Honda Gx200 Dukung Peningkatan Produksi Pertanian

 

Keandalan dan Keunggulan Mesin Honda Power

 

Dalam Dies Natalis ke-60 Institut Pertanian Bogor (IPB) University beberapa waktu lalu, Rektor IPB Arif Satria menyampaikan ragam inovasi IPB. Di hadapan Presiden Joko Widodo, Rektor Arif memperkenalkan 10 varietas padi unggul guna memenuhi kebutuhan pangan beras berkualitas dari dalam negeri.

 

Inovasi Varietas Pangan 

Salah satu varietas padi unggul yaitu Padi IPB 3S yang memiliki produktivitas tinggi hingga mencapai 11 ton per hektar. Padi IPB 3S dikembangkan oleh Peneliti IPB University dari Departemen Agronomi dan Hortikultura, Fakultas Pertanian Hajrial Aswidinnoor. Diteliti sejak 1999, Padi IPB 3S merupakan persilangan dari varietas lokal dengan varietas unggul nasional yakni Sigundil, Sentani, Seratus Malam, Kelimutu, Hawara Bunar, Gajah Mungkur, Jatiluhur, dan Cisadane. Varietas padi unggulan IPB University ini baik untuk lahan sawah tadah hujan. 

Selain pangan beras, IPB juga menampilkan inovasi varietas unggul cabai merah, yakni Cabai IPB CH3, Pesona IPB, dan Cabai Pelangi. Varietas unggul cabai merah tersebut dikembangkan oleh Guru Besar Departemen Agronomi dan Hortikultura, Fakultas Pertanian, Institut Pertanian Bogor (Faperta IPB) Muhamad Syukur. 

Cabai IPB CH3 mempunyai keunggulan antara lain; produktivitas tinggi, umur panen lebih cepat, serta memiliki tingkat kepedasan 2-3 kali dari cabai biasa. Makanya, Cabai IPB CH3 cocok sekali digunakan untuk industri saos. Kalau Cabai Pesona IPB punya keunggulan yakni produktivitas yang tinggi, ukuran buah panjang, serta tingkat kepedasan yang sangat tinggi. Tingkat kepedasan Cabai Pesona IPB bisa sepuluh kali dari cabai biasa. 

Selain berkonsentrasi pada inovasi pangan, IPB juga fokus pada teknologi pangan yang mencakup alat-alat produksi pangan. Dalam tiap kesempatan, Rektor Arif Satria yang juga Ketua Umum ICMI ini mengingatkan perihal pentingnya kita trengginas beradaptasi dengan perkembangan teknologi terkini, terutama teknologi di bidang pertanian. 


Teknologi mesin honda power mesin honda GX dan GP


Alat Pertanian Modern 

Untuk teknologi pertanian di aspek peranti lunak (software), industri 5.0 menekankan pada pemanfaatan Artificial Intelligence/ AI (kecerdasan buatan), di antaranya dalam aktivitas monitoring, dan identifikasi yang membantu petani membuat keputusan yang cepat dan tepat. Optimalisasi software dalam proses aktivitas pertanian juga bermanfaat untuk membantu petani mengatasi masalah hama dan penyakit tanaman. 

Adapun teknologi pertanian di aspek peranti keras (hardware) berkaitan dengan peralatan pertanian modern. Kelengkapan peralatan canggih sangat mendukung petani bekerja lebih efektif dan efisien di tahapan cultivating, penanaman, pemupukan, irigasi, panen, dan pascapanen. Dukungan alat pertanian modern ini berpengaruh terhadap kelancaran proses pertanian hingga meningkatkan produksi pertanian.

keunggulan Mesin Honda Power Honda Gx200
Contoh, penerapan alat pertanian modern dengan menggunakan mesin serba guna dari Mesin Honda Gx200. Mesin Honda Power, salah satunya tipe mesin GX, merupakan seri kelas komersial yang legendaris. Keandalan Mesin Honda Power terbukti lewat konsistensi mesin yang mudah dihidupkan, dan kinerja bahan bakar yang efisien.  

Mesin Honda Power melegenda di kalangan petani, karena performa mesin yang memiliki tingkat kebisingan lebih rendah, getaran rendah, dan emisi yang lebih rendah - tanpa mengorbankan daya output/ tenaga atau kinerja. Mesin Honda Power dapat diandalkan untuk pekerjaan berat, sebab dibangun dengan komponen berkualitas tinggi yang dirancang untuk kinerja optimal di lingkungan kerja paling keras. 

Mesin Honda Gx200 memiliki beberapa seri, antara lain:

  1. Engine - GX200T2 LBH (Putaran Lambat)
  2. Engine-GX200 LHB2 (Putaran Lambat)
  3. Engine - GX200T2 QD
  4. GX200 - SGN - R280 BI-FUEL ENGINE
  5. Engine - GX200T2 QBHV 

Salah satu seri Mesin Honda Gx200; Honda Gx200T2 QD dikenal andal berkat kinerja superiornya. Honda Gx200T2 QD dapat diaplikasikan sebagai cultivator/ pembajak tanah, mesin semprot bertekanan tinggi, peralatan kebun profesional, pompa air,  generator, dan konstruksi / peralatan industri.

 Spesifikasi dan fitur Honda Gx200T2 QD, antara lain;

  • Mesin Honda OHV Kelas Komersial
  • 4.8 kW (6.5HP)/ 3600 rpm dan Isi SIlinder 196 cm³
  • Hemat Bahan Bakar
  • Garansi 1 Tahun

Jadi, perpaduan software dan hardware saling melengkapi dan mendukung keberhasilan kegiatan pertanian modern, baik dari kuantitas maupun kualitas. Penerapan alat pertanian modern  mendukung peningkatan produksi pertanian lewat efektivitas dan efisiensi. 

Contoh, mesin pompa air dari Honda memungkinkan penghematan waktu dan tenaga dalam tahapan produksi. Penggunaan mesin serbaguna Honda yang berfungsi sebagai sprayer, meningkatkan efisiensi dalam pengendalian hama dan penyakit tanaman. Segenap kelebihan ini memungkinkan Mesin Honda Gx200 mampu diandalkan untuk meningkatkan produktivitas pertanian. 

Jaringan dealer Honda tersebar di lebih dari 300 dealer yang menyediakan suku cadang hingga layanan servis. Bagi yang berlokasi di sekitaran ibu kota, kita bisa memperoleh unit dan parts Honda Power di dealer SUPERINDO TEKNIKA LESTARI yang beralamat di Jalan Pangeran Jayakarta 139 C, Mangga Dua Selatan Sawah Besar, Jakarta Pusat. 

Untuk informasi lebih lanjut, dan memperoleh penawaran menarik, kita bisa berkunjung ke situs resmi Honda Power Products Indonesia. Kita juga bisa mengakses produk-produk Honda Power via ponsel dengan mengunduh aplikasi Honda Power ID.