Skip to main content

Featured Post

Mau Makan Apa? Semua Ada di Huk Family Resto

Proses pemungutan suara untuk pemilihan presiden sudah selesai. Dengan teknologi penghitungan cepat, hampir dipastikan kita sudah mengetahui siapa yang terpilih. Nah, sambil menunggu hasil akhir real count, enaknya ngapain ya?

Mona Ratuliu Ajarkan Anak Bisnis, Talkshow Sun Life Edufair

sun life financial dan asuransi pendidikan anak

Bagaimana baiknya pola asuh orang tua generasi zaman now? Sangat ketat, katanya tidak bagus juga. Membebaskan, juga bukan langkah yang bijak. Sebelum makin galau, yuk simak tips dari aktris Mona Ratuliu dalam Talkshow Sun Life Edufair 2017: “Pola Asuh Anak Lintas Generasi”, Atrium Area, Mal Kota Kasablanka, Jakarta (21/10/17). Alih-alih memanjakan, Mona sudah mengajarkan anak remajanya mencari uang sendiri jika ingin membeli sesuatu.


Medsos Yang Menginspirasi

“Saya bikin anak saya yang pertama butuh uang. Saya itung. Saya sudah datang ke kantin-kantin. Jajanannya ada yang 15 ribu, 20 ribu. Mustinya uang jajan Rp 500 ribu sebulan,  saya bikin 300 ribu saja. Kan kurang tuh,” imbuh ibu Davina Shava Felisa (14).

Karena uang tidak cukup untuk jajan, kadang Mima, panggilan Davina, harus bawa bekal makan dari rumah. Dari situ timbul kebutuhan untuk punya uang sendiri. Hingga pernah Mima membuat proposal untuk membuka bisnis online shop.

“Pernah bikin proposal. Browsing internet, cara bikin proposal online shop. Minta modal sama saya. Mau bikin baju dia desain sendiri. Karena dia butuh banget duit,” tutur istri pebisnis Indra Brasco.

Kalau sulung dari 3 bersaudara ini ingin menonton konser musik, Mona biasanya hanya memberi separuh jumlah uang,  

“Kalau temennya nonton konser, dia juga pengen, biasanya saya kasih separuh saja. Sisanya cari sendiri. Jadi, mau tidak mau dia berpikir,” tambahnya.   

Selain itu, Mona juga menantang anaknya untuk bisa menghasilkan uang dari media sosial.

“Bagimana caranya media sosial kamu punya value. Sehingga bisa mendatangkan uang. Kalau kamu pengen media sosial kamu jadi duit, kamu mesti posting sesuatu yang orang-orang interested. Terus yang bermanfaat juga buat orang lain,” ungkap Mona mengulang ucapan kepada anaknya.  

Tidak sekadar ajang eksis, media sosial juga punya manfaat lebih dan menginspirasi.

“Dia pernah posting dan banyak reaksi di komennya yang merasa terinspirasi dan terbantu. Dari situ dia jadi senang bikin posting yang menginspirasi,” ujar pemeran Poppy dalam Lupus Milenia (1999 – 2002)

Sun Life Bright Education

Sun Life Edufair 2017 merupakan perhelatan open house 20 sekolah dasar formal dan 5 sekolah informal di Jabodetabek. Pameran pendidikan ini mempertemukan sekolah dasar terbaik, pakar pendidikan, psikolog, orang tua dan anak-anak. 

Hadir juga sebagai narasumber Chief Agency Officer Sun Life Financial Indonesia Wirasto Koesdiantoro yang memaparkan pentingnya perencanaan biaya pendidikan sejak dini bagi anak-anak kita.  

Pameran selama tiga hari ini memfasilitasi orang tua mendapat informasi pendidikan terbaik dan perencanaan keuangan untuk mewujudkan cita-cita putra-putrinya. Kegiatan yang berlangsung antara lain; pameran, presentasi, dan, pertunjukan sekolah-sekolah, pameran Generasi #Lebihbaik, temu wicara polah asuh anak, workshop anak-anak, penampilan selebriti, serta kuis dan hadiah.

Untuk membantu para orang tua merencanakan pendidikan, Sun Life membuka portal daring gratis Sun Life Bright Education. Laman yang mengedukasi masyarakat mengenai cara untuk meraih kemapanan finansial. 

Sun Life Bright Education merupakan salah satu upaya Sun Life dalam pemanfaatan teknologi yang memberi orang tua pilihan terbaik bagi putra putrinya. Terdapat fitur-fitur penting, seperti 'kalkulator' yang dapat mengitung perencanaan keuangan pendidikan, dan 'bandingkan' yang menampilkan berbagai profil sekolah-sekolah unggulan di Jabodetabek. Juga terdapat 'artikel' yang berisi pencerahan-pencerahan dan inspirasi tentang pola asuh dan cerdas finansial.     

Comments

  1. iya put, kita sama dapat banyak ilmu di acara tsb..

    ReplyDelete
  2. wah tipsnya bagus juga ya dalam mendidik anak. Jadi anak tertuntut menggunakan media sosial untuk hal positif.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bund, kadang anak mmg harus dituntut agar positif dlm bermedsos

      Delete

Post a Comment