Skip to main content

Featured Post

Ordering Food is Like Choosing Netflix Show

Every company has this same question they asked themselves everyday: How can we provide the most unique offering to our costumers? How can we win our cuctomers’ mind and heart? The type of question Grab also have. The Singaporean transportation network company has been expanding in Indonesia eversince it’s appearance in 2014. 

Anjungan DKI Jakarta di Jakarta Fair

experience tunnel mass rapid transport

Selain pameran perdagangan beragam produk serta festival atraksi dan hiburan, Jakarta Fair Kemayoran juga menyajikan perkembangan terkini program Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta lewat berbagai booth dan stan yang berada di Anjungan Pemprov DKI Jakarta.

Jak Lingko

Anjungan yang terletak di Hall C1 ini tampil lebih inovatif. Khususnya saat kita kunjungi stan Transjakarta Jak Lingko, MRT Jakarta, dan LRT Jakarta. Misalnya, pengunjung akan menemukan Experience Tunnel di mana kita bisa merasakan digital experience.

Terowongan berbasis digital ini menampilkan informasi perihal transportasi dari masa ke masa sentuh gambar moda transportasinya, warnanya akan berubah. Pojok ini tepat sekali dimanfaatkan untuk mengenalkan aneka transportasi kepada anak. Bermain sambil belajar. 

Apa kabar OK OTrip? Ok Otrip adalah program yang sukses dan sudah diasakan oleh 1.832.224 (jumlah pelanggan tertinggi di September 2018) pelanggan. Selanjutnya, Pemerintah Porvisni DKI Jakarta kini menyiapkan  program Jak Lingko, suatu layanan utama yang mengintegrasikan semua layanan transportasi di Jakarta      

Jak Lingko merupakan sistem integrasi transportasi di Jakarta dan kelanjutan dari progra, OK Otrip. Nama Jak Lingko dipilih karen amencerminkan makna jejaring atau integrasi, sama seperti sistem transportasi yang kana dibangub di Jakarta.

Kini Jak Lingko telah beroperasi melayani masyarakat Jakarta dengan rute-rute, sebagai berikut:

1.    Tanjung Priuk – Plumpang (JAK.01)
2.    Tawakal – Tanah Abang (JAK.07)
3.    Roxy – Bendhil (JAK.08)
4.    Roxy Mas – Karet (JAK.09)
5.    Tanah Abang – Kota (JAK.10)
6.    Tanah Abang – Kebayoran Lama (JAK. 11)
7.    Tanah Abang – Kampung Baru (JAK.12)
8.    Tanah Abang – Jembaran Lima (JAK.13)
9.    Tanah Abang – Meruya (JAK.14)    



Bus Listrik

Bagi pengguna setia Transjakarta, pasti bertanya-tanya; kapan Bus listrik Transjakarta resmi beroperasi? Menurut informasi dari stan Transjakarta di Jakarta Fair Kemayoran, bus listrik diharapkan sudah bisa beroperasi di Jakarta pada akhir tahun.

Persiapan sejauh ini, pihak Transjakarta sedang melengkapi segala dokumen dan legalisasi agar terwujud target waktu operasional. Pemprov DKI Jakarta telah melakukan pra uji coba bus listrik untuk armada Transjakarta. Bus yang digunakan selama pra uji coba berasal dari pabrikan Cina, Build Your Dream (BYD) dan PT Mobil Anak Bangsa (MAB). Bus listrik merek BYD sudah mendapat Surat Uji Tipe (SUT) pada tiga bulan lalu atau Maret 2019.

Bus listrik memang dikenal ramah lingkungan. Dengan emisi nol, menghilangkan perangkap partikulat (debu, asap, dsb) dan baterai 100% dapat didaurulang. Tiap KM operasi transportasi publik menghasilkan gas CO lebih sedikit di kota Jakarta dan peluang pada carbon trading untuk memenuhi prpgram pendapatan non fare box.      

Biaya operasional bus listrik lebih hemat.  Biaya hanya $ 0,13/ km dengan asusmse $ 0,19/ kwh dan konsumsi 0,76 kwh/ km, sehingga menghilangkan biaya layanan biasa yang terkait dengan desel, CNG, dan alternatfi hibrida.

Bus listrik membutuhkan biaya perawatan yang lebih rendah. Tidak perlu banyak alat dan mekanik, khususnya di engine dan power train. Area gudang juga tidak dibutuhkan yang berukuran luas, karena jumlah suku cadang (sparepart) lebih sedikit.

Pengisian daya lebih efisein karena bisa dilakukan di depo tanpa perlu mengantri di SPBU. Hal ini menimbulkan efisiensi pramudi dan meminimalisir kepadatan lalu lintas. Proses pengisian daya tidka perlu ditunggu, dan bisa dilakukan pramudi yang bersertifikat.   

Selain hemat  energi, bus listrik juga memiliki keungguln dari sisi performa di lapangan. Bus listrik punya performa maksimal, karena dilengkapi baterai yang mampu berkendara lebih dari 200km per-charge. Baterai tahan lama, karena berdaya di atas 4000 cycles. Jadi tidak perlu mengganti baterai dalam peggunaan normal.

Bus listrik tidak memiliki kebisingan suara, panas, dan asap, sehingga bisa membuat jalur dan bus sampai ke mal, perkantoran, dan sekolah (close to customer).  

Bus listriik juga dinilai aman karena mempunyai intelligent Battery Management System (iBMS) yang membantu menyeimbangkan da keamanan pengisian daya, membantu menghasilkan baterai teraman di jalan.  

Wah, sudah tidak sabar mengalami sendiri performa bus listrik Transjakarta. Sebagian masyarakat mungkin sudah menjajal naik bus listrik, karena Transjakarta kerap menggelar uji coba, misalnya di Taman Mini Indonesia Indah, dan yang baru-baru ini digelark yakni saat hari libur lebaran (5 -7 Juni 2019).

Jika sudah tiba saatnya nanti beroperasi penuh, eksistensi bus listrik akan mempercepat pencapaian konsep Jakarta Smart Green City, Citra Jakarta sebagai green city makin menguat. Kehadiran bus listrik akan meningkatkan citra masyarakat terhadap kota Jakarta yang peduli lingkungan.  Jakarta akan menajdi kota pelopor yang memiliki moda trasnportasi berteknologi asa depan  yang lebih baik untuk kehidupan.    

Jadi kalau besok ke Pekan Raya Jakarta, jangan lupa mampir ke Anjungan Pemprov DKI Jakarta, ya. Panggung hiburan di anjungan juga menyuguhkan hiburan musik, gelar budaya, dan hadiah games menarik bagi penonton berupa powerbank dan merchandise khusus Pemprov DKI Jakarta.

Dapatkan promo menarik dan diskon gede mulai dari pembelian karcis masuk hingga cashback di berbagai merchant bagi pengguna aplikasi dimpet digital DANA. Jakarta Fair Kemayoran masih buka hingga 30 Juni 2019. Jadwal buka: Senin- Kamis: 15.30 – 22.00 WIB, Jumat: 15.30 – 23.00 WIB, dan Sabtu-Minggu: 10.00 -23.00 WIB.

Comments