Featured Post

Hanya Satu Cara Lestarikan Bahasa Daerah: Wariskan!

Image
Bagi rekan pembaca yang pemerhati bahasa Indonesia, mungkin familiar dengan slogan Badan Bahasa Republik Indonesia: “Utamakan Bahasa Indonesia, Lestarikan Bahasa Daerah, dan Kuasai Bahasa Asing.

Me-Time itu Egois



Percakapan di atas dua roda bisa sangat berkesan. Pulang menumpang motor seorang kawan satu kantor setahun lalu masih menyisakan tanya. Hingga hari ini. Kata kawan itu, sebut saja Pak Jati, begitu  lelaki menjadi kepala keluarga, tidak ada lagi waktu untuk dirinya sendiri. Kau harus melepas semua kebebasan yang pernah kau dapat waktu masa lajang dulu. Pendeknya, kepala keluarga tidak lagi punya me-time.


Wejangan Kawan

Ah, masa’ Pak? Jelas saya keberatan, tidak lantas mengiyakan. Kami belum setengah perjalanan, Pak Jati sudah gulirkan isu saja. Kami mulai melaju masuk daerah Kemang. Saya jadi perlu sampaikan konfirmasi berulangkali, mengingat saya punya kebiasaan menghabiskan waktu bersama teman-teman.

Lepas jam kerja, bersama sahabat pabila sempat, sering ngopi bareng melepas penat. Kami berbagi kabar terbaru, membahas kemungkinan peluang baru. Meski tak jarang terlewat waktu menjelang larut saking asyik-nya. Saya biasa, meski tidak sering,  hang out bersama sahabat menyalurkan hobi bersama, misalnya nge-band, nobar, dan mabar di akhir pekan.

Apa hasilnya? Tanya Pak Jati. Apa ya? Kecuali ada prospek proyek yang bisa kita tindaklanjuti, ya sekadar haha-hihi. Jika pekerjaan sudah selesai, bukankah lebih baik kita sempatkan waktu bersama keluarga, dengan anak dan istri? Tandas Pak Jati. Ini akan jadi perjalanan yang panjang. Saya biarkan Pak Jati ambil jalan lebih jauh tanpa perlu menyarankan. Entah kenapa, saya butuh lebih lama lagi bersama Beliau malam itu. 


Sesungguhnya nasihat adalah bentuk lain dari peringatan "Dengarkan saya, nak, jangan lakukan sesuatu yang sudah saya lakukan ini". Karena Beliau sudah di sini lebih lama, membuat saya perlu ambil catatan dari tiap wejangan sepanjang perjalanan. Karena dengan banyak menyimak akan mendapatkan lebih luas lagi wawasan. Karena sejak ayah berpulang belasan tahun lalu, saya kurang dapat masukan dari figur seorang bapak. Lanjutkan Pak Jati, tolong lanjutkan.


Pak Jati seakan berkata, begitu lelaki memperoleh predikat Kepala keluarga, menjadi suami, dan ayah, tiap langkah kakinya sudah terikat keharusan menghasilkan faedah. Atau setidaknya lebih mempertimbangkan, tidak membuang waktu percuma. Saya langsung teringat betapa sering menyita waktu di media sosial selesai jam kerja, bukannya langsung pulang menuju anak-anak dan istri di rumah.

Singkat kata, pemimpin bertanggungjawab untuk tiap gerak langkah sejak dari rumah menuju kantor atau tempat aktivitas kerja hingga kembali lagi. Ke mana kaki melangkah, di mana tangan menggenggam, semua untuk kepentingan keluarga. Hidup sehari penuh.

Me-Time Yang Us-Time

Jadi apakah tidak ada lagi peluang sang nahkoda ini sejenak ke kedai minum sebelum kembali lagi melaut? Masih adakah peluang me-time bagi seorang kepala keluarga menghadiahkan sesuatu untuk dirinya sendiri. Sebagai stimulan dan penyemangat. Oh, tentu ada. Selama minuman itu akan kembali menyegarkan untuk nanti melaut lagi. Selama me-time itu akan menghasilkan sesuatu yang lebih besar manfaatnya. Kata kuncinya adalah “untuk kepentingan keluarga”.

Bagaimana ya bisa sejenak memberi self-reward  bagi seorang kepala keluarga di sela kesibukan bekerja untuk keluarga? Saya terus mencari. Meski tidak sampai ratusan purnama, akhirnya saya temukan jalannya, agar bisa me-time tanpa disebut egois dan mementingkan diri sendiri. Bahkan sejatinya inilah persembahan seorang ayah untuk anak-anaknya, seorang suami kepada istrinya Ternyata ada, yakni lewat LAZADA. Kok bisa? Begini caranya.

Selain sebagai pekerja kantoran, saya juga menjadi pekerja lepas (freelancer) yang sebagian besar berkutat di ranah maya. Dalam prosesnya, freelancer membutuhkan alat-alat pendukung yang canggih, di antaranya smartphone berteknologi terbaru, laptop berfitur terkini,  dan mirrorless camera yang canggih. Jadi saya putuskan untuk bersiap mengikuti keseruan Lazada 11.11. untuk mendapati setidaknya satu dari ketiga barang impian tersebut.  

Sebagai destinasi belanja dan berjualan daring nomor satu di Asia Tenggara, Lazada mendukung perayaan 11.11. Kode apakah itu? Tanggal 11 bulan 11 dikenal sebagai hari perayaan kaum lajang alias Singles’ Day di Cina. Namun, seiring perkembangan zaman, 11.11 berevolusi menjadi hari penting untuk memanjakan diri sendiri. Salah satunya dengan berbelanja. Kini, 11.11 sudah menjadi Hari Belanja terbesar di dunia, baik offline maupun online.  

Tahun ini, Lazada mengadakan Lazada 11.11, festival belanja dengan Diskon Terbesar 24 Jam pada 11.11. Berbagai penawaran dan diskon besar-besaran Lazada berikan hanya untuk pelanggan agar bisa memanjakan diri dan memberikan pengalaman belanja yang paling memorabel di 11.11.

Jadi sama saja dong, membeli barang untuk diri sendiri. Di mana sisi mendahulukan kepentingan keluarganya? Apakah seketika saya mengabaikan nasihat Pak Jati?

Sekilas memang sepertinya demikian. Padahal jika ditelusur lebih dalam, inilah me-time yang juga us-time. Maksudnya? Baiklah, saya ingin membeli ponsel untuk mendukung kinerja sebagai freelancer. Saya mau membeli kamera untuk menciptakan konten terbaik. Saya berencana untuk membeli laptop agar bisa mengolah konten ciamik. 

Semua daftar belanja yang saya rencanakan ini semata untuk penopang kelancaran tugas saya sebagai pekerja lepas yang bermuara pada penghasilan untuk... keluarga.   

Maka semua wishlist yang saya siapkan ini akan menjadi aset bukan liabilitas. Ketiga jenis perangkat ini akan dikonversi menjadi pundi-pundi rupiah, bukan sekadar gawai pemoles gaya hidup. Ada sesuatu yang akan dihasilkan nanti. Hasil yang akan dirasakan seluruh anggota keluarga tanpa kecuali. 

Festival Lazada 11.11 memungkinkan shopping tak hanya identik memanjakan diri sendiri, bukan pula egois. Ada hal lebih besar yang dituju di balik aktivitas berbelanja sarat tawaran promo menarik ini. Bagi pria yang bergaya fesyen sederhana, bisa mulai dengan membidik  jam tangan, kemeja, t-shirt, dan celana panjang serta sepatu. Karena kesan pertama akan memperbesar peluang. Penampilan menawan akan menarik klien bekerjasama. Maka momen khusus bersemi diskon di sana sini selama 24 jam ini layak dimanfaatkan maksimal. Siapkan diri kita menyongsong 11.11. Bahkan sebelum 11 November pun Lazada sudah memberikan promo ciamik seperti flash sale dan diskon-diskon menarik.  

Ada 11 Tips Belanja Agar Belanja di Lazada Makin Untung 

Slash It
Dengan SLASH IT, kita bisa memotong harga produk yang diinginkan jadi jauh lebih murah. Caranya? Cukup dengan mengajak teman lewat media sosial untuk SLASH produk yang diinginkan dan harganya akan terpotong lagi. Jika jumlah SLASH yang diminta telah terpenuhi, kita  bisa langsung beli produknya dengan harga yang telah dipotong.

Shake it
Kita punya kesempatan memenangkan banyak voucher tiap hari. Cukup dengan menggoyangkan ponsel di waktu-waktu tertentu. Catat baik-baik jadwalnya, ya. Tidak ada batasan jumlah voucher yang bisa dimenangkan dalam sehari. Jadi kita berkesempatan memenangkan voucher sebanyak mungkin.  



Wonderland

Mari kunjungi kota Wonderland yang berisi Games Berhadiah Voucher Brand Favorit yang tergabung dalam LAZMALL. Kita berkesempatan memenangkan voucher dari tiap brand dengan menguak isi peti harta karun di jam-jam tertentu. Tanggal main Wonderland pada 1-7 November di pukul 11.00 & 17.00 WIB, dan pada 8-10 November di pukul 11.00, 17.00 & 21.00 WIB.

Vouchers
Yuk kita koleksi voucher 11.11 dan gunakan semuanya di hari H. Kumpulkan voucher di mana saja. Bisa klik ikon voucher di halaman utama, dan ambil voucher dari halaman 11.11. Juga bisa dengan bermain Shake It! dan langsung dapat voucher, atau main wonderland dan jelajahi voucher dari toko favorit. Bisa juga dengan mengunjungi toko favorit dan periksa feed kita.

Hot Deals
Selalu ingat untuk mengecek penawaran-penawaran menarik di Hot Deals, jangan sampai kehabisan dan segera masukkan ke troli.   


Brand Mega Offer
Siapkan dirimu untuk flash sale digelar dan selalu sigap merebut produk-produk dari LazMal yang super hemat dan hanya ditawarkan dalam 2 jam.  

Eksklusif
Cek juga daftar barang yang paling laris dan eksklusif dengan harga istimewa hanya di Lazada.

Gratis Ongkir
selalu cermat pilah barang idaman yang lagi promo free shipping biar kita belanja makin hemat. 

Crazy Flash Sale
Gelaran penawaran singkat dengan harga paling gokil bin murmer.

Wajib Dibeli
Lazada pilihan kita produk-produk yang laris dengan harga paling tipis.  

11.11 Promo Partner 
Partner Pilihan Lazada selalu memberi promo spesial. Pastikan kita cek daftar  partner Lazada: Mastercard, Bank BRI, citibank, UOB, Mandiri, BNI, Joox, digibank by DBS, CIMB Niaga, Bank BTN, Kredivo, Bank Bukopin, Maybank, Permata Bank, Airy Rooms, Traveloka, Gojek, Zen Rooms, dan Grab.

Terima kasih inspirasinya Pak Jati, saya jadi punya ide, dengan  memanfaatkan momen Lazada 11.11. Saya berbelanja untuk diri sendiri agar bisa dipersembahkan hasilnya untuk keluarga. Ayo rekan sejawat, tuan dan puan, nantikan tanggal mainnya. Jangan sampai terlewat. Berangkaat.

Mengenang Pak Jati (Juli 1971- Maret 2017)        


Popular posts from this blog

Kembalinya Satu Paket Kocak di Film Preman Pensiun

Rice Cooker Hilangkan Puluhan Kosa Kata Sunda