajarilah satu persatu. Sedikit demi sedikit tapi konsisten. Tips ini penting diterapkan guna menjaga antusiasme dan kemajuan kita. Jadi, sudah siap melakukan “Skill Set Up”? 


fun camp di puncak halimun bogor gathering blogger
desain latar & foto: @Bloggercrony
 

Kemping Sebagai Detoks 

Tidak ikut ke Puncak Halimun Bogor (Sabtu-Ahad 4-5 Maret 2023), saya malah gregetan melihat dokumentasi dari Mbak Wawa di grup WA. Tergoda kita membayangkan sensasi kembali ke alam menghirup udara segar. Sekian lama berjibaku di hutan beton, Fun Camp jadi ajang healing dan detoks internet yang cespleng. Goresan sketsa spontan Kak Arya mengabadikan momen juga menambah kesan autentik perjalanan. Sudahlah aktivitas minim gawai, “memotretnya” pun secara manual. Gambarnya mengingatkan kita akan kenangan manis ilustrasi buku anak klasik.

Kawan-kawan Fun Camp berkumpul dan bercengkerama, merefleksikan kebiasaan para pendiri bangsa. Berhimpun dalam pusaran kreativitas membicarakan gagasan. Tak terjangkit phubbing dan distraksi, rekan Fun Camp lebih efektif menyerap ilmu dari Bang Away. Di sesi lain, teman-teman mengikuti games dan lomba. Kemudian makan bersama. Aih, betapa kita merindukan hal yang sederhana dan organik, tapi ampuh menjawil hormon kebahagiaan. 

Komunitas Bloggercrony memfasilitasi blogger Indonesia mengembangkan kualitas dirinya, membangun jejaring positif, meningkatkan produktivitas dengan menciptakan tulisan/ konten yang informatif, bermanfaat dan inspiratif, serta berdaya mandiri dan profesional. Ingin kepoin lebih lanjut, kawans bisa follow Bloggercrony di akun media sosial Instagram dan Twitter @bloggercrony. Akhirnya, saya ucapkan selamat dan sukses untuk hari jadi Komunitas Bloggercrony. Terima kasih jamuannya. Tetaplah tampil beda dan inovatif. Salam olah raga!  

Komentar