Skip to main content

Tips Hias Blog dengan Canva


layouts with canva
Ilustrasi dari www.damavara.com. Gambar diolah dengan canva.

Namanya Dama Vara. Dara yang pernah dikirim Mozilla Indonesia ke Amerika Serikat. Dama membagi tips mudah menghias blog. Tak harus jago desain, semua bisa olah grafis dengan Canva. Simak langkahnya dalam Blogger Gathering Part 2 CNI dan Indonesian Social Blogpreneur (ISB) “Easy Steps to the Perfect Website Layout”, Pizza Hut, Jakarta (27/5/18). 

Dekoratif & Non Dekoratif

Desain merupakan elemen penting dalam blog atau situs. Ia membawa manfaat bagi pembaca yang mendarat di postingan kita. Desain yang bagus memudahkan pemahaman isi tulisan. Sebelum membaca, readers bisa mendapat gambaran awal. 

Visual memangkas durasi proses memahami informasi. Apalagi jika dipadu bobot tulisan yang cukup. Menyanggupi toleransi baca warganet yang makin pendek. Kita tengok ke pojok medsos. Gambar muncul bersama tautan yang kita bagikan ke Facebook dan Twitter. Ilustrasi yang menarik pun jadi pemicu calon pembaca mengklik tautan kita. 

Formula yang sederhana namun kerap terabaikan, termasuk oleh penulis. Jadi, sudah selayaknya kini kita perhatikan penampilan posting yang eye catching. Yoosh! Mari kita mulai.
                                                 
foto. ISB & dok.pribadi

Dama sebutkan, ia masih melihat rekan blogger yang menerapkan font dekoratif di hampir sebagian besar isi konten. Ia menyarankan, utamakan font non dekoratif untuk judul dan isi tulisan. 

Gunakan font dekoratif sebagai poster yang disisipkan di tengah postingan. Nah, ada cara seru terapkan font dekoratif. Apa tuh?

Agar tata letak di blog jadi ciamik, Dama rekomendasikan pakai Canva. Peranti desain dengan berbagai alat edit untuk poster, flyer, infografik, banner, card invitation, presentation, facebook cover, dan banyak lagi.


sebagian besar kita gunakan versi PC demi kenyamanan pengguna. Sebagian memilih versi mobile agar konten bisa segera naik di media sosial. Ya, sesuaikan saja menurut kemahiran. 

Untuk thumbnail dari video yang tersemat di atas, penulis pun menggunakan Canva. Tidak perlu lagi mengubah ukuran. Youtube langsung menerima custom thumbnail ukuran bawaan berkas. 

Tutorial singkat

1. Di menu utama, kita diberikan pilihan masuk (log in) melalui Facebook atau akun Google.

2. Disediakan berbagai pilihan desain: Social Media Posts, Documents, Blogging & eBooks, Marketing Materials, Social Media & Email Headers, Events, dan Ads.  

Tiap pilihan desain tersedia dengan standar ukuran kertas kerja masing-masing. Jadi kita tidak perlu menentukan ukuran secara manual. 

Lusinan referensi berdesain profesional diberikan gratis sebagian. Kita tinggal edit sesuai selera. Jangan cemas jika lupa men-save berkas. Canva selalu otomatis menyimpan tiap perubahan di menu all your designs. 

3. Di sisi kiri tersedia fitur Layouts, Elements (free photos, grids, frames, shapes, lines, illustrations, icons, charts, I love Canva), Texts, Backgrounds, dan Uploads

Bagi yang gemar utak-atik foto di ponsel, mungkin sudah akrab dengan sub menu tersebut. Cari foto yang diinginkan di kolom search. Ketik kata kunci. Dama sarankan, selain dari koleksi Canva, kita dapat mencari stok foto di Pexels.  

Sederhana justru paripurna. Keep it simple. Merujuk dasar tipografi, jangan obral banyak font. Cukup olah dua macam font dalam satu desain. Bisa bentuk bold, italic, serta atur posisi dan ukuran.

Sebagian bilang, maksimal gunakan tiga jenis font. Yang jelas ada unsur huruf serif (dengan kait) dan sans serif (tanpa kait).    

4. Selanjutnya biarkan imajinasimu mengembang. Enjoy art like little kids doTry everything

Begitu mendapati sampel "Breakfast Table Setting Photo Tumblr Graphic", penulis teringat gaya sampul novel-novel cetakan Penguin Classics. 

Karya dihasilkan menggunakan filter Epic, edit font Lustria, ganti warna latar, serta mengatur spasi dan skala. Berkas terunduh dengan nama otomatis "Fictional literature is made from the imagination".  

fiction literature
foto. Ani Berta

Oleh-oleh 

Marketing Support CNI Gusti Alendra mengingatkan tentang profesi-profesi yang akan tergantikan akibat pesatnya geliat digital. 

Maka, ia mengajak rekan blogger agar jeli melihat peluang. Salahsatunya dengan bergabung dalam Program Afiliasi CNI.  Anggota CNI memiliki situs sendiri tentang produk-produk CNI.

Affiliate program memungkinkan blogger memperoleh penghasilan jutaan rupiah. Caranya dengan  memviralkan konten soft selling.   

Komisi diperoleh dari klik pembaca yang berbelanja via tautan khusus di blog yang menuju situs belanja CNI

Pendiri ISB Ani Berta berharap ilmu yang dibawa pulang tiap blogger gathering menjadi oleh-oleh. Buah tangan yang dikembangkan jadi kualifikasi bernilai tambah. 

Di luar hujan riuh rendah. Dingin menggigit belikat. Namun kami berhasil sampai. Kembali jalin silaturahim di bulan penuh ampunan. Di dalam tekad membara untuk jadi lebih baik. Belajar dan terus belajar. Terima kasih CNI dan ISB, kami terisi sekali lagi. 

Comments

  1. Saya udah pernah buka Canva, dan hasilnya emang bagus2.
    Biasanya kalau saya lagi males desain tapi kudu memenuhi deadline postingan, ya jalan satu2nya menggunakan canva.
    Goodlah pokoknya 👍

    ReplyDelete
  2. Saya juga suka pakai canva untuk desain paling mudah bagi saya yang pemula

    ReplyDelete
  3. Dulu pakai canva kalau pas lagi buka komputer saja. Sekarang setiap hari karena sudah punya aplikasinya di ponsel. Makin memudahkan saja... Blog makin manisss...

    ReplyDelete
  4. Aku juga suka banget pake canva kak... Template nya banyak banget tinggal sesuaikan aja Ama kebutuhan kita sendiri...

    ReplyDelete
  5. Kebanyakan desain simpel untuk medsos biasanya pake canva sih. praktis dan simpel. cuman mesti pake laptop dan online

    ReplyDelete
  6. saya pun menggunakan canva. simple banget yah. Apalagi sekarang sudah ada via smartphone nya jadi makin memudahkan membuat layout atau info graphis untuk blog

    ReplyDelete
  7. Terima kasih banget penjelasan soal canva. Kebetulan memang lagi ingin me-lay out website supaya lebih enak dilihat dan bikin betah orang lama=lama membaca.

    ReplyDelete
  8. wah aku baru denger canva ini, kayaknya harus bgt coba biar blog aku makin eye catching :D

    ReplyDelete
  9. Wah Canva, aku juga sesekali pakai, tapi gak ahli2 nih mas hehe. Tahu gtu kapan hari ikutan yaaaa. Makasih ya sharingnya :D

    ReplyDelete
  10. Mba Anin berta ya pendiri ISB.

    Btw sekarang emang jualan online itu lebih besar peluangnya ya

    ReplyDelete
  11. Canva memang memudahkan banget ya kak, apalagi buat aku yang buta banget soal desain. Jelas sangat membantu. Dari workshop ini aku malah baru tahu Canva ada aplikasi smartphone-nya lho. Selama ini pakainya selalu dari PC aja.

    ReplyDelete
  12. saya langsung nyobain dan hasilnya bagus sekali mas. makin mudah melayout ya, saya tadi coba bikin cover buku, hasilnyaa mateppp

    ReplyDelete

Post a Comment