Generasi Cemerlang Dari Kampung Berseri Astra Cengkareng Timur

 

posyandu Kampung Berseri Astra Cengkareng Timur
(dok. KBA Cengkareng Timur)


“It takes a village to raise a child”, begitu bunyi peribahasa Afrika yang dipopulerkan Hillary Clinton menjadi judul buku larisnya. Membesarkan seorang anak merupakan ikhtiar kolektif, bukan hanya peran orang tua, tapi juga seluruh masyarakat di suatu lingkungan. Langkah awal membentuk suatu generasi tangguh.    

 

Apresiasi Posyandu Nasional Astra

Kelompok masyarakat bahu-membahu menciptakan suasana kondusif bagi tumbuh kembang anak dalam lingkungan yang aman dan sehat. Dari kita untuk kita. Peran emak-emak menjadi sangat signifikan, contoh, ketika menggerakkan program pengembangan masyarakat berbasis komunitas. 

Menurut pengelola program Kampung Berseri Astra (KBA) Cengkareng Timur Abdullah, inisiatif ibu-ibu menjadi berarti dalam penguatan pilar-pilar KBA yakni Kesehatan, Kewirausahaan, Lingkungan, dan Pendidikan.  

“Yang bergerak kebanyakan ibu-ibu, karena mereka terikat di kader PKK; dasawisma, jumantik” sebutnya. 



Bang Abdullah menerima kunjungan kami, di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Cengkareng Timur Berseri. Astra International mendukung RPTRA yang berdiri pada 18 Februari 2016. Kemudian, Auto2000 merintis KBA Cengkareng Timur pada 2017. Bang Abdullah didampingi Ibu RW 011 Cengkareng Timur, Jakarta Barat Nurjanah, dan Bendahara KBA Cengkareng Timur Suparmi. Diiringi hujan yang mereda, kami menyimak kisah para relawan ini mewakafkan diri demi kemaslahatan kampungnya.    

Resiliensi masyarakat teruji ketika pandemi menerjang. Tak pelak, imbasnya juga menerpa KBA Cengkareng Timur yang biasa berkegiatan semarak. Ibu Suparmi Koordinator Pilar Kesehatan menuturkan, meski pandemi, KBA Cengkareng Timur istikamah melanjutkan program rutin. Kegiatan pelayanan kesehatan, khususnya untuk anak, harus terus berjalan, dengan menerapkan protokol kesehatan. 

‘Gagap digital’ tidak dikenal dalam kamus perempuan Kelurahan Cengkareng Timur. Emak-emak militan ini semangat mengikuti pelatihan penggunaan aplikasi posyandu: iPosyandu. Program posyandu mobile makin intens digulirkan untuk beradaptasi dengan kebutuhan terkini. Maka, atas dinamikanya, pantas bila Posyandu Sedap Malam 2 Auto2000 Jakarta Barat meraih Apresiasi Posyandu Nasional Astra di Festival Kesehatan Astra 2021.   

Pandemi juga menguatkan kolaborasi. Bekerja sama dengan Polres Metro Jakarta Barat, dan Tim Gugus Tugas COVID-19 RW 011, KBA Cengkareng Timur menyediakan tempat isolasi mandiri bagi warga. Menggandeng program Kampung Tangguh Jaya, KBA Cengkareng Timur memberi nilai tambah dalam pilar Kesehatan. 



Juara Proklim  2021 

Saat artikel ini ditulis, Bang Abdullah mengirim update kegiatan via WhatsApp. Beliau mengabarkan kegiatan pilar kewirausahaan. Kader KBA Cengkareng Timur mengikuti pelatihan mengolah lidah buaya menjadi makanan dan minuman. Menampilkan narasumber dari Yayasan Semut Merah Pak Budi, pelatihan ini diharapkan mendorong peluang usaha. Sebelumya, KBA Cengkareng Timur sudah lebih dulu membuka Bank Sampah yang melibatkan partisipasi warga dan  menghasilkan cuan.  

Kampung Berseri Astra Cengkareng Timur juga unggul di pilar lingkungan. Terdapat dua kebun yang ditanam berbagai jenis sayuran yang dikelola tiap hari. Kami sempat  meninjau kebun yang asri itu. Belum lama ini digelar pelatihan komposting dirangkai panen sayur mayur. Dilakukan juga pencacahan daun yang mempercepat komposting memanfaatkan sampah organik mendukung gerakan pengurangan dan pemilahan sampah. Acara itu merupakan kerjasama antara Kelurahan Cengkareng Timur dengan Sudin Lingkungan Hidup Kecamatan Cengkareng.

Atas prestasinya, Kementerian Lingkungan Hidup melalui Suku Dinas Lingkungan Hidup Kota Administrasi Jakarta Barat mengganjar RW 011 Kelurahan Cengkareng Timur dengan penghargaan kategori Program Kampung Iklim (Proklim) Kategori Utama 2021. KBA Cengkareng Timur juga memenangkan lomba pemanenan dan pengolahan microgreen wheatgrass.  

 

 

Long March 

Di pilar pendidikan, SDN 21 Cengkareng Timur meraih penghargaan Sekolah Adiwiyata tingkat provinsi. Penghargaan diberikan kepada sekolah berwawasan lingkungan. Untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Astra memberi bantuan berupa pendampingan manajemen sekolah, perlengkapan penghijauan sekolah, kantin sehat, bank sampah, hingga rak buku perpustakaan. Astra juga memberikan  bantuan alat peraga dan pembekalan dari pakar untuk pengelolaan PAUD. 

Menjalankan segudang aktivitas, KBA Cengkareng Timur membuat penulis jadi penasaran. Apa kiat mereka selalu optimistis mengatasi tantangan? Bang Abdullah dan Ibu Suparmi mengakui, meningkatkan kesadaran dan menggerakkan masyarakat, terutama anak muda, menjadi tantangan paling besar. Untuk itu, mereka senantiasa menjalin koordinasi harmonis bersama para pemimpin di berbagai jenjang mulai Ketua RT dan Ketua  RW, hingga Kelurahan. 

Sepanjang obrolan, penulis merasakan nuansa yang tersirat. Betapa dedikasi mereka sejak awal bukan semata untuk kepentingan hari ini. Ikhtiar Kampung Berseri Astra merupakan long march; upaya yang berkelanjutan. Sejatinya, mereka merawat ekosistem untuk generasi mendatang. Generasi yang terus bertumbuh ditopang empat pilar yang akan mewarisi legasi ini. Generasi cemerlang dari Kampung Berseri Astra Cengkareng Timur. 


Komentar